• Home
  • /
  • Ketahui Pertolongan Pertama untuk Serangan Stroke

Ketahui Pertolongan Pertama untuk Serangan Stroke

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui Pertolongan Pertama untuk Serangan Stroke

Halodoc, Jakarta – Menjalani gaya hidup sehat tentunya menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari berbagai macam gangguan kesehatan, seperti penyakit stroke. Penyakit stroke terjadi akibat pasokan darah menuju otak terganggu akibat penyumbatan atau pembuluh darah yang pecah. Tanpa pasokan darah yang cukup, otak tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang meningkatkan risiko kematian pada bagian sel otak.

Baca juga: Faktanya, Stroke Bisa Sebabkan Gangguan Memori

Tentunya, stroke menjadi penyakit yang cukup darurat yang bisa membahayakan nyawa. Selain itu, penyakit stroke rentan menyebabkan gangguan kesehatan lain, seperti hidrosefalus pada pengidapnya. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk melakukan pertolongan pertama pada kerabat maupun orang terdekat yang mengalami gejala awal dari penyakit stroke.

Kenali Gejala Awal Stroke

Otak berperan sangat penting bagi tubuh. Otak terdiri dari beberapa bagian yang memiliki tugas untuk memengaruhi sistem kerja berbagai organ tubuh. Untuk itu, penyakit stroke yang menyerang otak akan menyebabkan berbagai gangguan fungsi tubuh. Gejalanya disesuaikan bagian otak yang mengalami gangguan.

Ada beberapa gejala awal yang bisa diketahui dari penyakit stroke, seperti wajah yang terlihat turun pada satu sisi wajah, tidak dapat tersenyum karena bagian mulut dan mata yang sulit digerakkan, serta kesulitan mengangkat salah satu bagian tangan karena lemas atau mati rasa. 

Selain itu, ucapan yang tidak terdengar jelas dan kaku menjadi beberapa gejala awal lainnya dari  penyakit stroke. Melansir Mayo Clinic, penyakit stroke juga bisa menyebabkan pengidapnya mengalami pusing, kesemutan dan lemah pada salah satu sisi tubuh, dan kehilangan penglihatan pada salah satu sisi mata.

Serangan stroke adalah kondisi yang darurat dan membutuhkan penanganan dengan segera. Jadi, tidak ada salahnya untuk segera pergi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan secara medis yang tepat.

Baca juga: Bisakah Orang dengan Stroke Sembuh Total?

Ketahui Pertolongan Pertama pada Pengidap Stroke

Seseorang yang mengalami stroke sebaiknya segera mendapatkan pertolongan medis. Selagi menunggu pertolongan medis yang akan membantu, sebaiknya lakukan pertolongan pertama pada pengidap stroke, melansir dari Medical News Today, yaitu:

1. Jika Pengidap Stroke Tersadar

Posisikan pengidap stroke dalam posisi yang nyaman. Namun, idealnya mereka harus berbaring miring dengan posisi kepala dan bahu terangkat. Kamu dapat menopang dengan bantal atau sesuatu yang nyaman. Setelah itu, jangan menggeser atau menggerakkan tubuh pengidap stroke.

Pastikan area hidung atau tempat bernapas bersih dari gangguan yang menghalangi proses mereka bernapas. Jangan berikan makanan atau minuman karena berisiko tersedak. Tenangkan dan pastikan padanya bahwa mereka segera mendapatkan perawatan medis dengan baik untuk memulihkan kondisinya.

2. Jika Pengidap Stroke Tidak Sadar

Tetap posisikan pengidap stroke pada posisi berbaring dengan kepala dan bahu terangkat dan ditopang sesuatu yang nyaman. Perhatikan napasnya, lihat pergerakan dada saat bernapas, dan dengarkan suara pernapasannya untuk memastikan proses pernapasan mereka tidak terganggu. Pastikan pengidap stroke segera mendapatkan pertolongan medis.

Baca juga: Main Game Terlalu Semangat Bisa Sebabkan Stroke? Ini Alasannya

Tekanan darah tinggi, memiliki riwayat penyakit diabetes, kolesterol, dan penyakit jantung menjadi beberapa penyakit yang meningkatkan risiko stroke. Menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat untuk menghindari berbagai penyakit yang memicu stroke.

Stroke umumnya rentan dialami orang yang berusia tua, namun ternyata juga dapat dialami pada mereka yang masih muda. Jika masih ada pertanyaan tentang pencegahan penyakit stroke, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Should You Do If Someone Has a Stroke?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Stroke: First Aid
Healthline. Diakses pada 2020. First Aid for Stroke