• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Manfaat Konsumsi Ikan Laut untuk Si Kecil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Manfaat Konsumsi Ikan Laut untuk Si Kecil

Ibu, Ini 4 Manfaat Konsumsi Ikan Laut untuk Si Kecil

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Juni 2022

“Sejak zaman dahulu, anak-anak sering dituntut untuk mengonsumsi ikan laut. Namun ini anjuran baik karena ikan laut memang mengandung segudang nutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan anak.”

Ibu, Ini 4 Manfaat Konsumsi Ikan Laut untuk Si Kecil

Halodoc, Jakarta – Konsumsi ikan laut sering dikaitkan dengan manfaat yang besar untuk perkembangan anak. Pasalnya, makanan ini sarat akan nutrisi penting seperti protein, vitamin D, sampai asam lemak omega-3. Ikan juga merupakan sumber lemak sehat yang seperti asam docosahexaenoic (DHA) yang penting untuk perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan anak. 

Ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan sejak dini dapat membantu mencegah penyakit alergi seperti asma dan eksim. Nah, berikut berbagai manfaat konsumsi ikan untuk anak yang perlu ibu ketahui.

Manfaat Konsumsi Ikan Laut untuk Pertumbuhan Si Kecil

Melansir dari berbagai sumber, berikut manfaat yang bisa didapatkan Si Kecil jika ia rutin mengonsumsi ikan laut:

1. Meningkatkan fungsi otak

Meningkatkan fungsi otak

Masa kanak-kanak adalah masa perkembangan otak sedang pesat-pesatnya. Nah, kandungan nutrisi dalam ikan, terutama asam lemak omega-3 dan DHA, mampu menunjang perkembangan otak anak. 

Studi juga mengungkapkan bahwa individu yang rutin mengonsumsi ikan setiap minggu memiliki lebih banyak materi abu-abu di otak. Materi abu-abu ini adalah jaringan fungsional utama otak yang mengatur emosi dan memori.

2. Mencegah penyakit asma

Mencegah penyakit asma

Asma adalah penyakit pernapasan yang ditandai dengan peradangan kronis pada saluran udara. Studi menunjukkan bahwa konsumsi ikan secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko asma sebanyak 24 persen pada anak-anak.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Meningkatkan kualitas tidur

Selama beberapa tahun terakhir, kasus peningkatan gangguan tidur semakin bertambah. Hal ini mungkin berkaitan dengan peningkatan paparan cahaya biru yang berasal dari barang elektronik seperti gawai, televisi, laptop dan lain-lain. 

Menurut sejumlah peneliti, kekurangan vitamin D mungkin juga terlibat dalam peningkatan risiko gangguan tidur. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama 6 bulan pada 95 pria paruh baya, menunjukan bahwa konsumsi ikan salmon 3 kali per minggu mampu memperbaiki masalah tidur dan fungsi sehari-hari. Para peneliti berspekulasi bahwa ini disebabkan oleh kandungan vitamin D yang ada pada ikan.

4. Mencegah stres

Mencegah stres

Siapa bilang hanya orang dewasa yang bisa stres? Nyatanya, anak-anak pun juga bisa mengalaminya. Stres yang merujuk depresi umumnya ditandai dengan menurunnya suasana hati, kesedihan, penurunan energi, dan kehilangan minat dalam hidup dan aktivitas.

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang makan ikan secara teratur jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stres yang mengarah ke depresi. Hasil studi mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 dapat melawan depresi secara signifikan layaknya efek dari obat antidepresan.

Itulah manfaat konsumsi ikan pada anak yang perlu ibu ketahui. Jika Si Kecil mengalami masalah kesehatan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Ibu bisa membuat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis,. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Evidence-Based Health Benefits of Eating Fish.
Healthy Children. Diakses pada 2022. Healthy Fish Choices for Kids.