30 April 2018

Katanya, Pria Berambut Pendek Lebih Awet Muda, Benarkah?

Katanya, Pria Berambut Pendek Lebih Awet Muda, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Lepas dari masa sekolah, pria umumnya akan membiarkan rambutnya memanjang. Meski demikian, memanjangkan rambut bagi pria justru akan membuat penampilan mereka jauh dari kata rapi. Ini tentu sangat berbeda dengan wanita yang memang terlihat anggun dengan model rambut panjang.

Tahukah kamu mengapa pria disarankan untuk memiliki model rambut pendek atau cepak? Ternyata, rambut pendek atau cepak menjadi salah satu ciri pria awet muda. Meski berantakan, pria dengan rambut pendek akan lebih menarik perhatian dibandingkan dengan pria berambut gondrong.

Pakar rambut Jon Reyman menuturkan bahwa mempertahankan awet muda pada pria amat mudah dilakukan. Cukup dengan memotong rambut di atas garis leher. Agar tampak lebih maskulin, tipiskan bagian atasnya. Bisa juga dengan menambahkan pomade supaya rambut kamu jadi lebih mudah diatur.

Baca juga: Pria Metroseksual di Mata Wanita, Yay or Nay?

Manfaat Lain Memiliki Rambut Pendek

Rambut pendek tak hanya sebagai salah satu ciri pria awet muda dan mampu memikat hati wanita, ini manfaat lain yang akan kamu dapatkan:

Rambut Pendek Mudah Dirawat

Pertama, kamu tak akan menghabiskan banyak waktu untuk mengatur atau merawat rambut. Coba bayangkan kalau kamu memiliki rambut panjang. Kamu harus menyisirnya sesering mungkin supaya tidak kusut. Dalam keadaan basah, kamu akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengeringkannya, terlebih kalau kamu tidak memiliki hair dryer.

Tidak Membuat Kepala Jadi Gerah

Rasa gerah yang menyerang kulit kepala itu wajar, apalagi kalau kamu lebih sering beraktivitas di luar ruangan. Nah, kalau kamu berambut pendek, angin akan mengurangi rasa gerah pada leher dan kulit kepala. Jika berambut panjang, kamu tentu harus mengikatnya ke atas untuk mengurangi rasa panas. Kamu harus tahu, rasa gerah akan membuat kulit kepala berminyak yang memicu munculnya ketombe.

Rambut Pendek Lebih Hemat Biaya

Memelihara dan merawat rambut pendek tentu tidak akan menghabiskan banyak biaya. Kamu hanya perlu memotongnya dua sampai tiga bulan sekali dan merapikannya dengan minyak rambut. Berbeda dengan rambut panjang yang memerlukan biaya ekstra untuk mencegah terjadinya kerontokan, ketombe berlebih, hingga rambut bercabang.

Baca juga: Lakukan Ini untuk Tingkatkan Stamina Seksual Pria

Maksimalkan Penampilan dengan Menumbuhkan Jenggot

Beberapa pria—terlebih yang telah berusia di atas 30 tahun—akan menumbuhkan jenggot untuk memaksimalkan penampilan mereka agar terlihat lebih macho. Tak hanya itu, menumbuhkan jenggot ternyata juga bisa menyembunyikan leher yang mulai terlihat kendur. Meski demikian, jenggot ini harus tetap tercukur rapi, karena jenggot yang tidak terpelihara juga bisa menyebabkan wajah kamu terlihat lebih tua.

Awet Muda Tak Hanya dari Model dan Potongan Rambut

Ciri pria awet muda tak hanya ditentukan dari panjang atau pendeknya rambut, lho. Pria juga perlu mengimbanginya dengan cukup istirahat. Seperti yang dikatakan oleh seorang pakar kesehatan bermana Michael Breus, semua orang—tak terkecuali pria—yang kurang tidur akan memiliki lingkaran hitam di bawah mata dan kulit kusam. Tentu saja, ini akan menjauhkan pria dari kesan awet muda meskipun memiliki potongan rambut pendek.

Selain cukup istirahat, jangan lupa untuk rutin berolahraga. Manfaatkan akhir pekan untuk melakukan jogging atau bersepeda santai. Tak harus lama, kok, tiga puluh menit saja sudah cukup.


Sekarang, kamu sudah tahu kan apa saja ciri pria awet muda itu? Kalau masih ada hal-hal tentang awet muda yang ingin kamu ketahui, tanyakan saja pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa download di Google Play Store atau App Store. Selain bertanya pada dokter, Halodoc juga bisa kamu pakai untuk melakukan cek lab dan beli vitamin langsung dari ponselmu, lho!