Ini Dokter Spesialis yang Bisa Tangani Gangguan Prostat

5 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   02 Februari 2024

“Penyakit prostat nyatanya tidak bisa kamu sepelekan karena bisa menyebabkan komplikasi berbahaya. Jika kamu atau orang terdekat merasa mengalami gejalanya, segera hubungi dokter spesialis urologi di Halodoc untuk mendapatkan saran pengobatan.”

Ini Dokter Spesialis yang Bisa Tangani Gangguan ProstatIni Dokter Spesialis yang Bisa Tangani Gangguan Prostat

DAFTAR ISI

  1. Berbagai Jenis Gangguan Prostat
  2. Rekomendasi Dokter yang Bisa Bantu Obati Penyakit Prostat
    1. dr. Reza Maulana M.Si, Sp.U
    2. dr. Ben Mantiri Sp.U
    3. dr. Dian Paramita Oktaviani S Sp.U, M.Ked.Klin

Halodoc, Jakarta – Penyakit prostat mengacu pada berbagai kondisi kesehatan yang dapat memengaruhi kelenjar prostat. Dalam dunia medis, prostat dikenal sebagai organ kecil yang terletak di bawah kandung kemih pada pria.

Ada beberapa bentuk penyakit prostat, seperti pembesaran prostat atau yang lain berkaitan dengan peradangan atau bahkan kanker. Jika seseorang mengalami gejala yang mungkin terkait dengan prostat, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk perawatan yang tepat. 

Berbagai Jenis Gangguan Prostat

Ada beberapa jenis gangguan prostat yang perlu kamu ketahui, yaitu: 

1. Hiperplasia prostat (BPH)

Hiperplasia prostat adalah kondisi di mana prostat mengalami pembesaran yang tidak bersifat kanker.

Ini adalah kondisi yang sangat umum pada pria yang lebih tua dan dapat menyebabkan gejala seperti kesulitan buang air kecil, seringnya buang air kecil, atau perasaan bahwa kandung kemih tidak sepenuhnya kosong.

Selain itu, kamu juga perlu tahu dulu Fungsi Utama Kelenjar Prostat pada Tubuh.

2. Prostatitis

Prostatitis adalah peradangan prostat yang bisa bersifat akut atau kronis. Ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau faktor non-bakteri.

Gejala prostatitis meliputi nyeri atau ketidaknyamanan di daerah panggul, kesulitan buang air kecil, atau nyeri saat ejakulasi.

3. Kanker prostat

Kanker prostat adalah pertumbuhan sel-sel ganas di dalam prostat. Kanker prostat biasanya berkembang perlahan dan mungkin tidak menimbulkan gejala pada tahap awal.

Namun, dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan gejala seperti kesulitan buang air kecil, nyeri pinggul, atau disfungsi ereksi.

Nah, setiap kondisi ini memerlukan penanganan dan manajemen yang berbeda.

Diagnosis dan penanganan harus dilakukan oleh profesional kesehatan, seperti dokter urologi.

Tes dan pemeriksaan biasanya akan dokter minta pengidapnya lakukan untuk menentukan jenis penyakit prostat yang mungkin ada dan merencanakan perawatan yang sesuai.

Rekomendasi Dokter yang Bisa Bantu Obati Penyakit Prostat

Apabila kamu atau orang terdekat mengalami gejala gangguan prostat, segera hubungi dokter di Halodoc agar masalah bisa terdeteksi dan mendapatkan penanganan segera.

Nah, berikut beberapa dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun yang bisa kamu hubungi untuk pengobatan penyakit prostat.

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

Ini daftarnya:

1. dr. Reza Maulana M.Si, Sp.U

Reza Maulana M.Si, Sp.U adalah salah satu dokter yang bisa membantumu mengatasi berbagai penyakit yang berkaitan dengan prostat. 

Ia telah menyelesaikan studi kedokteran umum di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala pada 2008. Beberapa tahun setelahnya, ia pun melanjutkan studi ke Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis urologi pada 2022.

dr. Reza Maulana M.Si, Sp.U kini membuka praktik di Banda Aceh dan masih menjadi anggota aktif Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI ).

Berbekal pengalaman selama 16 tahun, dr. Reza Maulana M.Si, Sp.U melayani konsultasi di Halodoc seputar masalah prostat, dan masalah pada bagian saluran kemih lain seperti kandung kemih, ginjal, ureter, dan uretra.

Chat dr. Reza Maulana M.Si, Sp.U mulai dari Rp 80.000,- di Halodoc.

2. dr. Ben Mantiri Sp.U

Ben Mantiri Sp.U juga bisa membantumu mendapatkan perawatan terkait gangguan prostat. 

Ia mendapatkan gelar dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana pada 2011, setelah itu ia melanjutkan studinya ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis urologi pada 2023.

Ia kini praktik di Jakarta Selatan dan masih menjadi anggota aktif Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI ).

Dengan bekal pengalaman selama 12 tahun, dr. Ben Mantiri Sp.U siap melayani konsultasi di Halodoc seputar masalah prostat, dan masalah pada bagian saluran kemih lain seperti kandung kemih, ginjal, ureter, dan uretra.

Chat dr. Ben Mantiri Sp.U mulai dari Rp 150.000,- di Halodoc.

3. dr. Dian Paramita Oktaviani S Sp.U, M.Ked.Klin

Dian Paramita Oktaviani S Sp.U, M.Ked.Klin adalah almunus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang juga bisa memberikan perawatan terkait masalah prostat.

Ia mendapatkan gelar dokter umum pada 2012 dan kemudian melanjutkan studi di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis urologi pada 2021.

Ia kini praktik di Surabaya, Jawa Timur dan tercatat masih menjadi anggota aktif Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI).

Berbekal pengalaman selama 11 tahun, dr. Dian Paramita Oktaviani S Sp.U, M.Ked.Klin siap melayani konsultasi di Halodoc seputar masalah prostat, dan masalah pada bagian saluran kemih lain seperti kandung kemih, ginjal, ureter, dan uretra.

Chat dr. Dian Paramita Oktaviani S Sp.U, M.Ked.Klin mulai dari Rp 80.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa pilihan dokter spesialis urologi yang bisa kamu hubungi di Halodoc.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apa lagi? Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Better Health. Diakses pada 2024. Prostate disease.
Medline Plus. Diakses pada 2024. Prostate disease.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Benign prostatic hyperplasia (BPH).
Everyday Health. Diakses pada 2024. Prostate Problems, Complications, and Treatments.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan