Perlu Tahu, 5 Penyakit Ini Umumnya Menyerang Testis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Penyakit pada testis

Halodoc, Jakarta - Testis atau buah zakar merupakan bagian penting dalam sistem reproduksi pria. Testis adalah dua organ yang berbentuk oval seukuran buah zaitun. Kedua organ tersebut berada di dalam skrotum, yaitu kantong kulit yang menggantung di belakang Mr P. Testis berfungsi untuk membuat hormon pada pria, termasuk hormon testosteron yang berfungsi untuk memproduksi sel-sel sperma dan sel-sel reproduksi lainnya pada pria. Pria perlu tahu, beberapa penyakit yang umumnya menyerang testis!

Baca juga: Hati-hati Alami Kemandulan, Ini Cara untuk Mencegah Penyakit Varikokel

Pria Perlu Tahu, Penyakit Ini Umum Menyerang Testis

Testis atau buah zakar merupakan satu organ yang sangat sensitif dan rentan terhadap cedera. Adanya benjolan pada testis merupakan salah satu hal yang paling menakutkan bagi kaum pria. Karena testis memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan dan fungsi seksual seorang pria. Berikut ini beberapa penyakit yang umum menyerang testis, antara lain:

  • Epididimitis

Epididimitis merupakan kondisi ketika terjadinya pembengkakan pada saluran bagian belakang testis yang membawa sperma dari testis menuju uretra. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau penyakit menular seksual (PMS). Epididimitis biasanya menyerang pria yang berusia 19-35 tahun.

Epididimitis muncul ditandai dengan gejala demam ringan, epididimitis terasa nyeri dan bengkak, buang air kecil yang sering dan terasa sakit, nyeri pada Mr P, berhubungan intim yang terasa sakit, dan adanya darah pada sperma saat ejakulasi.

  • Trauma Testis

Trauma testis biasanya muncul karena testis pernah mengalami cedera saat terhantam benda keras, atau tertendang. Pria dengan kondisi ini biasanya akan merasa mual dalam beberapa waktu. Trauma testis ringan biasanya akan menghilang secara perlahan dalam waktu kurang dari satu. Namun, jika rasa sakit enggak juga hilang dalam waktu lebih dari satu jam, dan testis bengkak atau memar, ini merupakan gejala cedera testis yang serius dan perlu segera ditangani.

Baca juga: Gondongan Bisa Muncul di Testis, Apakah Berbahaya?

  • Kanker Testis

Kanker testis bukan penyakit yang menular dan bisa disembuhkan sepenuhnya. Pengobatan pada kanker testis dilakukan tergantung pada jenis kanker dan stadium tumor yang dialami. Penyakit ini biasanya terjadi pada pria berusia 30-35 tahun.

Kanker testis muncul dengan gejala skrotum terasa berat, nyeri pada perut atau selangkangan yang terasa panas, rasa nyeri dan tidak nyaman pada testis atau skrotum, sakit punggung, serta nyeri pada dada.

  • Varikokel

Varikokel merupakan pembengkakan pembuluh darah vena dalam skrotum. Kondisinya mirip dengan varises. Penyakit ini dapat terjadi pada salah satu sisi atau kedua sisi skrotum. Varikokel bisa disebut juga dengan varises testis. Kondisi ini bisa menyebabkan buah zakar jadi bengkak dan meregang.

Varikokel ditandai dengan benjolan yang muncul secara tiba-tiba pada salah satu skrotum, buah zakar membengkak dan terasa sakit, garis pembuluh darah di bagian atas testis membesar, serta mengalami nyeri yang timbul lalu hilang dan berulang dalam waktu yang lama.

  • Hidrokel

Hidrokel merupakan penumpukan cairan berair yang tidak terasa menyakitkan pada satu, atau kedua testis. Kondisi ini menyebabkan skrotum dan area selangkangan membengkak. Penyakit ini bisa dialami oleh bayi yang baru lahir, dan pada pria yang berusia lebih dari 40 tahun.

Kondisi ini sering enggak menimbulkan gejala. Gejala yang muncul biasanya nyeri, bengkak, dan berwarna kemerahan pada buah zakar, atau adanya sensasi rasa tertekan pada daerah bawah Mr P. Hidrokel bisa terjadi pada satu atau kedua sisi testis.

Baca juga: Pengaruh Varikokel pada Tingkat Kesuburan Pria

Kamu merasa ada yang salah dengan testis kamu? Kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui Chat atau Voice/Video Call mengenai masalah kesehatan kamu. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!