Ini 5 Pilihan Pengobatan untuk Atasi Neurodermatitis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini 5 Pilihan Pengobatan untuk Atasi Neurodermatitis

Halodoc, Jakarta - Neurodermatitis adalah kondisi kulit yang dimulai dengan bercak kulit yang gatal. Menggaruk area kulit yang terserang membuatnya semakin gatal. Siklus gatal tersebut menyebabkan kulit yang terkena menjadi tebal dan kasar. Gangguan tersebut dapat berkembang menjadi bintik-bintik gatal di leher, pergelangan tangan, lengan, kaki, atau daerah anus.

Neurodermatitis juga dikenal sebagai lichen simplex chronicus. Gangguan ini tidak mengancam jiwa atau menular kepada orang lain. Namun, rasa gatal yang timbul bisa sangat intens atau berulang sehingga mengganggu tidur, fungsi seksual, dan kualitas hidup orang yang mengidapnya.

Memutuskan siklus gatal-gatal neurodermatitis adalah suatu tantangan tersendiri, dan neurodermatitis biasanya merupakan kondisi yang terjadi seumur hidup. Keberhasilan pengobatan tergantung pada menahan keinginan untuk menggosok atau menggaruk daerah yang terkena.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengobati neurodermatitis adalah dengan memberikan obat bebas atau resep yang dapat membantu agar dapat mengurangi rasa gatal. Kamu juga perlu mengidentifikasi dan menghilangkan faktor-faktor yang dapat memperburuk rasa gatal yang terjadi.

Baca Juga : Bisa Disebabkan Stres, Ini Penyebab Lain Neurodermatitis

Gejala Neurodermatitis

Sebelum membahas tentang cara mengobati gangguan pada kulit tersebut, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tentang gejala dan penyebab dari neurodermatitis. Ketika seseorang mengidap neurodermatitis, orang tersebut mungkin akan mengalami beberapa tanda dan gejala.

Neurodermatitis menyebabkan bercak gatal di permukaan tubuh. Tidak seperti eksim, psoriasis, dan kondisi kulit gatal lainnya, orang yang mengidap gangguan ini cenderung mengalami hanya 1 atau 2 bercak yang gatal. Meskipun jarang, neurodermatitis dapat menyebabkan beberapa bercak gatal.

Ketika orang mengalami neurodermatitis, gejala lainnya yang dapat terjadi, yaitu:

  • Menggaruk atau menggosok kulit yang gatal, baik secara teratur atau sporadis.
  • Berpikir bahwa area yang gatal tersebut terjadi tanpa alasan yang jelas.
  • Merasakan gatal ketika sedang santai.
  • Merasa sangat gatal ketika sedang mengalami stres.

Inilah Penyebabnya

Hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gatal tersebut tidak diketahui secara pasti, tetapi pemicu tertentu, seperti gigitan serangga dan stres, tampaknya berperan. Pada neurodermatitis, saraf di kulit memberi tahu otak terjadi gatal di kulit. Kadang-kadang, gangguan tersebut dapat terjadi dengan alergi kulit.

Baca Juga : Kenali Lebih Lanjut Tentang Neurodermatitis

Bagaimanakah Cara Mengobatinya?

Pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan pada kulit tersebut adalah dengan mengendalikan rasa gatal, mencegah goresan, dan mengatasi penyebab yang mendasarinya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengobati neurodermatitis:

  1. Krim Obat Anti-Gatal

Jika krim kortikosteroid yang dijual bebas tidak membantu, dokter kamu mungkin akan meresepkan kortikosteroid yang lebih kuat atau produk anti-gatal nonsteroid. Salep inhibitor kalsineurin juga dapat membantu jika vulva terlibat.

  1. Suntikan Kortikosteroid

Dokter kamu dapat menyuntikkan kortikosteroid langsung ke kulit yang terkena untuk membantunya sembuh lebih cepat.

  1. Obat untuk Mengurangi Rasa Gatal

Antihistamin yang diresepkan dapat membantu untuk mengurangi rasa gatal pada banyak orang yang mengidap neurodermatitis. Beberapa obat ini dapat menyebabkan kantuk dan mengurangi goresan saat tidur.

  1. Obat Anti-Kecemasan

Kecemasan dan stres dapat memicu neurodermatitis. Maka dari itu, obat anti-kecemasan dapat membantu mencegah rasa gatal.

  1. Psikoterapi

Cobalah untuk berbicara dengan psikoterapis yang dapat membantu kamu untuk mempelajari perihal emosi dan perilaku yang dapat memicu gatal dan garukan.

Baca Juga : Sering Menyerang Wanita, Ini Faktor Risiko Neurodermatitis

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati neurodermatitis. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!