06 March 2019

Hasil Pengukuran Tes Hematologi Lengkap

Hasil Pengukuran Tes Hematologi Lengkap

Halodoc, Jakarta – Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, seperti mengonsumsi makanan sehat, melakukan gaya hidup yang baik, dan rajin berolahraga. Tidak hanya itu, pemeriksaan terhadap kesehatan cukup berguna untuk mengontrol kesehatan dan mengetahui penyakit yang mungkin mengganggu.

Banyak tes yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah melakukan tes hematologi. Pemeriksaan hematologi adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui keadaan darah dan komponennya.

Baca juga: Begini Tahapan Tes Hematologi yang Perlu Diketahui

Hasil Pengukuran Tes Hematologi Lengkap

Seseorang akan disarankan untuk melakukan tes hematologi lengkap untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Adapun tes hematologi ini meliputi:

  • Pemeriksaan Sel Darah Putih

Jumlah sel darah putih dalam tubuh diperiksa oleh seorang dokter hematolog. Sel darah putih memiliki fungsi yang cukup baik untuk kesehatan misalnya digunakan untuk memerangi infeksi. Hal ini bisa berjalan ketika jumlah sel darah putih masih di dalam batas normal.

  • Pemeriksaan Sel Darah Merah

Salah satu fungsi sel darah merah untuk mengalirkan oksigen menuju seluruh tubuh. Hal ini tentu sangat vital bagi kesehatan. Adanya gangguan pada sel darah merah mengganggu kesehatan dan kemungkinan munculnya penyakit lain.

Komponen sel darah merah juga diperiksa dengan teliti oleh hematolog. Pemeriksaan sel darah merah meliputi hemoglobin, hematokrit, mean corpuscular volume, mean corpuscular hemoglobin, mean corpuscular hemoglobin concentration, red cell distribution width.

  • Platelet

Platelet dikenal juga trombosit. Ketika kamu melakukan tes hematologi secara lengkap, jumlah, ukuran dan keseragaman platelet nyatanya akan terlihat. Dengan keseluruhan trombosit atau platelet yang normal maka platelet berfungsi baik untuk kesehatan yang berperan dalam proses pembekuan darah.

Baca juga: Darah Jadi Sampel Utama untuk Tes Hematologi, Benarkah?

Manfaat Tes Hematologi Lengkap

Tidak ada salahnya jika kamu melakukan pemeriksaan hematologi lengkap secara rutin. Hal ini membuat segala penyakit bisa terdeteksi lebih dini misalnya penyakit anemia, leukemia maupun infeksi. Ini manfaat yang bisa dirasakan ketika melakukan tes hematologi secara lengkap

  • Evaluasi Tubuh

Tes ini mengevaluasi tubuh secara keseluruhan. Gejala-gejala penyakit yang berhubungan dengan darah maupun organ tubuh lainnya dapat terdeteksi sejak dini. Hal ini lebih memudahkan para medis untuk menangani kondisi tersebut sejak dini.

  • Memantau Perkembangan Penyakit

Tes hematologi lengkap bisa digunakan untuk memantau perkembangan penyakit yang diidap. Perkembangan penyakit yang sedang ditangani perlu diketahui secara berkala. Untuk penyakit yang berhubungan dengan sel darah merah, tes hematologi perlu dilakukan secara berkala.

  • Mendiagnosis Penyakit

Kemungkinan kesehatan yang terus menurun disebabkan oleh gangguan kesehatan. Gejala umum seperti demam, nyeri, sakit kepala bisa menjadi gejala penyakit. Lakukan tes hematologi lengkap agar penyebab gejala umum bisa ditemukan. Terutama jika gejala umum masih terus dirasakan meskipun sudah dalam penanganan yang benar.

Tidak ada salahnya untuk melakukan tes hematologi secara rutin. Gangguan kesehatan yang diketahui lebih dini memudahkan kamu untuk mengamati perkembangan, proses penyembuhan dan juga perawatan. Selain itu, kamu juga bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Penyakit yang Didiagnosis Lewat Tes Hematologi