• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan

Ketahui Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Pada umumnya, orang-orang lebih ngeh kalau nyeri dada sebelah kiri dan bagaimana dapat menjadi indikasi masalah jantung yang serius. Tidak hanya sakit dada sebelah kiri, sakit dada sebelah kanan juga menjadi tanda adanya cedera atau peradangan pada struktur tertentu.

Kecemasan atau stres yang parah dapat memicu serangan kecemasan. Pada beberapa orang, serangan kecemasan memiliki banyak gejala serangan jantung yang sama, termasuk nyeri dada, pusing, jantung berdebar, dan kesulitan bernapas. Selengkapnya ada di bawah ini!

Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan

Serangan kecemasan dapat disebabkan oleh stres atau dapat terjadi secara acak. Oleh karena banyak gejala yang mirip dengan serangan jantung, sangat penting bagi siapa saja yang tidak pasti tentang gejala mereka untuk mencari informasi medis terkait nyeri yang dialaminya.

Dinding dada terdiri dari banyak otot yang berbeda. Sangat mudah untuk mengencang atau keseleo pada otot-ototnya karena tingkatan latihan atau aktivitas, atau dari stres atau ketegangan.

Jenis nyeri dada ini, meskipun bisa terasa tidak nyaman, mudah ditangani dengan istirahat dan pereda nyeri. Cedera traumatis, seperti karena jatuh, pukulan tajam ke dada, atau kecelakaan kendaraan bermotor, dapat merusak saraf, pembuluh darah, dan otot di dalam dada.

Baca juga: Asam Lambung Bisa Picu Serangan Jantung, Benarkah?

Besar kemungkinan ini dapat merusak jantung, paru-paru, atau organ internal lainnya. Siapa pun yang mengalami kecelakaan seperti ini harus menghubungi dokter atau layanan darurat, karena cedera internal tidak selalu terlihat.

Costochondritis adalah peradangan tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk ke tulang dada utama di depan dada. Rasa sakit akibat costochondritis mungkin parah dan dapat disebabkan oleh batuk hebat, infeksi, atau cedera traumatis.

Costochondritis biasanya hilang dengan sendirinya, tetapi orang mungkin perlu istirahat ekstra, penghilang rasa sakit, dan kompres panas atau dingin untuk membantu pemulihan. Patah tulang rusuk adalah patah tulang yang melindungi organ-organ internal di dada.

Ini bisa sangat menyakitkan dan dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak ditangani dengan benar. Patah tulang rusuk biasanya diakibatkan oleh jatuh atau benturan ke dada, tetapi juga bisa oleh batuk parah. 

Jika istirahat ada di sisi kanan, itu bisa menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan nyeri di daerah itu. Paru-paru pneumotoraks atau kolaps terjadi ketika udara keluar dari paru-paru dan masuk ke ruang antara paru-paru dan dinding dada.

Ini membuat paru-paru sulit untuk mengembang ketika bernapas dan dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang tiba-tiba dan signifikan. Seseorang dengan kondisi ini juga akan mengalami sesak napas, detak jantung yang cepat, dan pusing. Mereka, bahkan mungkin bisa jatuh tiba-tiba.

Sakit Dada Sebelah Kanan karena Peradangan Selaput Paru 

Pleuritis adalah peradangan selaput yang mengelilingi paru-paru. Peradangan ini menyebabkan gesekan antara dua lapisan jaringan ini, yang dapat mengakibatkan rasa sakit yang tajam dan parah saat bernapas.

Biasanya, ada ruang tipis berisi cairan di antara selaput paru-paru dan selaput rongga dada. Ketika seseorang bernapas masuk dan keluar, paru-paru dapat meluncur di atas jaringan ini dengan lancar.

Baca juga: 6 Cara Jaga Lambung Tetap Sehat di Hari Pertama Puasa

Efusi pleura adalah penumpukan cairan di antara lapisan jaringan di luar paru-paru. Ini dapat menyebabkan nyeri dada dan sesak napas. Pernapasan mungkin menjadi lebih sulit dari waktu ke waktu, jadi penting untuk mengunjungi dokter.

Pneumonia adalah infeksi paru-paru. Ini dapat disebabkan oleh berbagai bakteri, virus, dan organisme jamur. Pengidap pneumonia sering mengalami nyeri dada saat bernapas dan batuk. Gejala pneumonia lainnya termasuk demam, kedinginan, batuk, dan kehilangan nafsu makan.

Informasi lebih detail mengenai sakit dada sebelah kanan bisa ditanyakan langsung di Halodoc.  Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Chat with a doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. 

Referensi:

Medical News Today. Diakses pada 2020. What causes chest pain on the right side?
Healthline. Diakses pada 2020. What’s Causing Pain in the Right Side of My Chest?