Kakak Suka Ngiri Sama Adik, Ibu Lakukan 3 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kakak Suka Ngiri Sama Adik, Ibu Lakukan 3 Hal Ini

Halodoc, Jakarta - Orangtua umumnya ingin mempunyai dua orang anak agar keduanya bisa saling melengkapi. Nyatanya, anak-anak tersebut malah saling iri  antara satu sama lain. Umumnya, kakak akan ngiri sama adik yang baru lahir karena perhatian kepadanya berkurang drastis hanya memperhatikan Si Kecil.

Kakak ngiri sama sang adik memang dapat menjadi suatu hal yang sulit untuk diatasi. Hal tersebut karena mungkin kamu akan kesibukan untuk mengurus sang adik yang kerap menangis dibandingkan harus mengajari si kakak. Berikut cara mengatasi anak yang iri dengan adiknya!

Baca juga: Agar Tak Iri pada Adik Baru, Katakan ini ke Kakak

Cara Menghadapi Kakak Ngiri sama Adik

Kecemburuan yang timbul pada sang kakak kepada adiknya yang baru lahir memang wajar terjadi. Namun, ibu mungkin lelah dengan semua drama yang diperlihatkan oleh anak tertua dan selalu menginginkan perhatian. Lalu, bagaimana jika hal tersebut terus terjadi selama beberapa bulan setelahnya?

Hal tersebut mungkin saja terjadi hingga beberapa tahun ke depan dan perasaan iri sang kakak kepada adiknya terus terjadi. Padahal, kemungkinan rencana awal adalah agar kedua anak tersebut akrab dan saling melengkapi satu sama lain. Ternyata, rencana tidak sesuai dengan kenyataannya.

Cara mengatasi agar anak tidak tidak saling iri memang agak sulit untuk dilakukan. Sang kakak mungkin menginginkan semua perhatian hanya tertuju padanya. Semakin ibu dan ayah memberikan perhatian, semakin dirinya tidak tahu batasan yang harus dilakukan. Maka dari itu, ibu dan ayah harus tahu cara mengatasi anak yang iri dengan adiknya.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi momen ketika kakak ngiri sama adik, yaitu:

  1. Puji Anak yang Lebih Besar Telah Menjadi Kakak yang Baik

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kakak yang ngiri sama adiknya adalah dengan sering memuji sang kakak telah menjadi anak yang baik. Ibu pasti sering melihatnya merasa cemburu dengan adiknya, saat hal tersebut terjadi, cobalah untuk memujinya.

Selain itu, ibu juga harus peka ketika dirinya sedang menjadi kakak yang baik. Saat itulah momen yang tepat untuk memberikan pujian padanya. Dengan cara tersebut, dirinya akan lebih memberikan perlakuan positif pada adiknya. Hal tersebut juga dapat mengurangi perilaku buruk yang dilakukan kepada adiknya. Lalu, jika kamu mempunyai pertanyaan perihal mengasuh anak, dokter dari Halodoc dapat membantu.

Baca juga: Cara Cegah Persaingan Antara Kakak dan Adik

  1. Dorong untuk Bekerjasama, Bukan dengan Kompetisi

Salah satu cara untuk mengatasi anak yang iri dengan adiknya adalah dengan mendorong anak-anak agar saling bekerjasama, bukan dengan cara kompetisi. Jika kamu membiarkan anak-anak untuk saling berkompetisi, selamanya mereka akan saling berselisih satu sama lain bukan saling mengisi.

Hal tersebut karena semakin sedikit momen ketika dirinya melihat apabila adiknya bukan lawan, maka semakin dekat dirinya dengan adiknya. Ibu dapat melakukan cara itu agar anak tidak saling iri. Cobalah untuk membelikan mainan yang menuntut kerjasama satu sama lain yang dapat meningkatkan ikatan saudara di antara keduanya.

Baca juga: Begini Cara Bikin Kakak-Adik Akur

  1. Selalu Ikut sertakan Anak-Anak Ibu

Cara mengatasi anak yang iri dengan adiknya adalah dengan selalu mengikutsertakan dirinya dalam melakukan sesuatu, terutama ketika berhubungan dengan adiknya. Cobalah untuk memperlihatkan cara untuk mengganti popok atau saat sedang memandikannya. Dengan begitu, perasaan kakak ngiri sama adik tersebut dapat hilang. 

Referensi:
Globalnews.ca .Diakses pada 2019.Is your child jealous of their sibling? Here’s what parents can do
Sleepingshouldbeeasy.Diakses pada 2019.7 Things You Need to Do to Avoid Sibling Jealousy