10 August 2018

Kalau Anak Punya Cita-Cita yang Unik, Orangtua Harus Apa?

cita-cita anak, menghadapi cita-cita tak biasa

Halodoc, Jakarta – Jika ditanya soal cita-cita, anak kecil pada zaman dahulu biasanya akan menjawab ingin menjadi dokter, polisi, atau pilot. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini pilihan dan impian anak-anak kelihatan mulai beragam dan semakin unik saja. Misal, di tengah gempuran media sosial yang seakan sudah mendarah daging, ibu atau ayah mungkin pernah mendengar anak-anak kecil yang bercita-cita menjadi salah satu pelaku bidang tersebut, misalnya menjadi youtuber atau influencer.

Sebenarnya, sangat baik jika anak bisa mengetahui apa yang ia inginkan dan dapat mengutarakannya.   

Terkait cita-cita unik anak, tidak ada aturan bagaimana orangtua harus bersikap. Namun hal terpenting yang perlu orangtua ingat adalah bahwa anak adalah seorang individu yang memiliki minat, bakat, dan impiannya sendiri. Ini beberapa langkah untuk menyikapi cita-cita unik anak.

Baca juga: 4 Sikap Ibu yang Bisa Merusak Watak Anak

Menjadi Pendengar yang Baik

Cita-cita anak yang unik mungkin terdengar asing bagi ibu dan ayah. Karena itu ibu atau ayah sebaiknya mendengarkan dengan seksama apa yang Si Kecil sampaikan soal cita-citanya. Gali alasan dan motivasi yang mendorong Si Kecil untuk memilih cita-citanya. Ibu dan ayah akan menemukan sesuatu yang baru dan berbeda tentang anak dan dunianya. Jika ibu merasa tidak familier sama sekali, itu wajar dan tak masalah.

Orangtua mungkin memiliki harapan atau ekspektasi terhadap anak. Namun, jika ekspektasi orangtua berbeda dari yang Si Kecil inginkan, ibu dan ayah tak perlu khawatir atau tersinggung. Coba pelan-pelan tanyakan, apakah Si Kecil tahu bagaimana cara mencapai cita-cita tersebut dan apakah ia tahu hal-hal terkait tentang profesi yang diimpikan tanpa mengubur harapannya. Artinya, orangtua perlu bersikap objektif dengan menyampaikan peluang maupun risiko terkait pilihan Si Kecil.

Sampaikanlah segala hal yang ibu dan ayah ketahui agar anak lebih mengerti dan jelas terhadap apa yang ia inginkan. Jika Si Kecil tetap berkeras, maka mendukung dan tetap menuntunnya untuk menggapai cita-cita adalah hal terbaik.

Gali Lebih Banyak Informasi

Jika pilihan anak bukanlah sesuatu yang familier bagi ibu, cobalah cari tahu mengenai bidang pekerjaan yang diidamkan anak. Yang penting untuk diingat, orangtua harus bisa memahami anak yang lahir dan berkembang di zaman yang berbeda dengan ibu. Tak dapat dimungkiri, anak-anak yang lahir pada tahun belakangan ini sudah memiliki keunikan tersendiri, yaitu lahir serta tumbuh di era digital. Langkah ini penting sehingga orangtua bisa memberi bimbingan dan pendampingan agar anak bisa melangkah dengan mantap dan percaya diri. Sebaliknya, memaksakan anak untuk mengikuti kehendak orangtua malah berpotensi memicu masalah dan membuat anak kehilangan arah dan motivasi untuk menggali kemampuannya.

Baca juga: Fisik dan Mental Sehat Penunjang Keberhasilan Anak, Mengapa?

Menjadi Contoh bagi Anak

Orangtua juga bisa memberi dukungan dengan menjadi contoh yang baik bagi anak. Terutama saat ia tengah berjuang untuk menemukan dan menggapai cita-cita. Orangtua merupakan sosok yang dihormati anak. Sehingga sangat penting bagi orangtua untuk menunjukkan sikap optimis dan semangat agar buah hati pun menirunya.

Hal terakhir yang bisa orangtua lakukan adalah tetap menemani dan mendukung anak, serta fasilitiasi agar cita-citanya tercapai. Saat sedang berjuang, anak mungkin akan merasa lelah dan ingin menyerah. Saat itu, hindari untuk memarahi atau mengatakan “Apa ibu bilang, kamu enggak akan bisa jadi seperti itu,”. Sebab hal tersebut bisa sangat melukai anak.

Jika hal ini yang terjadi, sebaiknya orangtua tetap harus mengajak Si Kecil untuk berfikir positif dan memberinya motivasi. Bantu ia untuk menemukan solusi dan cara agar dapat mencapai cita-cita yang diinginkan.

Baca juga: 5 Cara Didik Anak Agar Cepat Mandiri

Selain dukungan, ibu juga bisa membantu anak mencapai cita-cita dengan menjaga tubuhnya tetap sehat. Jaga kesehatan sang buah hati dengan mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan. Lebih mudah beli vitamin atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!