• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kanker Serviks Bisa Menyebar ke 4 Bagian Tubuh Ini

Kanker Serviks Bisa Menyebar ke 4 Bagian Tubuh Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Bagi wanita, mendengar penyakit kanker serviks tentunya akan membuat rasa takut dan khawatir muncul. Kanker serviks merupakan salah satu penyakit kanker yang tumbuh pada sel-sel dalam rahim. Pada tahap awal, kanker serviks tidak menimbulkan gejala apapun, namun gejala akan dirasakan pengidap ketika kanker serviks sudah menyebar dalam tubuh.

Baca juga: Keputihan Abnormal, Benarkah Ciri Kanker Serviks?

Dilansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), nyatanya 92 ribu kasus kematian pada wanita di Indonesia disebabkan oleh penyakit kanker dan 10 persen jumlahnya disebabkan oleh penyakit kanker serviks. Tidak ada salahnya untuk selalu lakukan pencegahan agar para wanita dapat terhindar dari penyakit kanker serviks yang dapat menyebabkan komplikasi. Komplikasi yang terjadi akibat kanker serviks dapat memengaruhi beberapa bagian tubuh!

Mulai Ginjal hingga Tulang

Kanker serviks adalah jenis kanker yang menyerang leher rahim dan biasanya menyerang wanita yang aktif secara seksual. Beberapa tanda umum kanker serviks adalah pendarahan dan keputihan abnormal, di mana lendir yang keluar berbau amis. Kondisi ini juga disertai dengan rasa nyeri saat berhubungan intim, perubahan siklus menstruasi sampai keluarnya urine atau tinja lewat Miss V.

Penyebaran kanker serviks bisa meluas ke beberapa bagian tubuh. Ini disebabkan karena sel-sel kanker memisahkan diri dari jaringan inti dan menyerang jaringan normal di dekatnya. Daya perlekatan sel kanker yang kurang juga membuat sel kanker dapat dengan mudah menyebar bila terjadi penekanan pada bagian yang terkena kanker sehingga sel-sel kanker tersebut dapat dengan mudah menyusup ke jaringan normal.

1. Panggul

Di sinilah awalnya perkembangbiakan sel kanker hingga bisa menyebar ke bagian-bagian tubuh lainnya. Mulai dari bagian kandung kemih sampai ke hati. Untuk daerah panggul misalnya, biasanya penyebaran kanker serviks yang mencapai daerah panggul artinya seseorang tersebut sudah menginjak kanker stadium tiga. Tanda-tanda penyebaran kanker serviks di bagian panggul ditandai dengan nyeri pada panggul dan penurunan berat badan yang signifikan.

2. Ginjal

Kanker serviks yang tidak segera diatasi dapat sebabkan gangguan pada ginjal. Dilansir dari National Health Service UK, pada kasus kanker serviks yang sudah dalam tahap stadium lanjut, sel kanker menyebabkan penumpukan urine dalam ginjal. Kondisi ini menyebabkan setengah fungsi ginjal hilang bahkan paling parah menyebabkan kerusakan fungsi ginjal secara menyeluruh. Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan oleh pengidap gagal ginjal yang terkait dengan kanker serviks, seperti cuci darah.

Baca juga: Pengaruh Kontrasepsi IUD Terhadap Kanker Serviks

3. Tulang

Kanker serviks dapat menyebar hingga ke tulang. Dilansir dari Cancer Research UK, ketika kanker serviks telah menyebar ke tulang ada beberapa gejala yang dialami oleh pengidap kanker serviks, seperti rasa nyeri pada tulang. Tidak hanya itu, kanker serviks yang menyebar pada tulang nyatanya dapat menyebabkan tulang lebih rawan dan mudah patah.

Namun, sebaiknya jangan panik ketika kamu mengalami nyeri pada tulang. Nyeri pada tulang bukan menjadi satu-satunya gejala dari kanker serviks. Sebaiknya lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab nyeri tulang yang kamu alami. Selain itu, kamu juga bisa lakukan pemeriksaan kondisi kesehatan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

4. Organ Terdekat

Dilansir dari Healthline, kanker serviks dapat menyebar pada beberapa orang yang berada dekat dengan bagian tubuh yang mengalami penyakit kanker. Penyebaran pada beberapa organ di sekitar sudah menandakan kanker serviks berada pada stadium yang cukup parah.

Cara Pencegahan Kanker Serviks

Infeksi Human Papilloma Virus (HPV) menjadi penyebab kanker serviks yang utama. Namun, ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker serviks, seperti kebiasaan merokok, obesitas, infeksi klamidia, gangguan pada sistem imun tubuh, dan kurangnya mengonsumsi makanan sehat.

Baca juga: Mengidap Kanker Serviks, Bisakah Disembuhkan?

Jadi, tidak ada salahnya lakukan beberapa pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit kanker serviks, seperti melakukan tes pap smear bagi wanita yang aktif dalam kegiatan seksual.

Tidak hanya itu, pastikan kamu mendapatkan vaksin serviks untuk mencegah penyakit kanker serviks. Melakukan hubungan intim yang sehat dan menjalani gaya hidup yang baik juga dapat menjadi cara untuk mencegah kanker serviks.

 

Referensi:

Cancer Research UK. Diakses pada 2020. Symptoms of Advanced Cancer
Healthline. Diakses pada 2020. Can You Die From Cervical Cancer? 15 Things to Know About Diagnosis and Prevention
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Cervical Cancer
World Health Organization. Diakses pada 2020. Cancer Country Profile