12 July 2018

Ingin Tidur Nyenyak? Penuhi Asupan Nutrisi Ini

cara tidur nyenyak, tidur nyenyak, asupan nutrisi

Halodoc, Jakarta – Setelah menjalankan segudang aktivitas yang menguras tenaga, tubuh pasti akan terasa lelah dan butuh beristirahat. Namun, bagaimana jadinya jika kamu ternyata tidak bisa tidur? Pasti tubuh akan menjadi letih, lesu, dan kurang bertenaga. Suasana hati kamu pun menjadi tidak menentu. Demi menahan rasa kantuk, kamu menjadi lebih banyak ngemil. Tak bisa dihindari, penyakit obesitas dan diabetes pun akan menjumpai kamu.

Bagaimana dengan mengonsumsi obat tidur? Memang bisa membuat kamu dengan mudah langsung terlelap, tetapi cara tidur nyenyak ini tidak disarankan. Mengonsumsi obat tidur setiap kali kamu kesulitan untuk memejamkan mata di malam hari hanya akan membuat kamu mengalami ketergantungan. Kamu tetap bisa mendapatkan tidur nyenyak tanpa bantuan obat-obatan, kok. Caranya? Penuhi saja asupan nutrisi berikut ini:

Vitamin B6

Mengapa vitamin B6 bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak? Ternyata, vitamin B6 akan membantu mengurangi stres yang kamu alami dengan membuat saraf-saraf di tubuh kamu menjadi lebih rileks. Coba konsumsi makanan seperti pisang, yoghurt, atau oat sebelum kamu pergi beristirahat. Jenis makanan tersebut akan membantu kamu mendapatkan tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Magnesium

Rutin mengonsumsi makanan kaya magnesium tidak hanya membuat kamu bisa tidur nyenyak. Lebih dari itu, nutrisi satu ini juga membantu mengatasi sakit kepala dan tekanan darah tinggi, mengurangi kecemasan berlebih, hingga mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang sering kamu alami ketika PMS. Lalu, makanan apa saja yang mengandung magnesium? Segala biji-bijian, tomat, alpukat, juga ikan adalah beberapa jenis makanan kaya magnesium yang bisa dengan mudah kamu temukan.

Sebuah studi yang telah diterbitkan dalam Journal of Orthomolecular mengungkapkan bahwa kurangnya kebutuhan magnesium pada tubuh akan membuat orang jadi lebih sulit tertidur. Jadi, ketika kamu tidak bisa tidur, bisa jadi karena tubuh kamu kekurangan magnesium.

Baca juga: Susah Tidur? Ini yang Perlu Dilakukan

Kalsium

Tidak hanya baik untuk menunjang pertumbuhan tulang, kalsium juga ternyata mengandung senyawa yang bersifat relaxing properties, sehingga membuat kamu tidur nyenyak. Nutrisi ini juga tidak jauh berbeda dengan magnesium dalam peranannya untuk mengatasi darah tinggi juga mengurangi rasa cemas yang berlebihan. Beberapa sumber makanan yang kaya kalsium adalah brokoli, kacang almond, dan yoghurt.

Karbohidrat

Protein memang memiliki beragam manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Selain sebagai sumber energi untuk kamu beraktivitas, karbohidrat juga berperan dalam membuat tidur kamu lebih nyenyak. Hal ini disebabkan karena karbohidrat akan membuat produksi triptofan di otak menjadi lebih banyak, seperti apa yang dinyatakan oleh National Food Foundation.

Kamu bisa mencoba mengonsumsi sereal sebelum tidur malam. Meski begitu, jangan asal pilih, karena tak semua sereal akan membuat kamu lebih mudah tertidur. Pilih sereal dengan kandungan gula yang tidak terlalu tinggi.

Zat Besi

Kurangnya asupan zat besi dalam tubuh membuat tubuh akan cepat lelah. Meski begitu, rasa lelah ini justru tidak membuat kamu lantas mengantuk. Oleh karena itu, pastikan asupan harian zat besi di tubuh telah kamu penuhi. Kamu bisa memenuhi kebutuhan zat besi harian dengan mengonsumsi daging merah, hati, atau kacang-kacangan.

Baca juga: Agar Tidur Lebih Nyenyak, Coba Biasakan Senam Ini

Sekarang, kamu sudah tahu cara tidur nyenyak tanpa perlu mengonsumsi obat. Namun, apabila cara tersebut masih belum bisa membuat kamu terlelap di malam hari, mungkin saatnya kamu bertanya pada dokter untuk mengetahui penyebabnya secara lebih mendetail. Tak perlu harus berkunjung ke klinik, karena kamu bisa langsung bertanya melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc di ponsel kamu sekarang juga!