• Home
  • /
  • Ibu Hamil Makan Jeroan, Itu Ada Manfaatnya

Ibu Hamil Makan Jeroan, Itu Ada Manfaatnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ibu Hamil Makan Jeroan, Itu Ada Manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Ketika hamil, konsumsi makanan yang dilakoni oleh ibu tidak hanya berpengaruh pada kesehatan ibu saja tetapi juga janin dalam kandungan. Prof Felice Jacka dari Barwon Health University mengatakan perilaku konsumsi ibu semasa kehamilan akan mempengaruhi perkembangan anak kelak.

Ibu hamil yang mengonsumi makanan rendah gizi dan junk food akan melahirkan anak yang agresif, hiperaktif dan punya masalah dalam perilaku. Pastinya setelah tahu informasi ini, para ibu akan lebih hati-hati dengan asupan makanannya.

Nah, mendengar kata jeroan yang terbayang di benak adalah makanan berlemak yang tidak bagus untuk kesehatan. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar, coba deh ibu cari tahu lagi apa saja yang disebut sebagai jeroan. Ada ati, paru-paru, usus, lidah, jantung dan lain-lain.

Ternyata selain enak, ada juga manfaat makan jeroan untuk ibu hamil, terutama ati. Yuk, coba sama-sama kita kulik manfaat jeroan untuk ibu hamil ini, ya. (Baca juga Meski Gemas, Bolehkah Ibu Hamil Menggendong Balita?)

  1. Mengandung Folat

Satu ons hati ayam mengandung sekitar 70 persen folat. Folat sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya kelainan pada janin. Kemudian menjaga agar berat badan bayi ideal saat lahir nanti, mencegah kelahiran prematur dan keguguran. Selain itu, ati ayam juga mampu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Tentunya asal dimasak dengan benar dan dimakan tidak berlebihan, ya.

  1. Sumber Mineral Buat Tubuh

Manfaat makan jeroan untuk ibu hamil lainnya terutama bagian ati adalah sebagai sumber asupan mineral buat tubuh. Ada kandungan zat besi untuk pembentukan sel darah merah, zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun, mengatur suhu tubuh, membantu pembentukan enzim dan lain-lain.

  1. Mengandung Vitamin A

Yang tidak hanya menjaga kesehatan mata tetapi juga rambut, melembabkan kulit termasuk menghilangkan stretch mark, antioksidan alami, mencegah kanker, meningkatkan daya tahan tubuh dan menyehatkan indung telur.

  1. Mengurangi Stres

Ati ayam mengandung protein tinggi yang tidak hanya berguna bagi ibu hamil dan perkembangan janin bayi, tetapi juga mengurangi stres dan depresi. Kekurangan protein dapat membuat stres, mengonsumsi ati ayam dapat memenuhi asupan protein dan mengontrol mood supaya happy.

 

Ada baiknya mengonsumsi makanan, baik itu jeroan atau apapun itu hendaknya dimasak sampai benar-benar bersih dan matang. Ibu hamil tidak disarankan untuk makan makanan setengah masak.

Dr. Weston Price pakar nutrisi dan kesehatan telah lama meneliti pola makan tradisional dan manfaatnya untuk kesehatan. Ditemukan ternyata organ-organ dalam pada hewan, kalau untuk orang Indonesia disebut sebagai jeroan memiliki kandungan nutrisi yang tidak disangka-sangka. Ati adalah salah satu makanan bergizi dengan sumber Vitamin A, zat besi, kolin, tembaga, asam folat, Vitamin B, purin dan kolesterol alami.

Tetapi pastikan kalau hewan tersebut diternakkan secara alami, bukan diberi makanan buatan ataupun “dipaksa” besar yang sudah pasti berpengaruh pada nutrisi dalam tubuh hewan tersebut.

Setelah mengetahui manfaat makan jeroan untuk ibu hamil, penting juga untuk diketahui jenis makanan lain yang perlu dikonsumsi seperti ikan salmon, telur, brokoli, air putih, kacang-kacangan, ubi, susu, buah-buahan terutama alpukat.

Punya pertanyaan seputar kehamilan, nutrisi ibu hamil dan hal-hal lainnya? Ibu bisa kontak Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat. Yuk, unduh sekarang ya!