Ini Waktu yang Tepat untuk Melakukan MSCT

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Waktu yang Tepat untuk Melakukan MSCT

Halodoc, Jakarta - Disebut-sebut sebagai ‘generasi terbaru’ dari CT scan, MSCT (Multislice Computerized Tomography) adalah salah satu jenis pemeriksaan medis yang digunakan untuk membantu diagnosis suatu penyakit. Seperti apa pemeriksaan MSCT, apa yang membedakannya dengan pemeriksaan medis lainnya, dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya, akan dibahas lebih lanjut dalam pembahasan kali ini.

MSCT adalah pemeriksaan yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan informasi dengan akurasi tinggi, yang berkaitan dengan pemeriksaan organ bergerak, seperti jantung. Tak hanya itu, metode pemeriksaan ini bisa memenuhi gambaran diagnostik yang lebih baik, dengan resolusi gambar yang baik dan akurat, padahal waktu pemeriksaannya terbilang cukup singkat.

Baca juga: 6 Jenis Pemeriksaan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

Dengan keunggulan tersebut, pemeriksaan MSCT pun dilakukan sebagai penunjang diagnostik yang canggih dan lebih sensitif di beberapa bagian tubuh, seperti jantung, otak, rongga dada, rongga perut, angiografi, ortopedi, serta telinga, hidung, dan tenggorokan.

Tujuan Pemeriksaan MSCT

Pemeriksaan kondisi tubuh menggunakan MSCT dilakukan dengan tujuan mengetahui secara pasti penyebab gangguan pada organ tubuh tertentu, salah satunya jantung. Pemeriksaan MSCT pada jantung dilakukan untuk menilai fungsi jantung dan arteri koronaria dengan menggunakan sinar X dan cairan pewarna. Cara tersebut dilakukan untuk mendapatkan gambaran tiga dimensi dari jantung dan pembuluh darah yang ada di sekitarnya.

Melalui pemeriksaan MSCT pada jantung bisa dilihat apakah ada pengerasan akibat penumpukan kalsium di pembuluh arteri koronaria, katup jantung, otot jantung, dan dinding jantung secara umum. Kondisi lain juga bisa diketahui, misalnya gangguan fungsi dan abnormalitas ruang jantung, risiko penyakit jantung koroner, pemeriksaan pre-operasi, dan sebagainya.

Baca juga: Lakukan 4 Pemeriksaan Ini saat Hamil Trimester Pertama

Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

MSCT bisa dilakukan sebagai pemeriksaan rutin untuk jantung. Meski demikian, cara pemeriksaan ini nyatanya bisa dimanfaatkan untuk memeriksa kondisi kesehatan organ tubuh lain. MSCT biasanya dilakukan apabila ada indikasi penyakit tertentu pada organ tubuh, di antaranya:

  • Indikasi penyakit jantung koroner pada organ jantung.

  • Indikasi malformasi vaskuler dan penyempitan (angiografi).

  • Indikasi sumbatan vascular, perdarahan, tumor, dan infeksi pada otak.

  • Indikasi tumor, infeksi, dan kelainan mediastinum pada rongga dada.

  • Indikasi gangguan pada usus, hati, limfa, pankreas, saluran empedu, dan ginjal melalui pemeriksaan rongga perut.

Adakah Kelemahan dari Pemeriksaan MSCT?

Seperti halnya prosedur medis lainnya, MSCT memiliki keunggulan dan kelemahan. Penggunaan prosedur ini dalam pemeriksaan medis disinyalir lebih menyingkat waktu dalam prosesnya, sehingga waktu perawatan yang dibutuhkan menjadi lebih cepat, karena diagnosis sudah didapatkan dalam waktu singkat. Selain itu, area pemindaiannya luas, dan bisa menangkap kondisi jantung dalam hitungan detik.

Namun, penggunaan MSCT sebagai prosedur pemeriksaan juga tak luput dari kekurangan, yaitu risiko efek samping dari radiasi yang masih perlu diperhatikan. Oleh karena itu, pasien perlu berdiskusi lebih lanjut dengan dokter terhadap riwayat kesehatan atau kondisi medis yang sedang dialami sebelum menjalani prosedur tes, untuk mengurangi dampak negatif atau komplikasi yang muncul akibat dari MSCT.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Pemeriksaan Mata Anak?

Sebelum prosedur dimulai, pasien diminta untuk berpuasa selama beberapa saat, berganti pakaian dengan yang diberikan oleh petugas, dan melepas semua benda mengandung logam. Khusus untuk pasien dalam kondisi hamil dan memiliki riwayat alergi, beritahukan langsung pada dokter supaya pemeriksaan bisa ditunda. Memang benar, MSCT jauh lebih canggih dibandingkan dengan CT scan. Namun, tetap diperlukan penelitian lanjutan agar teknologi yang terpasang pada alat pemeriksaan ini bisa difungsikan dengan sempurna. Tak lupa juga untuk meminimalisir dampak negatif atau komplikasi yang mungkin muncul.

Itulah sedikit penjelasan tentang pemeriksaan MSCT. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter di aplikasi Halodoc. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!