Kanker Testis Sebabkan Kemandulan, Mitos atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Kanker Testis Sebabkan Kemandulan, Mitos atau Fakta?

Halodoc, Jakarta - Coba tebak, selain impotensi dan kualitas sperma yang kurang baik, faktor apalagi yang bisa memicu kemandulan pada pria? Bagaimana dengan kanker testis? Katanyanya, penyakit ini juga bisa menyebabkan kemandulan pada pria. Pertanyaannya, mitos atau fakta?

Sesuai namanya, kanker testis merupakan kondisi ketika sel-sel di testis tumbuh secara tak terkendali. Meski terbilang langka, kondisi ini paling sering terjadi pada pria di usia 15–49 tahun. Hal yang perlu kita digarisbawahi, kanker ini tak pandang bulu. Bahkan, orang yang sehat dan bugar pun tak luput dari serangan kanker testis. Enggak percaya? 

Lihat saja, contohnya Nathan Adrian, peraih lima medali emas cabang renang Olimpiade. Pria berusia 30 tahun ini, didiagnosis mengidap kanker testis setelah merasa ada yang tak beres pada testisnya.

Kembali ke pertanyaan di atas, benarkah kanker testis bisa sebabkan kemandulan pada pria? 

Baca juga: Perlu Tahu, 5 Penyakit Ini Umumnya Menyerang Testis

Bikin Mandul, Masa Sih? 

Untuk menjawab pertanyaan ini, tak ada salahnya menyimak studi dari Keck School of Medicine, California, Amerika Serikat. Studi ini menelisik antara penggunaan ganja yang bisa meningkatkan risiko kanker testis dan infertilitas (kemandulan). Lalu, apa hasil penelitiannya?

Menurut seorang asisten profesor yang terlibat dalam studi tersebut, ganja memang bisa menyebabkan karsinogenesis di bagian testis. Namun, para peneliti belum tahu pasti apa yang bisa memicunya. Ada dugaan risiko itu terjadi melalui sistem jaringan seluler yang merespons bahan aktif dalam ganja (endocannabinoid), karena sistem ini terbukti penting dalam pembentukan sperma. 

Dalan penelitian di atas, jenis kanker testis yang risikonya meningkat akibat penggunaan ganja adalah sel tumor non-seminoma dan mix-germ. Meski germ cells (se-sel benih) enggak akan kena kanker kalau langsung di matikan, tetapi hal ini akan sangat berdampak pada kesuburan pria. Apalagi karena biasanya menyerang di usia muda, maka yang paling dikhawatirkan adalah risiko kemandulan.

Rasanya memang perlu studi lanjut untuk menyingkap hubungan antara kanker testis dan kemandulan. Namun, hal yang mesti digarisbawahi, masalah pada testis memang bisa menyebabkan kemandulan. Contohnya, varikokel atau varises pada testis. 

Varikokel merupakan penyebab umum dari produksi sperma yang rendah dan penurunan kualitas sperma. Tak cuma itu, varikokel juga bisa membuat testis menyusut. Semua hal ini sangat berisiko menyebabkan kemandulan pada pria. 

Baca juga: Mr. P Melengkung ketika Ereksi, Waspada Gejala Kanker

Oleh sebab itu, tanyakan kepada dokter bila merasakan adanya keanehan pada testis. Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Selanjutnya, bagaimana dengan gejala kanker testis? 

Bukan Cuma Nyeri dan Benjol

Ketika seseorang terserang kanker testis, dirinya bisa mengalami beberapa gejala. Umumnya, mereka akan merasakan nyeri pada bagian testis. Namun, gejala kanker testis tak cuma itu saja. Nah, berikut ini gejala-gejalanya. 

  • Benjolan atau pembesaran di salah satu testis yang disertai rasa nyeri;

  • Perasaan berat dan sakit pada skrotum (sakitnya bisa datang dan pergi);

  • Nyeri tumpul pada perut bagian bawah atau pangkal paha;

  • Skrotum membesar karena terisi cairan;

  • Sakit punggung; dan

  • Penumpukkan cairan di dalam skrotum, pengidapnya merasa gampang lelah ketika sel kanker tumbuh di dalam testis.

Mau terhindar dari kanker testis? Makanya, terapkanlah gaya hidup sehat (rutin berolahraga dan makan bergizi seimbang) dan jauhi faktor risiko yang bisa memicu kanker. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
WebMD (2019). Testicular Cancer—Topic Overview
Mayo Clinic (2019). Disease and Conditions: Testicular Cancer