Lakukan Hal ini untuk Mencegah Stomatitis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Lakukan Hal ini untuk Mencegah Stomatitis

Halodoc, Jakarta – Stomatitis, adalah nama lain sariawan, merupakan peradangan di dalam mulut, biasanya menyerang lapisan kulit tipis yang melapisi bagian dalam mulut. Selain bagian dalam mulut, stomatitis juga rentan muncul di pipi, gusi, lidah, dan tenggorokan.

Baca Juga: Makan Jadi Terganggu, Waspada Stomatitis pada Gusi

Meski seringkali dianggap sepele, sariawan bisa membuat pengidapnya kesulitan makan, minum, dan berbicara. Rasa nyeri dan tidak nyaman yang muncul membuat pengidap tidak nafsu makan, dan berpengaruh pada berat badannya. Maka itu, sebaiknya lakukan beberapa cara untuk mencegah munculnya stomatitis.

Bagaimana Cara Mencegah Sariawan?

Sebelum mengetahui cara mencegah stomatitis, kamu perlu tahu penyebab kemunculannya. Sebagian besar kasus sariawan muncul akibat trauma fisik di area mulut (misal, karena kegigit), infeksi bakteri atau virus herpes (HSV-1), efek samping kemoterapi, kebiasaan merokok, dan kurang asupan vitamin.

Penyebab lainnya terkait dengan masalah kesehatan yang diidap, seperti penyakit Crohn, lupus, dan alergi. Lantas, apa saja hal yang bisa dilakukan untuk mencegah stomatitis?

  • Hindari makan terburu-buru, apalagi sambil berbicara, untuk mencegah bibir atau lidah tergigit.

  • Cukupi asupan vitamin B, bisa diperoleh dengan mengonsumsi telur, daging merah, ikan, buah bit, hati sapi, kacang-kacangan, brokoli, bayam, dan asparagus.

  • Jika pernah mengalami sariawan dan penyebabnya adalah makanan asam atau pedas, sebaiknya batasi konsumsi makanan tersebut untuk mencegah munculnya kembali sariawan.

  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi, dengan konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Jaga kebersihan dan kesehatan mulut, dengan rutin sikat gigi (minimal dua kali sehari). Bila perlu, gunakan obat kumur dan lakukan dental floss untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.

Baca Juga: Stomatitis pada Anak, Lakukan Hal ini untuk Menanganinya

Bila Telanjur Sariawan, Bagaimana Cara Mengobatinya?

Berikut cara mengatasi sariawan yang bisa kamu lakukan:

  • Berkumur dengan air garam.

  • Perbanyak minum air putih.

  • Kompres sariawan dengan es hingga mencair.

  • Jika mulut terasa sakit, kamu bisa menggunakan sedotan saat minum.

  • Oleskan obat sariawan beberapa kali sehari. Kamu bisa bertanya pada dokter ahli terkait obat yang cocok digunakan saat sariawan.

  • Perbanyak makanan sumber vitamin B, vitamin C, dan zat besi. Bila perlu, kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin C dan vitamin B kompleks untuk mempercepat penyembuhan sariawan.

  • Hindari konsumsi makanan yang memperparah sariawan, seperti makanan asin, keripik, minuman bersoda, biskuit, minuman beralkohol, rokok, serta makanan dan minuman yang terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin.

  • Jangan menyentuh sariawan karena mengganggu proses penyembuhan dan meningkatkan risiko infeksi menyebar.

Baca Juga: 6 Makanan untuk Mencegah Terjadinya Stomatitis

Itulah hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi stomatitis. Kalau kamu punya keluhan pada gigi dan mulut, jangan ragu berbicara dengan dokter ahli. Tanpa harus antre, sekarang kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan di sini. Kamu juga bisa tanya jawab sama dokter dengan download aplikasi Halodoc via fitur Tanya Dokter.