Keseleo Bukan Diurut, Segera Bawa ke Dokter

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
keseleo-bukan-diurut-segera-bawa-ke-dokter-halodoc

Halodoc, Jakarta – Terkilir atau yang lebih dikenal dengan sebutan keseleo adalah masalah kesehatan yang sering terjadi. Biasanya, seseorang bisa keseleo bila kakinya tidak sengaja terpelecok saat berjalan, tetapi kondisi ini lebih sering terjadi saat berolahraga. Bagian tubuh yang paling sering mengalami keseleo adalah kaki. Selain terasa sangat menyakitkan, kaki yang keseleo pun jadi tidak bisa digunakan untuk beraktivitas normal.

Baca juga: Keseleo Saat Berolahraga, Ini Cara Mengatasinya

Nah, kebanyakan orang Indonesia akan pergi ke tukang urut bila mengalami kaki keseleo. Namun tahukah kamu, mengatasi keseleo dengan cara diurut justru berisiko memperparah kondisi. Jadi, keseleo sebaiknya ditangani oleh tenaga profesional, seperti dokter ortopedi. Yuk, simak penjelasannya di sini.

Keseleo bisa terjadi akibat melakukan aktivitas fisik secara berlebihan, sehingga otot akhirnya mengalami peradangan, robek, dan bengkak. Saat keseleo, ligamen (jaringan ikat) mengalami peregangan melebihi batasnya, sehingga akhirnya robek sebagian. Atau peregangan bisa juga terjadi pada otot dan tendon (jaringan ikat yang menghubungkan otot dengan tulang), sehingga menyebabkan peradangan. Keseleo paling sering terjadi pada pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan ruas-ruas jari. Umumnya, gejala keseleo yang akan dialami pengidap, antara lain bengkak, nyeri, dan kulit tampak kemerahan. Kondisi ini tentunya akan mengganggu fungsi bagian tubuh yang keseleo.

Alasan Keseleo Sebaiknya Ditangani oleh Dokter

Dari beberapa pilihan pengobatan yang ada, banyak sekali orang yang lebih memilih urut untuk mengatasi kaki yang keseleo. Kaki yang keseleo tidak boleh diurut sembarangan. Malah pada beberapa kasus keseleo atau terkilir, urut sama sekali tidak dianjurkan. Pasalnya, bila salah urut, bisa-bisa kondisinya akan semakin bertambah parah.

Jadi, bolehkah diurut? Dalam dunia medis, cara pengobatan ini sebenarnya tidak dianjurkan, karena pada saat terjadi trauma pada otot, ligamen maupun tendon, pengurutan malah hanya akan memperburuk kondisi trauma dan peradangan yang terjadi.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Keseleo Bisa Berakibat Fatal

Cara Menangani Kaki Keseleo oleh Dokter

Untuk menangani kaki yang keseleo, berikut prosedur pengobatan yang akan dilakukan dokter:

  • Pertama-tama, dokter akan memeriksa kondisi kaki atau bagian tubuh yang keseleo. Selama pengobatan, dokter juga akan menganjurkan kamu untuk mengistirahatkan bagian tubuh yang keseleo untuk sementara waktu. Sebab, aktivitas yang berlebih pada bagian yang keseleo bisa memperparah kondisinya, misalnya ligamen yang robek bisa semakin parah.

  • Setelah itu, dokter juga bisa memberikan kompresan dingin untuk meredakan pembengkakan. Saat cedera, pembuluh darah bisa robek dan isinya keluar ke jaringan di sekitar yang memicu terjadinya pembengkakan. Pembuluh darah juga bisa melebar sebagai reaksi peradangan. Nah, dengan memberikan kompres es, pembuluh darah yang melebar bisa dibuat kembali menyempit, sehingga bengkak pun berkurang. Dokter akan mengompres bagian tubuh yang keseleo selama kurang lebih 20 menit. Kompres dingin tidak boleh terlalu lama, karena bisa mengganggu aliran darah.

  • Selanjutnya, kaki yang keseleo akan ditekan dan dibalut dengan perban elastis yang juga dapat membantu mengurangi pembengkakan. Namun, dokter tidak akan membalutnya terlalu erat agar aliran darah tidak terhambat yang justru bisa menghambat proses penyembuhan.

  • Dokter juga akan menyarankan untuk mengangkat bagian yang keseleo lebih tinggi dari jantung. Contohnya, bila kaki yang keseleo, maka kamu bisa mengganjal kaki dengan bantal, hingga setinggi di atas jantung untuk mengurangi pembengkakan.

Setelah diobati oleh dokter, pembengkakan biasanya akan membaik dalam 3–5 hari. Sedangkan untuk mengonsumsi obat pereda rasa nyeri, ada beberapa pendapat bahwa obat-obatan tersebut justru akan menghambat proses penyembuhan keseleo secara alamiah. Hal ini karena peradangan sebenarnya adalah reaksi alami tubuh untuk proses penyembuhan itu sendiri.

Baca juga: 3 Jenis Keseleo Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Jadi, bila kamu mengalami keseleo, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk melakukan pemeriksaan terkait masalah kesehatan yang kamu alami, kamu bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatanmu sekeluarga.

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2019. Acute ankle sprain: conservative or surgical approach?