20 September 2018

Jangan Malas Pakai Toner! Ini 4 Manfaatnya untuk Wajah

manfaat toner untuk wajah, toner, manfaat toner, toner wajah, masalah kulit wajah,manfaat toner wajah

Halodoc, Jakarta – Banyak tahapan make up yang biasanya dilakukan oleh para wanita. Salah satunya adalah penggunaan toner pada wajah. Toner sendiri sebenarnya cairan berbasis air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan aktif untuk mengatasi masalah yang timbul pada kulit wajah kamu.

Tidak hanya menghilangkan kotoran seperti sisa make up maupun debu yang berasal dari polusi, nyatanya toner memiliki fungsi lain. Toner bisa digunakan untuk menenangkan kulit setelah penggunaan make up, memperbaiki dan menghaluskan kulit, mengurangi noda, dan meminimalkan peradangan yang memerah pada wajah.

Menurut Dr. Alicia Zalka, seorang dermatolog dari Yale, AS, toner adalah langkah kedua dalam proses pembersihan wajah. Karena itu, Jika kamu rutin menggunakan toner akan banyak manfaat yang bisa kamu rasakan pada wajah kamu.

1. Detoksifikasi

Polusi udara yang kerap muncul di lingkungan kamu beraktivitas nyatanya dapat memengaruhi kesehatan kulit wajah kamu. Tidak hanya debu dan kotoran yang bisa menempel, tetapi racun yang berasal dari bahan kimia, seperti asap knalpot kendaraan atau hasil pembuangan industri juga bisa menjadi salah satu penyebab masalah untuk wajah kamu. Menggunakan toner setelah seharian beraktivitas mampu menghilangkan racun-racun atau debu polusi yang menempel dengan detoksifikasi. Hal ini tentu akan membuat kulit kamu semakin sehat dan cerah. Tidak hanya itu, kamu juga akan terhindar dari penyebab timbulnya jerawat, komedo, dan keriput di wajah.

2. Menghidrasi dan Menutrisi Kulit

Toner yang berbahan dasar air nyatanya dapat menghidrasi kulit wajah kamu dengan baik. Menjaga kulit wajah tetap terhidrasi nyatanya akan membuat kulit wajah kamu tetap halus, lembap, dan memberikan penampilan yang lebih segar. Menghidrasi kulit wajah juga dapat menghindari wajah kamu dari kerutan-kerutan halus dan mengurangi tanda penuaan dini di kulit wajah. Kamu bisa memilih toner yang tepat untuk wajah kamu, saat ini banyak toner yang mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah.

3. Mengencangkan Pori-Pori Wajah

Memiliki pori-pori wajah yang besar nyatanya membuat debu dan kotoran lebih cepat masuk ke dalam kulit. Hal ini yang bisa menjadi salah satu penyebab jerawat dan juga komedo. Dengan penggunaan toner secara tepat, kamu bisa mengencangkan pori-pori wajah sehingga kotoran dan minyak yang ada di wajah jadi  lebih sedikit. Hasilnya, wajah akan terlihat lebih segar dan cerah.

4. Menstabilkan pH pada Wajah

Menggunakan toner juga dapat membantu menstabilkan pH pada wajah, lho. Kadar pH atau keasaman pada wajah biasanya sering berubah-ubah karena disebabkan oleh beberapa hal. Air yang digunakan untuk membersihkan wajah atau kandungan asam yang ada pada pembersih wajah sangat memengaruhi tingkat pH pada wajah. Maka, setelah membersihkan wajah dengan air atau pembersih wajah, disarankan kamu menggunakan toner wajah untuk menstabilkan pH pada wajah kamu. Dengan memiliki PH yang seimbang pada wajah, maka kulit wajah kamu akan terhindar dari minyak berlebih dan juga infeksi pada wajah. Dengan begitu, kamu akan memiliki wajah yang segar dan alami.

Pilihlah toner yang tepat untuk masalah pada kesehatan wajah kamu. Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa gunakan fitur Contact Doctor dan gunakan Voice/Video Call atau Chat untuk bertanya langsung kepada dokter. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: