19 June 2018

Ibu Hamil Baper? Atasi dengan Cara Ini

mengatasi ibu hamil yang sensitif

Halodoc, Jakarta – Ibu yang sedang hamil biasanya mempunyai perasaan yang sangat sensitif dan mudah naik turun. Misalnya saat ini ia merasa senang, tapi kemudian bisa tiba-tiba merasa sedih tanpa alasan. Kondisi ini sebenarnya wajar dan terjadi karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh ibu saat hamil. Meski demikian, suasana hati ibu yang mudah baper terkadang bisa berujung pada depresi. Nah, agar hal itu tidak terjadi, simak tips mengatasi ibu hamil yang sensitif selengkapnya di sini.

Memahami Perubahan Mood Saat Hamil

Ada dua tahap perubahan mood yang bisa dialami ibu hamil, yaitu tahap ringan dan masih dapat diatasi, namun hati-hati, ada kemungkinan juga ibu hamil dapat mencapai tahap depresi. Bila hal ini terjadi, segera cari cara untuk mengatasinya karena bisa menyebabkan baby blues atau post-partum depression.

Baca juga: Kenali & Atasi Baby Blues Syndrome Pada Ibu

Ibu hamil mungkin saja merasa sedih atau stres karena merasa tidak percaya diri jadi seorang ibu atau khawatir akan keselamatan janin sampai tidak bisa tidur. Perasaan ibu hamil juga bisa berubah-ubah secara ekstrem dan tanpa sebab, seperti sedih, kesal, dan gembira. Ini masih termasuk mood swing yang normal. Namun, ibu disarankan untuk segera mengatasi dan mengendalikan bad mood dengan memikirkan hal-hal yang positif.

Yang perlu ibu waspadai adalah ketika rasa baper sudah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan hubungan ibu dengan orang-orang di sekitar. Rasa baper juga dianggap berbahaya bila dampaknya ibu jadi tidak mau makan, malas berolahraga, makan dan minum sembarangan, bahkan sampai memiliki keinginan untuk menggugurkan janin. Kondisi ini harus segera diatasi karena akan sangat berbahaya untuk janin.

Mengatasi Ibu Hamil yang Sensitif

Perasaan ibu hamil dapat memengaruhi kondisi kesehatan janin. Itulah mengapa, di saat ibu hamil merasa baper, dukungan dan perhatian yang lebih, baik dari suami maupun dari orang-orang terdekat sangat dibutuhkan, agar ibu hamil dapat menjaga perasaannya tetap bahagia dan positif. Nah, daripada menyalahkan hormon kehamilan, berikut cara-cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi baper:

1. Menerima Kondisi

Sadarilah bahwa perubahan suasana hati ini adalah hal yang normal di masa kehamilan. Dengan menyadari kenyataan tersebut, ibu diharapkan dapat menerima suasana hati yang mudah baper dan dapat berusaha untuk mengatur emosi dengan lebih bijaksana dan efektif.

2. Lakukan Kegiatan yang Disukai

Bila ibu sedang merasa sedih, putus asa, atau marah, cobalah untuk mengalihkan perasaan negatif tersebut dengan melakukan kegiatan yang disukai seperti membaca buku, menonton film, shopping dan hobi yang ibu punya. Tujuan dari melakukan kegiatan ini adalah untuk memberikan time-out untuk diri sendiri.

3. Cari Suasana Baru

Bagi ibu hamil yang tidak bekerja, mungkin bisa merasa bosan bila hanya berada di rumah saja. Jadi sekali-sekali, keluarlah dari rumah untuk menghirup udara segar, atau buat janji hangout bersama teman-teman sebagai cara untuk mengubah suasana atau menghibur hati ibu yang sedang baper.

4. Berolahraga

Olahraga dikenal sebagai pengangkat mood yang jitu. Jadi, ibu hamil disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin. Salah satu jenis olahraga yang baik untuk ibu hamil adalah yoga prenatal. Yoga dapat membantu membuat pikiran ibu tetap rileks, dan juga menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Namun, agar kondisi kehamilan ibu tetap terjaga, ada baiknya ibu melakukan yoga dengan dibimbing seorang pelatih.

5. Istirahat yang Cukup

Ibu hamil juga perlu memenuhi kebutuhan istirahat dengan tidur selama 7-9 jam per hari. Dengan beristirahat yang cukup, tidak hanya tubuh menjadi lebih segar, suasana hati ibu pun bisa menjadi lebih stabil. Bagi ibu hamil yang masih bekerja juga disarankan untuk istirahat minimal 2 jam sekali selama jam kerja. Gunakan waktu istirahat tersebut untuk meregangkan otot-otot tubuh yang terasa kaku, memakan camilan sehat dan minum air putih.

Bila rasa baper ibu hamil sudah sampai mengganggu kegiatan sehari-hari, jangan ragu untuk membicarakannya pada dokter atau psikolog. Kini ibu hamil bisa menghubungi dokter untuk berdiskusi tentang masalah kesehatan yang dialami di aplikasi Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, ibu bisa ngobrol dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.