Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Mencegah Abses Gigi

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Mencegah Abses Gigi

Halodoc, Jakarta - Selain gigi berlubang dan karang gigi, coba tebak masalah apa yang cukup mengkhawatirkan bagi kesehatan gigi dan mulut? Nah, dari banyaknya masalah yang bisa menyerang gigi, abses gigi merupakan salah satu keluhan yang mesti diperhatikan. 

Masalah pada gigi ini merupakan terbentuknya kantung atau benjolan berisi nanah pada gigi yang umumnya muncul pada ujung akar gigi.  Kok bisa? Penyebab dari abses gigi adalah infeksi bakteri. Infeksi ini amat rentan dialami oleh mereka yang memiliki kebersihan dan kesehatan gigi yang buruk.

Nah, mau terhindari dari abses gigi? Simpel kok caranya, jaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. 

Baca juga: Gejala Abses Gigi yang Perlu Diwaspadai

Bukan Cuma Menyikat Gigi

Menyikat gigi memang menjadi cara terampuh untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Menyoal abses gigi ini, cobalah gunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride. Fluoride ini dinilai mampu mencegah kerusakan gigi, sehingga risiko infeksi dan radang pada gusi dapat berkurang. 

Ingat, menjaga kebersihan gigi tak cuma dengan menyikatnya. Agar kebersihannya semakin terjaga, cobalah gunakan benang gigi. Benang gigi ini bisa mencegah pertumbuhan bakteri akibat sisa-sisa makanan yang terjebak di antara gigi dan gusi. 

Di samping itu, pemakaian obat kumur juga bisa kita coba untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Obat kumur bisa mengurangi plak dan karang gigi, sekaligus mencegah radang gusi. Lalu, bagaimana dengan rutin berkunjung ke dokter gigi? 

Nah, rutin memeriksakan diri ke dokter gigi menjadi langkah terakhir untuk mencegah abses gigi. Lakukanlah pemeriksaan ini tiap enam bulan sekali. Di sini dokter gigi akan memantau kondisi kesehatan gigi dan mulut, serta melakukan berbagai tindakan yang dinilai perlu dilakukan. Misalnya, membersihkan gigi dari kotoran dan plak secara lebih maksimal. 

Baca juga: Ketahui Penanganan untuk Atasi Abses Gigi

Kebersihan yang Buruk Hingga Makanan Manis

Bakteri yang berkembang pada rongga mulut yang menyebar ke jaringan lunak dan lunang wajah serta leher merupakan penyebab utama munculnya abses gigi. Nah, kebanyakan abses gigi ini timbul dari komplikasi infeksi gigi dan mulut.

Infeksi ini dikarenakan bakteri jahat yang tinggal di dalam plak  akan menginfeksi dan mencari jalur untuk menyerang gigi. Lantas, apa lagi sih yang bisa menyebabkan abses gigi?

  • Buruknya kebersihan dan kesehatan gigi. Tak melakukan perawatan atau menjaga kebersihan gigi dan gusi, pastinya berisiko mengalami masalah gigi. Percayalah, kondisi gigi dan gusi yang tak bersih bisa menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan tubuh.

  • Obat-obatan. Penggunaan obat antibiotik untuk periodontitis (infeksi gusi yang merusak jaringan lunak pada tulang penyangga gigi) juga bisa menyembunyikan gejala abses. Untuk sebagian kasus, ada kalanya kerusakan gusi bisa berujung jadi abses gusi, meski tak mengalami periodontitis. 

  • Makanan dan minuman manis. Makanan dan minuman manis yang mengandung tinggi gula. Keduanya dapat menyebabkan lubang pada gigi yang ujung-ujungnya bisa berkembang menjadi abses gigi. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic (2019). Diseases and Conditions. Tooth Abscess.
WebMD (2019). Dental Abscess Overview.