30 July 2018

Ini 3 Penyakit Akibat Global Warming

penyakit akibat global warming, dampak global warming untuk kesehatan, global warming menimbulkan penyakit,pemanasan global

Halodoc, Jakarta – Salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh penduduk dunia saat ini adalah masalah pemanasan global atau dikenal juga dengan istilah global warming. Pemanasan global sendiri adalah meningkatnya suhu rata-rata dalam atmosfer yang dikarenakan penggunaan bahan bakar fosil yang menghasilkan karbondioksida.

Baca juga: 4 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diwaspadai

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya global warming, beberapa di antaranya adalah pola konsumsi dan juga gaya hidup masyarakat. Tentu pemanasan global berdampak buruk pada lingkungan sekitar, dimulai dari udara yang semakin hari semakin panas, gangguan ekologis, naiknya permukaan laut, hingga yang paling parah adanya perubahan iklim dan cuaca. Namun tidak hanya untuk lingkungan saja, pemanasan global nyatanya berdampak pada kehidupan manusia khususnya kesehatan. Pemanasan global nyatanya mampu menimbulkan beberapa penyakit ini.

1. Kanker Kulit

Kanker kulit adalah penyakit yang disebabkan oleh kelainan pada sel-sel kulit karena mutasi DNA sel, sehingga membuat sel hidup lebih panjang dan sel kehilangan sifat dasarnya. Biasanya, penyebab kanker kulit karena paparan sinar matahari langsung pada kulit. Namun, pada beberapa kasus kanker kulit juga dapat disebabkan oleh faktor lain salah satunya karena faktor genetik.

Pemanasan global membuat lapisan ozon bumi semakin menipis, sehingga ozon sudah tidak dapat menyaring sinar matahari yang jatuh ke bumi. Sedangkan, sinar matahari mengandung sinar ultraviolet. Sinar matahari yang paling berbahaya adalah sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB karena dapat merusak sel kulit manusia.

2. Kolera

Kolera merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan dapat menyebabkan dehidrasi yang cukup parah pada pengidap penyakit kolera. Penyakit ini bisa ditularkan melalui air. Saat pemanasan global terus meningkat, dikhawatirkan virus yang menyebabkan kolera juga akan semakin meningkat. Pasalnya, bakteri yang membawa penyakit kolera mudah mewabah pada suhu yang hangat.

Semakin hangat suhu di bumi akan terjadi kemungkinan meningkatkan bakteri penyebab kolera di bumi. Sebaiknya jaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penyakit kolera menyebar di sekitar lingkungan kamu.

3. Penyakit Lyme

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebabkan oleh gigitan kutu. Biasanya, bakteri ini akan menjangkiti sistem organ tubuh manusia. Di dunia, jumlah pengidap penyakit lyme di dunia ini nyatanya cukup meningkat drastis. Pada 1995, terdapat sekitar 11.000 kasus penyakit lyme. Kondisi suhu bumi yang semakin hangat membuat telur kutu caplak penyebab penyakit lyme berkembang dan menetas lebih cepat. Maka dari itu, dengan banyaknya telur kutu caplak yang menetas tentu akan semakin banyak manusia yang terinfeksi penyakit lyme.

Untuk mencegah penyakit lyme semakin berkembang, sebaiknya kamu perlu memperhatikan kebersihan diri. Selain itu, kamu juga sebaiknya menggunakan pakaian tertutup saat kamu melakukan berbagai macam aktivitas di luar ruangan atau di tempat yang memiliki banyak rumput. Jangan lupa untuk selalu menggunakan krim serangga saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Baca juga: 3 Penyakit Kulit yang Bisa Menyerang Alat Kelamin

Tidak ada salahnya mengetahui informasi lebih banyak mengenai penyakit kulit yang dapat disebabkan oleh kondisi lingkungan yang semakin buruk. Menjaga kebersihan lingkungan adalah salah satu cara untuk menghindari kamu dari beberapa penyakit tersebut Selain itu, jangan lupa untuk juga tetap menjaga kebersihan diri kamu sendiri. Jika kamu memiliki keluhan kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!