30 April 2018

Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh

Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Pola makan sembarangan dan gaya hidup tidak sehat membuat penduduk yang tinggal di kota rentan mengalami stres. Kondisi ini sering diidentikkan dengan masalah mental dan pikiran yang dialami seseorang. Namun, ternyata stres juga bisa dialami oleh tubuh, lho!

Stres pada tubuh seringnya terjadi karena racun berbahaya yang muncul karena gaya hidup tidak sehat dan terlalu banyak pikiran. Misalnya kebiasaan makan sembarangan, mengonsumsi produk tertentu, debu dan polusi, hingga produk kebersihan serta kosmetik yang dipilih.

Nyatanya tanpa disadari semua produk tersebut mengandung racun yang dapat diserap oleh tubuh dan bisa mengganggu kesehatan. Nah, detoksifikasi alias pengeluaran zat racun dari tubuh adalah hal yang sangat dibutuhkan. Salah satunya bisa dilakukan melalui makanan tertentu yang dikonsumsi? Lantas jenis makanan apa yang dapat membersihkan tubuh dari racun berbahaya?

 

  • Alpukat

 

Buah alpukat sudah dikenal sebagai makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ternyata, alpukat juga bisa membantu detoksifikasi tubuh. Kandungan asam lemak omega 3 dalam buah alpukat dapat membantu melumasi dinding usus besar dengan baik. Hal ini dapat membantu dan memudahkan racun keluar dari dalam tubuh.

 

  • Brokoli

 

Brokoli memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi. Selain itu, brokoli juga dapat membantu tubuh melepaskan zat beracun yang tidak dibutuhkan. Sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui manfaat brokoli tersebut. Selama ini, sayuran ini sering dijauhi dan cenderung tidak disukai, terutama oleh anak-anak.

 

  • Teh Hijau

 

Cobalah untuk mengonsumsi setidaknya dua gelas teh hijau dalam satu hari. Minuman ini disebut-sebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, dan salah satunya adalah untuk membantu mengeluarkan racun secara alami. Teh hijau memiliki kandungan oksidan yang tinggi dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh, bahkan bisa membantu menurunkan berat badan.  

(Baca juga: Penggemar Matcha, Ini Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan)

 

  • Jeruk

 

Selain dapat membantu detoksifikasi tubuh, buah yang kaya akan vitamin C ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, cobalah untuk mengonsumsi satu buah atau segelas jus jeruk segar setiap pagi hari. Kandungan vitamin dalam buah jeruk dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit menyerang.

Kamu juga bisa mencoba untuk mengonsumsi jeruk bali merah. Sebab, buah ini memiliki fungsi untuk membersihkan saluran pencernaan, melancarkan sistem peredaran darah dan juga hati.

 

  • Bawang Putih

 

Senyawa kimia yang dikenal sebagai zat allicin dalam bawang putih dapat membantu menyaring racun saat masuk ke dalam tubuh. Biasanya zat ini akan “bekerja” di sekitar sistem pencernaan sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, bawang putih juga sudah lama dipercaya sebagai antibitik yang dapat menjaga tubuh tetap sehat. Mengonsumsi bawang putih disebut mampu menjaga tubuh dan mencegah serangan penyakit berbahaya.

Selain makanan di atas, salah satu cara untuk menjaga tubuh bebas dari racun adalah dengan mengubah gaya hidup, terutama pola makan menjadi lebih sehat. Rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang dibutuhkan tubuh merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan.

Selain itu, lengkapi “perlindungan” tubuh dengan mengonsumsi vitamin tambahan. Lebih mudah beli vitamin dan produk kesehatan di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam.Yuk,, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!