13 September 2018

Jenis dan Manfaat Bra yang Perlu Diketahui

manfaat bra, pilih bra yang tepat

Halodoc, Jakarta – Tentunya wanita tidak pernah lepas dari pakaian dalam yang satu ini, yaitu bra. Hampir setiap hari beraktivitas, kita perlu menggunakan bra demi kenyamanan, perlindungan, dan tampilan yang prima. Seiring berkembangnya tren, saat ini muncul berbagai macam atau jenis bra berdasarkan bentuk, kegunaan, ukuran, motif, dan bahan. Dari begitu, banyaknya pilihan jenis bra yang ada di pasaran, kamu akan dibingungkan karena terlalu banyak pilihan bra untuk dibawa pulang.

Memang tidak mudah menemukan bra yang benar-benar nyaman dan pas. Pada akhirnya, kamu akan tidak teliti dalam memilih bra, tanpa memperhatikan manfaatnya. Ada beberapa bra yang dibuat sesuai kebutuhan kamu. Beberapa jenis bra berikut dapat kamu jadikan referensi agar kamu lebih nyaman:

1. Sport Bra

Bra ini diciptakan untuk menemani kamu saat aktivitas olahraga. Tujuannya adalah supaya bagian tubuh kamu terlindungi (terutama payudara), dari cedera dan benturan keras akibat aksi fisik yang kamu lakukan saat berolahraga. Payudara kamu dibuat tetap nyaman dan terkendali sekalipun kamu melompat atau berlari. Untuk menghindari cedera, memang sebaiknya kamu menggunakan jenis bra ini.

2. Nursing Bra

Jika kamu menyusui tanpa menggunakan bra khusus, pastinya akan terasa sulit. Jika tidak menggunakan bra, air susu malah akan menetes dan membasahi baju kamu. Oleh karena itu, terdapat jenis bra khusus bagi para ibu yang menyusui. Ada berbagai macam model dari yang klasik sampai yang bermotif lucu. Sebaiknya kamu menggunakan bra ini demi kenyamanan kamu dan tentunya bayi tersayang.

3. Maternity Bra

Sudah sewajarnya payudara membesar ketika wanita hamil. Ini terjadi karena hormon yang ada di dalam tubuh ibu hamil memproduksi ASI yang nantinya akan menjadi minuman eksklusif yang dibutuhkan Si Kecil untuk berkembang. Bra ini juga akan membantu kamu agar dapat bernapas lebih lega, karena pada umumnya bra lama akan membuat kau merasa sesak.

4. Mastectomy Bra

Bra ini dilengkapi silikon yang terdapat di dalam cup bra. Fungsinya untuk membuat payudara agar kelihatan seimbang. Beberapa orang setelah melakukan operasi payudara memanfaatkan bra ini untuk memberi tampilan payudara alami.

5. Full Figures Bra

Bra ini khusus diciptakan untuk kamu yang memiliki ukuran payudara besar. Sungguh tidak nyaman menggunakan bra yang terlalu kecil, sehingga bra ini akan membuat kamu lebih nyaman dan percaya diri. Cup pada full figures bra ini akan secara maksimal melindungi semua payudara kamu dan menopangnya dengan baik.

6. Bridal Bra

Acara pernikahan merupakan momen penting bagi wanita. Wajar jika mempelai pengantin wanita ingin tampil prima dengan balutan gaun pengantin. Di balik gaun pengantin, bra khusus harus digunakan demi menyempurnakan tampilannya. Tujuannya adalah supaya saat dibalut gaun, kamu akan bebas bergerak. Bentuknya yang pada umumnya strapless mempermanis penampilan agar senada dengan gaun yang dikenakan.

Itulah beberapa jenis bra yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Penting bagi seorang wanita untuk memperhatikan kenyamanan dalam mengenakan bra. Setiap wanita memiliki ukuran bra yang berbeda, sehingga kamu perlu mengetahui tipe yang tepat.

Jika kamu merasakan ketidaknyamanan pada payudara yang berhubungan dengan bra, kamu bisa mendiskusikannya pada dokter di Halodoc. Kamu bisa melakukan diskusi dengan cara Chat atau Voice/Video Call melalui aplikasi Halodoc, tanpa harus keluar rumah. Yuk, buruan download aplikasinya!

Baca juga: