• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat dan Cara Menerapkan Sleep Training pada Bayi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat dan Cara Menerapkan Sleep Training pada Bayi

Kenali Manfaat dan Cara Menerapkan Sleep Training pada Bayi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 November 2022

“Sleep training dilakukan untuk melatih bayi dapat tidur sendiri selama beberapa jam dan terjadwal. Sleep training tidak hanya bermanfaat untuk kualitas tidur bayi, tapi juga kualitas tidur orang tua.”

Kenali Manfaat dan Cara Menerapkan Sleep Training pada BayiKenali Manfaat dan Cara Menerapkan Sleep Training pada Bayi

Halodoc, Jakarta – Bayi yang baru lahir menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Untuk tahun pertama kehidupannya, bayi membutuhkan sekitar 9 hingga 12 jam tidur per hari, selain tidur siang rutin. Masalahnya, bayi cenderung tidur dengan cepat, terbangun di malam hari, dan tidur lama di siang hari. 

Bayi membutuhkan sekitar 3 hingga 6 bulan untuk mengembangkan jam tidur internal, atau ritme sirkadian. Dengan begitu, bayi secara alami tidur lebih banyak di malam hari, dan lebih banyak terjaga di siang hari. Untuk melatih hal tersebut dan agar orang tua pun bisa tidur nyenyak di malam hari, maka sleep training mungkin diperlukan.

Pertanyaannya, apa saja manfaat dan cara menerapkan sleep training pada bayi?

Manfaat Sleep Training Bayi

Tujuan dari sleep training adalah agar bayi merasa nyaman tidur selama beberapa jam sepanjangan malam dengan sendirinya. Jika mereka bangun, mereka akan belajar menenangkan diri dan tertidur kembali. 

Setelah bayi dilatih tidur, ia dapat tidur 9 hingga 12 jam di malam hari. Dengan tidur yang lebih nyenyak, Si Kecil akan merasa lebih baik di siang hari. Begitu juga dengan orang tua, yang dapat meningkatkan kualitas tidur pasca persalinan. 

Dengan beberapa metode pelatihan tidur, bayi dapat tidur sendiri dalam hitungan hari. Beberapa metode dilakukan secara lembut yang meminimalkan tangisan, tapi prosesnya bisa memakan waktu lebih lama. Meskipun begitu, tidak ada cara yang tepat untuk melatih tidur, dibutuhkan konsistensi dan kesabaran agar berhasil.

Penelitian juga menunjukkan bahwa sleep training dapat meningkatkan tidur bayi dan kesejahteraan emosional ibu, dengan mengurangi jumlah bayi bangun di malam hari. Hal tersebut tentu juga berpengaruh pada suasana hati dan kualitas tidur ayah dan ibu ketika bayi kurang tidur. 

Dengan kata lain, sleep training juga bermanfaat bagi orang tua untuk menurunkan tingkat kelelahan, meningkatkan kualitas tidur, dan suasana hati pun jadi lebih positif.

Metode Sleep Training pada Bayi yang Dapat Diterapkan

Para peneliti menemukan beberapa metode sleep training. Namun, ingatlah tidak ada metode yang cocok untuk semua orang. Jika satu metode tidak berhasil, maka jangan menyerah, melainkan segera beralih ke metode lainnya. Ingat juga, tidak ada cara yang salah atau benar yang dilakukan, semuanya tergantung pada kesabaran dan konsistensi ayah dan ibu.

1. Cry-It-Out Method

Metode ini dilakukan dengan membiarkan bayi berbaring di tempat tidur dan menangis sendiri saat mereka bangun di malam hari, daripada menggendongnya untuk menenangkannya. Penelitian menunjukkan bahwa, seiring waktu, bayi mulai lebih jarang menangis setelah ia dibiarkan menangis. 

2. Menangis terkendali

Metode sebelumnya mengharuskan orang tua untuk mengabaikan semua tangisan, kecuali jika seorang anak sakit atau terluka. Namun, metode tangisan terkontrol ini dilakukan dengan mengabaikan tangisan bayi untuk jangka waktu tertentu dan secara bertahap meningkatkan jangka waktunya. 

3. Camping out method

Metode selanjutnya yaitu camping out method. Metode ini memungkinkan orang tua untuk memasuki kamar saat bayi menangis, sebagai respon terhadap tangisan. Orang tua juga bisa tidur di kamar bayi, tapi harus sedikit bicara dan tidak menggendong bayi. Sebab, dengan kehadiran ayah dan ibu sudah cukup menenangkan bayi. Seiring waktu, kehadiran orang tua tidak diperlukan untuk membantu bayi tertidur kembali.

4. Bedtime Fading

Cara ini dilakukan dengan menidurkan bayi secara progresif lebih awal atau lebih lambat setiap malam, sampai Si Kecil mencapai waktu tidur yang diinginkan. Seiring berjalan waktu, jumlah bayi terbangun di malam hari akan berkurang hingga akhirnya tidak ada sama sekali. 

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat sleep training  bagi bayi dan orang tua. Jika Si Kecil menangis di malam hari karena sakit, sebaiknya segera kunjungi dokter. Ayah dan ibu juga bisa membuat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Sleep Doctor. Diakses pada 2022. How to Sleep Train Babies
Sleep Foundation. Diakses pada 2022. Sleep Training
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Sleep Training