Trichiasis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Trichiasis

Trichiasis adalah kelainan pertumbuhan bulu mata dimana bulu mata tumbuh ke dalam menuju bola mata. Trichiasis merupakan masalah kelopak mata yang umum terjadi. Siapa pun dapat terkena trichiasis. Bulu mata yang tumbuh kedalam bergesekan dengan kornea, konjungtiva, dan permukaan bagian dalam kelopak mata. Kondisi ini dapat mengakibatkan iritasi pada bagian tersebut dan menimbulkan beberapa gejala.

 

Faktor Risiko Trichiasis

Beberapa kondisi tertentu dapat meningkatkan risiko seseorang terkena trichiasis:

  • Epiblepharon. Kondisi ini merupakan kelainan bawaan dimana terdapat kulit longgar di sekitar mata yang membentuk lipatan. Akibatnya bulu mata tumbuh pada posisi vertikal. Sebagian besar kelainan ini ditemukan pada anak-anak keturunan Asia.

 

Penyebab Trichiasis

Terkadang orang mengalami trichiasis dan tidak diketahui penyebabnya. Walaupun dapat terjadi pada siapa saja, kelainan ini lebih sering terjadi pada dewasa. Beberapa penyebab trichiasis meliputi:

  • Infeksi : Trachoma merupakan infeksi pada mata dan kelopak mata yang disebabkan oleh Chlamydia trachomatis. Bakteri ini dapat menyebabkan peradangan pada folikel bulu mata sehingga menimbulkan trichiasis. Infeksi lainnya yang dapat menyebabkan trichiasis adalah blefaritis kronis. Seperti halnya penyakit trachoma, blefaritis kronis merupakan peradangan kronis atau jangka panjang pada margin kelopak mata dan menyebabkan pertumbuhan bulu mata terganggu sehingga terjadi trichiasis. 
  • Penyakit Autoimun :  Pemfigoid cicatricial okular yang dapat menimbulkan jaringan parut pada kelopak mata, sehingga menyebabkan arah pertumbuhan bulu mata berubah.
  • Penyakit peradangan : Penyakit peradangan seperti Sindrom Stevens-Johnson dan keratoconjunctivitis vernal dapat mengakibatkan adanya jaringan parut di sekitar dan pada folikel rambut bulu mata, sehingga menyebabkan pertumbuhan bulu mata terganggu. 
  • Trauma : Pasca pembedahan daerah mata, luka bakar pada wajah yang mengenai kelopak
  • Bahan kimia : Bahan kimia alkali yang dapat membakar mata, riwayat penggunaan tetes mata untuk glaukoma

 

Gejala Trichiasis

Gejala pada trichiasis pada umumnya sensasi terdapat benda asing dalam mata. Gejala lainnya termasuk:

  • Mata kemerahan;
  • Mata berair;
  • Sensitif terhadap cahaya terang (Photophobia); dan
  • Pandangan kabur

 

Diagnosis Trichiasis

Untuk mendiagnosis trichiasis dokter akan menanyakan gejala terkait kondisi ini dan melakukan pemeriksaan fisik pada mata. Dokter mata akan melakukan pemeriksaan dengan slit-lamp untuk melihat pertumbuhan bulu mata kearah yang salah. Tidak ada pemeriksaan penunjang lain yang dilakukan untuk mendiagnosis trichiasis.

  • Komplikasi

Komplikasi dari trichiasis terjadi karena bulu mata yang bergesekan dengan kornea untuk waktu yang lama dapat menyebabkan 

  • Abrasi kornea atau kornea mata terkikis yang terjadi akibat gesekan berulang oleh bulu mata. Jika abrasi terus berlanjut dapat menyebabkan robekan kornea dan dapat menyebabkan luka pada kornea mata.
  • Ulkus kornea. Ulkus kornea atau luka pada kornea mata yang terjadi awalnya karena gesekan pada kornea yang terus menerus yang disebabkan oleh bulu mata, kemudian menimbulkan robekan-robekan kecil pada kornea, pada akhirnya menimbulkan luka. Luka pada kornea ini dapat terinfeksi oleh virus, bakteri, ataupun jamur. Jika ulkus kornea tidak ditangani dengan baik pada waktu yang lama dapat mengakibatkan kebutaan.

 

Pengobatan Trichiasis

Pengobatan untuk trichiasis berupa menghilangkan bulu mata, folikel atau keduanya, atau mengarahkan pertumbuhan bulu mata baru.

Terkadang trichiasis hanya mempengaruhi beberapa bulu mata. Dokter mata mungkin hanya mencabut bulu mata yang tumbuh ke arah bola mata dengan forsep (pinset), tetapi ada kemungkinan bulu mata bisa tumbuh kembali ke arah yang salah, yaitu ke arah bola mata.

Jika terdapat banyak bulu mata yang tumbuh ke arah bola mata, tindakan bedah atau operasi dapat menghilangkannya secara permanen. Teknik operasi yang dilakukan untuk trichiasis pada hampir seluruh bulu mata, antara lain :

  • Operasi ablasi bulu mata dengan menggunakan frekuensi radio atau laser untuk menghilangkan bulu mata dan folikel rambut yang tumbuh tidak normal.
  • Elektrolisis. Prosedur operasi ini menggunakan listrik untuk menghilangkan bulu mata secara permanen. Meskipun efektif, elektrolisis memakan waktu dan dapat menyebabkan nyeri pada mata.
  • Cryosurgery. Prosedur Ini menghilangkan bulu mata dan folikel dengan cara membekukannya.
  • Operasi reposisi. Jika trichiasis disebabkan karena kelainan bawaan, seperti epiblepharon, dokter mata mungkin merekomendasikan operasi untuk memposisikan ulang bulu mata. 

 

Pencegahan Trichiasis

Walaupun tidak semua penyebab dari trichiasis dapat dihindari, tetapi beberapa upaya pencegahan berikut dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya trichiasis:

  • Jika mengalami kemerahan pada mata, bengkak pada kelopak mata, sebaiknya periksakan langsung kepada dokter agar infeksi tidak berlanjut dan dapat menyebabkan perubahan pada pertumbuhan bulu mata. Hindari mengobati diri sendiri dengan salep mata yang dibeli bebas.
  • Menggunakan alat pelindung mata, seperti kacamata google apabila akan terpapar bahan kimia berbahaya agar tidak terciprat atau terkena mata.

 

Kapan Harus ke Dokter

Apabila keluarga atau kerabat mengalami gejala-gejala seperti di atas, sebaiknya segera memeriksakan ke dokter mata. Penanganan dini dan secara tepat dapat mencegah komplikasi yang ditimbulkan dari penyakit ini. Bila kamu ingin melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit terdekat dengan domisilimu di sini.