24 August 2018

Ingin Tahu Bagaimana Perkembangan Janin Setiap Trimester?

perkembangan janin, perkembangan janin setiap trimester, janin

Halodoc, Jakarta – Setiap orangtua pasti bertanya-tanya mengenai perkembangan janin setiap trimesternya. Untuk para orangtua yang penasaran mengenai pertumbuhan janin di dalam kandungan, berikut ini adalah informasi singkat yang sebaiknya diketahui oleh orangtua.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah mengenai kehamilan normal, yaitu kehamilan dengan jangka waktu 40 minggu atau bisa berkisar 37-42 minggu. Rentang waktu tersebut bisa dibagi menjadi tiga trimester. Setiap trimester berlangsung 12-14 minggu atau sekitar tiga bulan.

Setiap trimester,i perubahan hormonal dan fisiologi terjadi dengan sendirinya. Mengetahui cara janin bertumbuh dan bagaimana perkembangannya dapat memengaruhi fisik dan psikis ibu. Selain itu, hal tersebut juga dapat membantu ibu mempersiapkan diri mengenai faktor risiko serta hal-hal spesifik lainnya.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Bayi Tabung

Trimester Pertama

Perhitungan tanggal kehamilan bisa dimulai dari hari pertama siklus menstruasi normal terakhir ibu. Sementara itu, pembuahan biasanya terjadi pada minggu kedua. Trimester pertama berlangsung dari minggu pertama sampai minggu ke-13 masa kehamilan.

Meskipun secara fisik perubahan pada ibu belum jelas terlihat, pastinya terjadi perubahan besar dalam tubuh ibu, seperti kadar hormon yang berubah secara signifikan. Rahim akan mulai mendukung pertumbuhan plasenta dan janin. Tubuh akan menambah suplai darah untuk membawa oksigen dan nutrisi ke janin yang sedang berkembang.

Pada trimester pertama ini, janin akan mengembangkan semua organnya pada akhir bulan ketiga. Makanya, momen-momen ini sangat penting untuk mempertahankan pola makan sehat, termasuk menambahkan jumlah asam folat yang cukup untuk membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin.

Baca juga: Ini 6 Tips Atasi Nafsu Makan Berkurang di Trimester Pertama

Selama trimester pertama, risiko keguguran biasanya cukup tinggi. Oleh sebab itu, ibu harus menjaga kondisi dan vitalitas tubuh. Tanyakan kondisi kesehatan ibu hamil pada dokter untuk penanganan kehamilan yang tepat.

Kalau ibu ingin tahu lebih banyak informasi mengenai perkembangan janin setiap trimester serta hal-hal yang perlu dilakukan supaya ibu dan anak sehat, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Trimester Kedua

Trimester kedua (minggu 13-27) adalah periode paling nyaman bagi mayoritas ibu hamil. Sebagian besar gejala kehamilan awal akan menghilang. Perut akan mulai terlihat membesar karena rahim akan tumbuh dengan cepat pada masa-masa ini. Walaupun gejala mual perlahan hilang, ada beberapa keluhan umum yang akan dirasakan ibu, termasuk kram kaki, nyeri di ulu hati, selera makan tinggi, muncul varises, sakit punggung, dan terkadang hidung tersumbat.

Trimester kedua adalah masa ketika ibu hamil dapat merasakan janin bergerak untuk pertama kalinya. Biasanya, pergerakan ini terjadi pada minggu ke-20 masa kehamilan. Pada momen ini, janin bahkan bisa mendengar dan mengenali suara ibu.

Beberapa tes screening biasanya dilakukan pada trimester kedua. Pastikan untuk membicarakan riwayat medis pribadi dan keluarga pada dokter untuk mengetahui masalah genetik yang dapat memberikan risiko pada janin.

Trimester kedua juga menjadi momen ketika bagian-bagian tubuh janin terbentuk seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan otak. Ibu juga bisa mengetahui jenis kelamin bayi di trimester kedua. Biasanya selama trimester kedua, dokter menguji diabetes gestasional yang umumnya dideteksi antara minggu ke 26 dan 28 masa kehamilan.

Trimester Ketiga

Trimester ketiga berlangsung dari minggu ke-28 kehamilan sampai masa kelahiran bayi. Pada trimester ketiga, janin sudah bisa membuka, menutup mata, dan mengisap jempolnya. Janin bisa menendang, merenggangkan badan, dan merespon cahaya.

Memasuki bulan kedelapan, pertumbuhan otak akan berlangsung terus dan cepat. Ibu mungkin bisa mendapatkan bentuk siku atau tumit di perut. Di bulan ke 9 atau usia kehamilan 34-36 minggu paru-paru sudah matang dan siap bekerja sendiri.

Untuk ibu sendiri akan ada pemeriksaan teratur seperti tes urine untuk mengetahui kadar protein di dalam tubuh, memeriksa tekanan darah, memantau detak jantung janin, dan persiapan-persiapan lain menuju proses persalinan.