28 March 2018

Kenapa Harus Mencintai Diri Sendiri?

Kenapa Harus Mencintai Diri Sendiri?

Halodoc, Jakarta – Ungkapan mencintai diri sendiri memang terdengar mudah, tapi untuk beberapa orang, mencintai diri sendiri tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika mereka pernah mendapatkan komentar negatif dari orang lain, misalnya tentang berat badan, tinggi badan, jerawat, dan lain-lain.

Nah, agar bisa berdamai dengan diri sendiri, kamu perlu belajar untuk mencintai diri sendiri juga. Karena dengan mencintai diri sendiri, kamu bisa menerima kelebihan dan kekurangan diri tanpa syarat. Apa saja manfaat mencintai diri sendiri?

1. Lebih Bahagia

Mencintai diri sendiri bisa bikin kamu lebih bahagia. Ini karena dengan mencintai diri sendiri, kamu bisa lebih berdamai dengan kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Kamu bisa menerima kelebihan tanpa tinggi hati dan menerima kekurangan diri tanpa ditutup-tutupi. Kalau kamu merasa tidak punya kelebihan apapun, kamu bisa menanyakan kepada teman tentang kelebihan apa yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa lebih percaya diri dan berfokus pada hal-hal yang baik. Jadi saat orang lain bicara hal negatif, kamu tidak akan memandang diri kamu seperti apa yang orang lain katakan, karena kamu tahu bahwa setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. (Baca juga: Enggak Perlu Iri, Jomblo Juga bisa Bahagia)

2. Hidup Lebih Sehat

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Health Psychology menemukan bahwa mencintai diri sendiri bisa mendorong kamu untuk hidup lebih sehat. Ini karena saat kamu mencintai diri sendiri, kamu akan memperlakukan diri kamu sebaik mungkin, salah satunya dengan hidup sehat. Selain itu, mencintai diri sendiri juga bisa mencegah kamu dari gangguan mental seperti kecemasan dan depresi. Karena sebuah studi menyebutkan bahwa seseorang yang mencintai diri sendiri akan lebih optimis dalam menjalani kehidupan sehingga mereka akan terhindari dari stres yang bisa menyebabkan depresi.

3. Lebih Positif

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science menyebutkan bahwa pasangan yang baru saja bercerai dan memberikan semangat pada diri sendiri dengan kalimat-kalimat positif mampu melewati masa-masa perpisahan yang berat dibandingkan dengan mereka yang mengkritik diri sendiri. Ini berarti mencintai diri sendiri mampu membantu kamu melewati masa-masa sulit lebih mudah. Dengan mencintai diri sendiri, kamu akan lebih mudah melihat hal-hal positif yang mendorong kamu untuk lebih fokus dalam menjalani kehidupan.

4. Lebih Menikmati Hidup

Mencintai diri sendiri bisa membuat kamu lebih menikmati hidup. Ini karena saat kamu mencintai diri sendiri, segala hal yang ada di sekitar kamu terasa lebih nikmat dan berharga. Kamu akan melihat semuanya dengan perspektif yang lebih positif sehingga kamu lebih mensyukuri segala sesuatu yang kamu miliki dan alami. Pada akhirnya, mencintai diri sendiri bukan hanya mengubah kamu secara fisik, namun juga secara psikologis dan emosional. Dan saat kamu berhasil mencintai diri sendiri, orang lain akan ikut merasakan energi positif yang terpancar dalam diri atau dikenal dengan inner beauty.  

Selain menerima diri sendiri, bentuk lain dari mencintai diri sendiri adalah peduli dengan kesehatan. Jadi, kalau kamu punya keluhan kesehatan, jangan ragu untuk bicara dengan dokter. Kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter Halodoc kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.