Kurangi Bengkak Kaki Setelah Melahirkan dengan Jalan Pagi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kurangi Bengkak Kaki Setelah Melahirkan dengan Jalan Pagi

Halodoc, Jakarta - Ternyata, kaki bengkak tidak hanya identik dengan kehamilan. Kondisi ini juga bisa terjadi setelah ibu melahirkan. Penyebabnya tidak jauh berbeda, yaitu akumulasi cairan pada bagian mata kaki yang sering terjadi setelah sang buah hati dilahirkan. Memang, tidak ada cara lain yang bisa ibu lakukan selain menunggu hingga kondisi ini berangsur membaik dengan sendirinya. 

Namun, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk membantu meringankan rasa tidak nyaman yang kerap hadir ketika kaki mengalami pembengkakan. Nah, salah satunya dengan membiasakan jalan kaki. Mengapa demikian? Berjalan kaki membantu melancarkan peredaran darah, terutama pada bagian kaki. Sudah pasti, sirkulasi darah yang lancar akan mencegah kaki bengkak setelah melahirkan. 

Jangan malas, karena sebenarnya tidak butuh banyak waktu untuk berjalan kaki. Rutin saja melakukannya, setidaknya 30 menit saja setiap pagi hari. Jika memiliki cukup waktu dan energi, melakukan gerakan aerobik juga tidak ada salahnya. Atau, lebih baik lagi kalau ibu membiasakan yoga. Meditasi tidak hanya baik untuk fisik, tetapi juga memberikan manfaat positif untuk pikiran. 

Baca juga: Wajarkah Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Tips Mencegah Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

Meski begitu, alangkah baiknya jika ibu bertanya dulu pada dokter jika ingin melakukan olahraga selepas melahirkan. Jalan kaki tidak ada salahnya, tetapi jika jenis olahraga yang dilakukan terbilang cukup berat, sebaiknya ibu tidak melakukannya tanpa saran dari dokter. Tanyakan saja langsung melalui aplikasi Halodoc, gunakan fitur bertanya dengan dokter dan pilih keahlian serta dokter yang relevan dengan keluhan yang ibu rasakan. 

Selain jalan kaki pagi atau melakukan olahraga ringan, kaki bengkak setelah melahirkan juga bisa diatasi dengan cara:

  • Meninggikan Posisi Kaki

Posisikan kaki lebih tinggi membantu mengurangi penumpukan cairan pada bagian kaki. Jadi, ketika duduk atau sedang berbaring, usahakan untuk meninggikan posisi kaki dari jantung. Ibu bisa menggunakan bantal yang disusun. Atau, setidaknya posisikan kaki sejajar dengan lutut ketika diluruskan. 

Baca juga: 5 Alasan Penyebab Kaki Bengkak

  • Jangan Menyilangkan Kaki 

Sebagian wanita terbiasa menyilangkan kaki ketika duduk karena dirasa lebih nyaman. Padahal, menyilangkan kaki dapat membuat pembengkakan menjadi lebih buruk. Jadi, lebih baik untuk duduk dengan posisi telapak kaki sejajar atau bertumpu keduanya di lantai, agar aliran darah yang menuju ke bagian kaki tidak terhambat. 

  • Kenakan Sepatu yang Nyaman

Setelah melahirkan bukan berarti ibu bebas mengenakan sepatu hak tinggi, terlebih jika ibu mengalami pembengkakan kaki. Artinya, tetap kenakan sepatu yang nyaman agar kaki tidak terasa sakit ketika digunakan untuk berjalan. Hindari mengenakan sepatu berhak tinggi hingga pembengkakan pada kaki berkurang atau hilang sepenuhnya. 

  • Perbanyak Konsumsi Air Putih

Meski kaki bengkak terjadi karena cairan mengalami akumulasi pada bagian kaki, tidak seharusnya ibu mengurangi asupan cairan ke tubuh. Pasalnya, konsumsi air putih membantu mengurangi pembengkakan pada bagian kaki setelah melahirkan atau selama ibu masih berada dalam masa menyusui. Ketika kurang cairan, penumpukan justru lebih mungkin terjadi, sehingga mudah menyebabkan pembengkakan pada kaki. 

Baca juga: 4 Penyakit yang Sebabkan Kaki Bengkak

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi pembengkakan kaki setelah ibu melahirkan. Jika ada keluhan yang tidak berangsur pulih, tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Natural Treatments for Postpartum Swelling.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Natural Treatments for Postpartum Swelling.
Baby Center. Diakses pada 2020. Postpartum: Swelling (Edema).