10 September 2018

Adakah Pengobatan Sakit Liver dengan Cara Alami?

sakit liver

Halodoc, Jakarta – Liver atau hati merupakan organ terbesar kedua dalam tubuh manusia yang dikenal akan peran pentingnya, yaitu menyingkirkan zat-zat beracun dari dalam tubuh kita. Walaupun liver mampu melawan racun yang masuk ke dalam tubuh, tetapi bila kamu sering melakukan kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol dalam waktu yang lama maka kesehatan liver juga bisa terganggu. Akibatnya, liver jadi tidak bisa berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Beberapa penyakit liver bisa disembuhkan dengan mengubah gaya hidup. Namun, katanya penyakit liver juga bisa disembuhkan dengan cara alami. Benarkah demikian? Yuk, cari tahu di sini.

Mengenal Penyakit Liver

Penyakit liver merupakan kondisi dimana liver tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Liver sebenarnya merupakan organ yang bisa melakukan regenerasi dengan cepat untuk mengganti sel-selnya yang rusak. Namun, bila kerusakan yang dialami cukup banyak maka kerja liver bisa menurun dan menyebabkan kesehatan organ-organ yang lain juga jadi terganggu.

Faktor Penyebab Penyakit Liver

20-50 persen penyakit liver disebabkan karena konsumsi alkohol yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama. Namun selain alkohol, masih ada beberapa faktor lainnya yang bisa meningkatkan risiko penyakit liver, antara lain:

  • Obesitas
  • Terpapar racun atau bahan kimia tertentu
  • Penyalahgunaan jarum suntik
  • Sering melakukan hubungan intim yang tidak aman atau bergonta-ganti pasangan
  • Melakukan tato atau tindik
  • Terkena darah atau cairan tubuh orang lain

Cara Mengobati Penyakit Liver

Melihat faktor pemicu penyakit liver tersebut, ada beberapa penyakit liver yang memang disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Dengan demikian, langkah pengobatan yang bisa dilakukan pun adalah dengan cara mengubah gaya hidup, seperti menurunkan berat badan dan berhenti minum alkohol. Namun, beberapa penyakit liver lainnya perlu ditangani dengan mengonsumsi obat-obatan, operasi, atau bahkan transplantasi hati. Hal yang paling penting adalah dengan melakukan pengobatan, agar kondisi penyakit liver yang dialami pengidap tidak berkembang menjadi sirosis yang dapat membahayakan nyawa.

Pengobatan Sakit Liver Secara Alami

Selain mengubah gaya hidup, obat-obatan herbal juga dipercaya dapat mengatasi penyakit liver. Meski belum banyak penelitian mengenai hal ini, tetapi bukti klinis tentang khasiat obat herbal yang dapat menyembuhkan penyakit perlahan-lahan semakin terungkap. Beberapa tanaman alami yang ada di Indonesia seperti temulawak, kunyit, dan jahe terbukti efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk penyakit liver dan ginjal.

Meski demikian, tidak semua jenis penyakit liver bisa diobati dengan obat-obatan herbal. Curcuma xanthorrhiza atau temulawak memang sudah dikenal sejak lama akan manfaatnya untuk kesehatan organ hati. Namun, untuk mengatasi hepatitis yang disebabkan oleh virus, temulawak hanya memberikan efek perlindungan saja. Meski begitu, pengidap hepatitis tetap dianjurkan untuk mengonsumsi temulawak secara rutin, karena senyawa kurkumin yang terkandung dalam akar rimpang ini bisa membantu memperlambat atau bahkan menghentikan proses perkembangan penyakit hepatitis.

Selain itu, khasiat obat herbal juga tidak secepat obat kimia, sehingga dokter biasanya memberikan obat herbal hanya sebagai komplementer yang bisa dikonsumsi dua jam setelah obat kimia. Oleh karena belum banyak obat herbal yang telah teruji secara klinis, maka pemberian obat herbal pun masih terbatas. Dokter biasanya akan meresepkan obat-obatan termasuk obat herbal, hanya jika obat tersebut telah teruji secara klinis untuk pasien.

Jadi, kamu disarankan untuk membicarakan dulu kepada dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat medis atau obat herbal tertentu. Kamu juga bisa membeli berbagai macam obat-obatan berkualitas yang kamu butuhkan lewat aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order melalui fitur Apotik Antar dan pesananmu akan dikirim dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: