• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gaya Rambut yang Sesuai dengan Bentuk Wajah

Gaya Rambut yang Sesuai dengan Bentuk Wajah

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat meningkatkan rasa percaya diri. Tidak hanya sehat dan terlihat berkilau, potongan rambut yang cocok pada wajah juga menambah penilaian terhadap penampilan seseorang, khususnya untuk wanita. Saat memilih potongan rambut, ada beberapa hal yang perlu diketahui, salah satunya adalah bentuk wajah. 

Baca juga: Jenis-Jenis Sisir untuk Gaya Rambut Memukau

Potongan rambut yang baru akan terlihat semakin menarik dengan bentuk wajah yang kamu miliki. Daripada mengikuti potongan rambut yang sedang tren, mengapa tidak mencoba potongan rambut yang sesuai dengan bentuk wajah kamuk? Yuk, cari tahu gaya rambut yang sesuai dengan bentuk wajah kamu.

Kenali Bentuk Wajah Kamu

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui bentuk wajahmu. Caranya mudah, kamu hanya perlu menyibakkan rambut hingga seluruh wajah terlihat dengan jelas. Jangan lupa berdiri di depan kaca agar dapat memerhatikan bentuk wajah dengan tepat. Perhatikan area dahi, tulang pipi, garis rahang, dan dagu.

Jika kamu memiliki panjang dan lebar yang hampir sama, kemungkinan kamu memiliki bentuk wajah bulat atau segi empat. Berbeda dengan kondisi wajah yang memiliki lebar pada area dahi dan mengecil di sekitar dagu, maka kamu memiliki bentuk wajah oval. Nah, setelah mengenali bentuk wajah, kamu bisa memilih potongan rambut yang sesuai.

Baca juga: Jaga Penampilan Rambut Tetap Maksimal Saat Liburan dengan Cara Ini

Gaya Rambut yang Sesuai dengan Bentuk Wajah

Potongan rambut yang disesuaikan dengan bentuk wajah memiliki hasil yang lebih memuaskan. Sebaiknya ketahui gaya rambut yang cocok dengan beberapa jenis bentuk wajah, di sini!

1. Square Face

Dilansir dari Cosmopolitan, ada beberapa gaya rambut yang bisa dicoba bagi pemilik square face. Rambut model potongan layer panjang bisa menjadi gaya rambut yang bisa dicoba. Tidak hanya itu, kamu bisa mencoba untuk menambahkan poni pada potongan rambut baru agar memberikan efek wajah yang lebih bulat.

2. Oval Face

Jika kamu memiliki bentuk wajah oval, kamu tidak perlu khawatir terhadap bentuk potongan rambut kamu yang baru. Dengan bentuk wajah oval, kamu dapat mencoba berbagai gaya rambut. Bentuk wajah oval menjadi salah satu bentuk wajah yang proporsional sehingga bebas mencoba gaya rambut. Sebaiknya tetap lakukan perawatan pada rambut agar kesehatan rambut tetap terjaga. Gunakan aplikasi Halodoc jika kamu mengalami masalah pada rambut agar dapat teratasi. Kini kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi.

3. Round Face

Potongan rambut yang tepat dapat menutupi area wajah di sekitar tulang pipi agar tidak terlihat bulat. Model rambut paling tepat untuk pemilik wajah bulat adalah layer. Tidak hanya itu, kamu bisa mencoba gaya rambut bob layer dengan model panjang bertumpu pada dagu dan tinggi di bagian belakang rambut.

Baca juga: Katanya, Pria Berambut Pendek Lebih Awet Muda, Benarkah?

Itulah beberapa gaya rambut yang cocok untuk beberapa jenis bentuk wajah. Tidak ada salahnya mencoba hal-hal yang baru agar kamu terlihat lebih segar dan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Jangan lupa untuk tetap merawat rambut agar kesehatan rambut terjaga dan terhindar dari gangguan kesehatan, salah satunya rontok dan ketombe.

Referensi:
Cosmopolitan. Diakses pada 2020. 10 Hairstyles for Square Faces You Need to Try
Style Caster. Diakses pada 2020. Face Time: Best and Worst Hairstyles For Your Face Shape
The Trend Spotter. Diakses pada 2020. The Most Flattering Haircuts for Your Face Shape