26 June 2018

Ibu Hamil Muntah Darah? Ini Penyebabnya

penyebab ibu hamil muntah darah

Halodoc, Jakarta –  Banyaknya perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil kerap menimbulkan berbagai masalah bagi dirinya. Contoh yang paling umum misalnya seperti morning sickness atau mual dan muntah yang berkepanjangan. Namun, dalam beberapa kasus, ada kalanya muntah itu terkadang bisa bercampur dengan darah, lho. Kok bisa?

Kata ahli, ibu hamil akan mengalami peningkatan asam lambung yang bisa membuat ibu tak mau makan dan muntah-muntah. Nah, yang keluar pada saat muntah itu adalah cairan berwarna kuning (asam lambung) yang dapat mengiritasi saluran pencernaan, sehingga menyebabkan muntah bercampur dengan darah.

Dalam dunia medis, muntah darah sendiri dikenal dengan sebutan hematemesis. Ibu harus waspada, sebab kondisi ini bisa menjadi pertanda bahaya. Oleh sebab itu, segeralah berdiskusi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Lalu, apa saja sih penyebab muntah darah bagi ibu hamil?

Baca juga: Ibu Hamil Jangan Menangis, Ini Dampaknya Untuk Janin

1.Peradangan Dinding Lambung

Penyebab ibu hamil muntah darah bisa saja dikarenakan ibu mengalami gangguan kesehatan seperti peradangan di bagian dinding lambung yang cukup parah. Peradangan ini biasanya terjadi ketika peradangan merusak pembuluh darah lambung. Kata ahli, kondisinya bisa ditandai dengan rasa sakit atau perih pada lambung.

Selain itu, bila ibu mengalami gejala heartburn, cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter ahli. Bila ibu tak bisa menurunkan asam lambung secara alami saat hamil, mintalah saran dari ahli. Bukannya langsung mengonsumsi obat yang bisa menurunkan asam lambung. Sebab ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi obat-obatan, terkecuali diawasi sesuai petunjuk dokter.

2. Terjadinya Varises di Kerongkongan

Selain peradangan di dinding lambung, varises di kerongkongan juga bisa menjadi penyebab muntah darah pada ibu hamil. Kondisi ini bisa saja ditandai dengan pembesaran pembuluh darah pada dinding di bagian bawah kerongkongan yang kebanyakan diakibatkan oleh sirosis (kondisi terbentuknya jaringan parut di hati akibat kerusakan hati jangka panjang). Kata ahli, umumnya kondisi ini sering terjadi bagi mereka yang menyukai minuman keras.

3. Mimisan

Lho, apa hubungannya mimisan dengan muntah darah? Nah, sebenarnya darah yang tertelan dari saluran pernapasan saat mengalami mimisan ternyata juga bisa menyebabkan kondisi ini. Enggak cuma muntah darah saja, darah yang tertelan ini juga bisa menyebabkan adanya darah pada feses, sehingga feses berwarna lebih gelap.

Baca juga: 3 Jenis Gangguan Plasenta dan Cara Mengatasinya

Mimisan sendiri memang bisa terjadi pada setiap orang, termasuk ibu hamil. Banyak pemicunya yang menyebabkan kondisi ini, seperti ibu hamil yang lemah dan kurang sehat. Selain itu, tekanan darah tinggi, infeksi sinus, dan perubahan suhu udara juga bisa menyebabkan ibu hamil mengalami mimisan.

4. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Penyebab lain dari ibu hamil muntah darah bisa dikarenakan oleh GERD, atau naiknya asam lambung ke kerongkongan. Kata ahli, kondisi medis ini bisa saja menyebabkan peradangan pada kerongkongan sehingga terjadinya perdarahan. Naiknya asam lambung ini terkadang juga akan diikuti oleh rasa sensasi terbakar di dada. Bahkan, dalam beberapa kasus rasa nyeri ini juga bisa terasa sampai ke ulu hati, lho.

Ibu hamil yang mengidap mag sebaiknya perlu lebih waspada, sebab GERD bisa diawali oleh adanya penyakit mag yang kadang-kadang gejalanya tak diperhatikan oleh ibu hamil. Yang bikin ngeri, bila enggak ditangani dengan tepat dan cepat, kasus GERD yang sudah menjadi kronis bisa menimbulkan kanker.

Selain empat penyebab di atas, kata ahli ada juga kondisi lainnya yang bisa menyebabkan muntah darah. Misalnya, seperti beberapa kondisi medis di bawah ini:

  • Kanker lambung atau kanker kerongkongan.
  • Tertelan racun seperti zat asam yang bersifat korosif atau arsenik.
  • Kelainan darah seperti leukimia, anemia, atau berkurangnya jumlah trombosit darah.
  • Masuknya salah satu bagian lipatan usus ke bagian lain yang berdekatan, atau lebih dikenal dengan intususepsi.
  • Peradangan pada pankreas.
  • Konsumsi aspirin dan obat antiiflamasi nonsteroid.

Baca juga: Sakit Mag Kambuh Saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya

Yang perlu diperhatikan, segeralah memeriksakan diri ke dokter ahli bila ibu hamil mengalami muntah darah. Apalagi bila disertai kondisi lainnya seperti demam, napas tersengal, penurunan kesadaran, dan pucat.

Bila ibu hamil mengalami berbagai keluhan medis, ibu bisa lo bertanya dan berdiskusi langsung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!