04 December 2018

Kenali Gejala Awal Kanker Paru-paru

Kenali Gejala Awal Kanker Paru-paru

Halodoc, Jakarta - Kanker paru-paru adalah suatu penyakit yang terjadi karena sel-sel tumbuh tidak terkendali pada paru-paru. Umumnya, penyakit ini menyerang para perokok yang aktif atau pun pasif. Penyakit ini merupakan salah satu yang mematikan karena sulitnya untuk mendiagnosis apabila seseorang mengidapnya. Kebanyakan orang baru menyadari bahwa ia mengidap kanker paru-paru ketika penyakitnya telah berkembang.

Pada tahap awal, tidak ada gejala yang khusus untuk menandakan seseorang mengidap kanker paru-paru. Oleh karena itu, biasanya pengidap terlambat mendapat pengobatan. Akibatnya, tingkat keberhasilan pengobatan menjadi rendah apabila kanker tidak diobati sejak dini. Untuk hal tersebut, ada baiknya mengenali gejala dari kanker paru-paru yang terjadi pada tahap awal, yaitu:

  1. Batuk yang Tidak Kunjung Sembuh

Salah satu gejala awal kanker paru-paru adalah batuk yang tidak kunjung sembuh, meski telah meminum obat. Batuk adalah cara tubuh untuk bereaksi pada sistem pernapasan yang mengalami masalah. Batuk yang tidak kunjung sembuh dalam waktu lebih dari dua minggu dapat menjadi indikator penyakit serius, seperti kanker paru-paru. Apabila hal tersebut terjadi, cobalah untuk melakukan check up di rumah sakit.

  1. Penurunan Berat Badan

Seseorang yang mengidap kanker paru-paru dapat mengalami penurunan berat badan secara drastis. Hal tersebut dikarenakan sel kanker menggunakan seluruh energi dan nutrisi dari tubuh untuk berkembang. Maka dari itu, jika kamu mengalami penurunan berat badan secara drastis ketika tidak melakukan perubahan gaya hidup, segera lakukan diskusi dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Dada Terasa Nyeri ketika Menarik Napas

Dada terasa nyeri ketika menarik napas merupakan gejala awal kanker paru-paru. Rasa nyeri yang terjadi pada pengidap paru-paru tidak hanya terasa di dada, tetapi juga di bahu dan punggung. Nyeri ini dapat muncul dan hilang secara tiba-tiba. Rasa nyeri pada dada akan semakin terasa ketika pengidapnya menarik napas dalam, batuk, atau pun tertawa.

  1. Sesak Napas

Sesak napas juga menjadi salah satu gejala awal kanker paru-paru. Apabila kamu merasa mudah terengah-engah ketika melakukan kegiatan yang simpel, seperti naik tangga atau hanya berjalan untuk jarak yang dekat, mungkin kamu mengidap kanker paru-paru. Sesak napas mungkin saja berasal dari tumor yang menghalangi tenggorokan. Selain itu, sesak napas juga dapat terjadi karena penumpukan cairan di dada, sehingga menekan paru-paru yang menahan suplai udara yang masuk.

  1. Tubuh Terasa Sakit

Seluruh tubuh terasa sakit bisa jadi indikator gejala awal kanker paru-paru. Sakit terasa dari kepala hingga gangguan keseimbangan dapat menjadi salah satu faktor seseorang mengidap kanker paru-paru. Apabila hal ini terjadi, mungkin kanker telah menyebar hingga otak atau sumsum tulang belakang. Apabila mata dan kulit telah menguning, mungkin kanker telah menyebar ke hati hingga kelenjar getah bening.

  1. Mengeluarkan Suara Ketika Menarik Napas

Seseorang yang mengeluarkan suara ketika menarik napas dapat menjadi gejala awal kanker paru-paru. Walaupun sebenarnya hal ini merupakan tanda untuk penyakit, seperti alergi atau asma. Namun, tidak menutup kemungkinan ketika seseorang mengeluarkan suara saat bernapas, saluran paru-parunya telah tertumpuk oleh tumor sehingga berat ketika bernapas.

Itu lah gejala awal kanker paru-paru yang mungkin terjadi. Apabila kamu mempunyai gejala-gejala seperti di atas, mungkin saja kamu mengidap penyakit kanker paru-paru. Jika hal tersebut terjadi, cobalah untuk berdiskusi dengan dokter dari Halodoc. Caranya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Baca juga: