28 December 2017

Ingin Turunkan Berat Badan? Liburan Ini Pilih Hiking

Ingin Turunkan Berat Badan? Liburan Ini Pilih Hiking

Halodoc, Jakarta – Kamu mungkin termasuk salah satu orang yang sudah punya sederet rencana untuk menghabiskan waktu liburan. Kalau Cuma menghabiskan waktu bersantai di hotel atau berbelanja dan wisata kuliner, jelas akan membuat angka timbangan kamu naik. Jadi jangan heran kalau setiap habis liburan, kamu jadi bingung sendiri mencari cara untuk menurunkan berat badan.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga berat badan selama liburan. Enggak perlu membatasi jumlah makanan saat wisata kuliner. Yang perlu kamu lakukan hanya memilih destinasi dan cara liburan yang tepat saja, kok. Bagaimana caranya?

Setiap destinasi wisata memiliki daya tariknya sendiri. Kamu bisa memilih tempat yang enggak cuma menawarkan wisata bernuanasa metropolitan namun juga yang bernuansa alam. Salah satunya adalah hiking. Saat ini di Indonesia sudah ada beberapa destinasi wisata pegunungan yang nyaman untuk didaki sehingga tidak akan merepotkan kamu. Misalnya saja Gunung Bromo dan Gunung Tangkuban Perahu, kini jalur pendakiannya dibuat lebih mudah bagi orang awam sekalipun. Tidak dengan medan yang terjal dan berbahaya, namun dengan anak-anak tangga yang mudah ditapaki.

Kenapa memilih hiking untuk liburan? Kalau kamu ingin turunkan berat badan maka hiking adalah pilihan liburan yang perlu kamu lakukan. Namun kamu perlu melakukannya dengan rutin, jangan hanya sekali dua kali saja, ya. Mulai sekarang, kamu harus mencari destinasi hiking terdekat yang paling tidak bisa kamu jadikan pilihan bahkan di akhir pekan sekali pun.

Alasan mengapa hiking bisa membantu menurunkan berat badan adalah karena aktivitas fisik ini tak hanya membuat tubuh jadi lebih banyak bergerak. Dengan hiking tubuh jadi bisa membakar cukup banyak kalori. Selain itu, meski merasa lelah saat hiking namun bisa jadi kamu akan tetap menikmati kegiatan ini. Dengan adanya pemandangan di sekitar yang indah serta udara pegunungan yang bersih. Kamu akan merasa lebih fresh dan sehat.

Idealnya, hiking ini dilakukan sebanyak dua kali dalam sebulan. Tapi kalau kamu terlalu sibuk, maka bisa dilakukan sekali saja dalam sebulan, kok. Nah manfaat lain dari hiking adalah kamu jadi bisa mengatur pola makan sesuai dengan energi yang akan digunakan untuk mendaki. Jadi kamu tentu tidak akan makan secara berlebihan namun juga tidak kurang karena kamu memiliki tanggung jawab untuk mengatur pola makan agar tercukupi. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar hiking bisa membantu kamu menurunkan berat badan adalah:

1. Lokasi Pendakian yang Aman

Sebelum memutuskan untuk hiking sebagai cara berlibur yang aman untuk menurunkan berat badan, sebaiknya kamu memiliki referensi tempat hiking yang sesuai dengan kemampuan kamu. Kalau baru pemula sebaiknya pilih medan yang mudah dijangkau dan sesuai dengan kemampuan fisik kamu.

2. Terpenuhinya Asupan Makanan

Yang jelas kamu enggak boleh terlalu kenyang namun juga enggak boleh kekurangan makanan. Jadi makan secukupnya sesuai dengan energy yang kamu butuhkan untuk hiking. Memang benar akan bantu kurangi kalori namun bukan berarti kamu harus berlebihan, ya.

3. Rutinitas Rutin

Lakukan sebulan dua kali atau seminggu sekali tergantung pada kemampuan fisik kamu. Dengan rutin melakukan hiking kamu jadi mulai terbiasa sehingga tubuh tidak akan merasa kelelahan saat kamu melakukannya lagi.

4. Pakai Perlengkapan Lengkap

Persiapkan sepatu dan pakaian yang nyaman. Perhatikan juga cuaca, jika dingin gunakan jaket tebal jika cukup sejuk kamu bisa menggunakan jaket atau kaos yang lebih tipis dan menyerap keringat.

5. Periksa Berat Badan

Jika kamu berniat melakukan hiking sebagai olahraga dan sudah menemukan lokasi yang tepat. Saatnya kamu memeriksa berat badan secara rutin setiap sebelum dan sesudah hiking. Tujuannya agar kamu bisa menentukan target yang tepat agar mencapai berat badan yang diinginkan.

Sedia selalu aplikasi Halodoc di smartphone kamu agar bisa menghubungi dokter kapan saja, dimana saja. Dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat jadi kamu bisa lebih mudah untuk bicara langsung, kan? Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan laboratorium di Halodoc, lho. Jika punya kebutuhan medis yang perlu dibeli seperti suplemen atau vitamin, kamu bisa membelinya di Halodoc dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.