04 July 2018

Hindari Mata Tegang saat Nonton Piala Dunia

piala dunia, mata tegang, jarak mata ke televisi

 

Halodoc, Jakarta – Gelaran piala dunia 2018 semakin memanas. Para pecinta sepak bola seakan tak ingin melewatkan setiap pertandingan yang ditayangkan melalui layar kaca. Rasa lelah setelah bekerja dan beraktivitas seharian pun terkalahkan oleh rasa penasaran dan keinginan untuk mendukung tim kesayangan.

Sebenarnya sah-sah saja jika kamu ingin menonton siaran pertandingan piala dunia pada malam hari. Tapi, jangan lupa persiapan yang matang untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, misalnya mata tegang. Kondisi ini bisa terjadi akibat mata yang sudah lelah- terutama pada pekerja yang seharian berada di balik layar komputer- tetap “dipaksa” untuk menyaksikan pertandingan selama lebih dari 2x45 menit.

Baca juga: Begadang Nonton Piala Dunia, Siapkan 4 Hal Ini

Mata yang terasa menegang merupakan tanda kelelahan. Kelelahan yang terjadi menyebabkan otot di sekitar mata menjadi tegang dan memicu rasa nyeri. Nah, agar nonton bola kamu tidak terganggu, yuk cari tahu cara hindari mata tegang saat nonton piala dunia!

 

  • Hindari Gelap

 

Mematikan lampu saat menonton televisi mungkin sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang. Bahkan hal itu dianggap lebih nyaman untuk menikmati tayangan sambil berbaring di sofa. Padahal, kebiasaan yang satu itu ternyata bisa berdampak buruk pada kesehatan mata, lho!

Oleh karena itu, saat menonton televisi sebaiknya kamu tetap membiarkan cahaya dari lampu menyinari ruangan. Terutama saat menonton pertandingan piala dunia. Membiarkan lampu tetap menyala saat menonton televisi bisa membantu mencegah mata lelah.

Baca juga: Cara Sederhana Tingkatkan Kemampuan Mata

 

  • Atur Cahaya Layar

 

Untuk menghindari mata lelah, kamu juga harus memastikan bahwa cahaya dari layar televisi tidak terlalu silau untuk mata. Kamu bisa menemukan pilihan untuk mengatur kecerahan layar pada pilihan pengaturan yang umum ada di setiap model televisi.

Pastikan cahaya yang dipancarkan secukupnya saja, sehingga mata tidak terlalu berat bekerja. Selain itu, menghindari silau dari layar juga bisa dilakukan dengan memastikan posisi yang benar saat menonton televisi.

 

  • Jangan Lupa Berkedip

 

Berkedip adalah respon alami yang dilakukan kedua mata. Meski demikian, ada beberapa faktor yang bisa membuat indera penglihatan ini lupa untuk melakukannya. Misalnya, jalannya pertandingan yang semakin seru sehingga kamu enggan untuk melewatkannya meski hanya sedetik.

Jika itu yang terjadi, risiko mata tegang malah akan semakin meningkat. Maka dari itu, sering-seringlah untuk berkedip dan mengistirahatkan mata. Jangan terlalu terpaku dan menatap pada layar saja. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu istirahat pertandingan sebelum memasuki babak kedua. Bangkitlah dari sofa kemudian pergi ke ruangan lain yang tidak terlalu terpapar cahaya. Selain mata, hal itu juga akan membantu mengistirahatkan bagian tubuh lainnya.

Baca juga: 4 Gerakan Olahraga untuk Mata Sehat

 

  • Jarak Mata ke Televisi

 

Selain pencahayaan dan keterangan layar, kamu juga sebaiknya memperhatikan jarak yang benar saat menonton siaran pertandingan piala dunia. Jangan terlalu dekat pada layar. Usahakan untuk selalu berada setidaknya 3-5 meter dari televisi.

Ketinggian dan posisi televisi juga harus diperhatikan. Usahakan untuk tidak meletakkan televisi terlalu tinggi atau terlalu rendah. Televisi yang diletakkan terlalu tinggi bisa membuat kamu harus mendongak saat menonton, hal itu malah  bisa memicu masalah baru terutama pada sekitar leher.

 

  • Pijat Mata

 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan ketegangan mata adalah dengan memijatnya. Lakukanlah gerakan memijat yang lembut, atau gunakan kompres untuk membuat mata terasa lebih baik.

Jaga juga kesehatan mata dengan melakukan latihan kecil saat ada waktu. Lengkapi dengan konsumsi vitamin tambahan khusus untuk mata. Lebih mudah beli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam! Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.