15 November 2018

Inilah Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Liver

Cara menjaga kesehatan liver, organ tubuh hati

Halodoc, Jakarta - Jika kamu seorang pecandu alkohol, kamu perlu tahu bahwa alkohol dapat menyebabkan 20-50 persen kerusakan pada hati. Kondisi ini dapat menyebabkan penyakit gagal hati. Ini berarti hati tidak dapat menyaring darah dan tidak dapat mendukung organ-organ lainnya dengan baik. Selain itu, kondisi ini memengaruhi seluruh tubuh.

Penyakit liver merupakan istilah yang digunakan ketika hati mengalami gangguan, sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Seiring berjalannya waktu, kerusakan hati dapat berdampak pada luka pada jaringan (sirosis), yang dapat menyebabkan gagal hati. Gagal hati merupakan suatu kondisi yang dapat mengancam nyawa.

Liver mempunyai nama lain hati. Hati merupakan organ yang bekerja paling keras dalam tubuh dan berukuran seperti bola, yang berada tepat di bawah tulang rusuk di sisi kanan perut. Hati terdiri dari 2 bagian, yaitu lobus kanan dan lobus kiri. Mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan liver? Berikut ini beberapa fungsi liver di dalam tubuh, antara lain:

  1. Membantu proses pembekuan darah.

  2. Metabolisme protein. Hati menghasilkan asam amino untuk menyusun protein yang penting untuk melawan infeksi, serta membersihkan amonia yang merupakan produk pembuangan dari metabolisme protein dan beracun bagi tubuh.

  3. Metabolisme lemak. Hati menghasilkan empedu dan kolesterol yang berfungsi mencerna dan sebagai transportasi lemak dalam tubuh.

  4. Metabolisme hemoglobin. Hemoglobin merupakan komponen pembentuk sel darah merah, sehingga sel darah merah dapat berfungsi dengan normal. Hati menyimpan zat besi sebagai bahan baku pembentuk hemoglobin dan membersihkan bilirubin yang merupakan produk buangan dari metabolisme hemoglobin atau sel darah merah. Bilirubin yang berlebihan dapat membuat tubuh menjadi kekuningan.

  5. Metabolisme obat-obatan dan racun. Hati membuat obat-obatan yang kita konsumsi berubah dari zat aktif menjadi zat yang tidak aktif. Kemudian, membersihkannya juga dari dalam tubuh, sehingga dapat dibuang melalui urine atau feses. Salah satu zat yang dimetabolisme oleh hati adalah alkohol.

  6. Metabolisme karbohidrat. Hati merupakan tempat menyimpan gula, sehingga turut membantu menjaga keseimbangan gula dalam darah.

Kamu dapat mencegah munculnya penyakit hati dan perkembangannya dengan melakukan hal-hal berikut ini, seperti:

  • Batasi Konsumsi Lemak

Hal yang pertama harus dilakukan adalah hindari makanan cepat saji untuk tetap menjaga agar liver tetap dalam kondisi yang baik. Kamu juga diharuskan untuk mengontrol berat badan secara rutin, karena obesitas dapat menimbulkan diabetes dan dapat menjadi pemicu penyakit hati. Hal ini juga dapat mengurangi fungsi hati melalui akumulasi lemak dalam tubuh.

  • Hindari Konsumsi Alkohol

Liver berfungsi untuk menyaring racun dari tubuh. Namun, fungsi hati ini bisa terganggu bila seseorang aktif dalam mengkonsumsi alkohol, terutama dalam jumlah yang banyak.

  • Terapkan Aturan Hidup Bersih

Biasakan untuk selalu mencuci tangan, terutama sebelum dan setelah makan, serta setelah dari toilet. Jangan minum air dari peralatan yang telah digunakan oleh orang lain sebelum dicuci dengan bersih.

  • Hindari Lingkungan yang Beracun

Hati bertugas untuk menyaring zat-zat berbahaya bagi tubuh. Namun, jika kapasitasnya sudah penuh, hati bisa tidak berfungsi menjadi filter. Kurangi paparan terhadap polutan umum, seperti asap rokok atau asap cat.

  • Lindungi Diri dari Virus

Untuk menghindari penyakit ini, kamu harus mengambil langkah untuk memproteksi diri sendiri dari benda-benda yang dapat menyebabkan infeksi tersebut. Misalnya seperti, hindari jarum suntik bekas pakai dan gunakan pengaman saat berhubungan intim.

Jangan mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan liver, karena liver sangat berpengaruh pada metabolisme tubuh. Seringkali penyakit liver kronis ditemukan secara tidak sengaja saat dilakukannya pemeriksaan penyakit lain.

Jika kamu ingin membaca artikel kesehatan atau kecantikan lainnya, kamu bisa download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Dan jika kamu mengalami masalah pada kesehatan, di Halodoc kamu bisa berdiskusi dengan dokter ahli via Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa membeli obat di Halodoc dan pesananmu akan sampai dalam waktu satu jam.

Baca juga: