31 August 2018

Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui

manfaat daun katuk, kesehatan ibu hamil, kandungan dalam daun katuk, makanan sehat,daun katuk

Halodoc, Jakarta – Bagi ibu yang sedang menjalani masa menyusui pasti sudah tidak asing lagi dengan daun katuk. Sebenarnya, daun katuk tidak hanya baik untuk ibu menyusui saja. Bagi ibu yang sedang menjalani masa kehamilan, mengonsumsi daun katuk juga dianjurkan untuk persiapan setelah proses persalinan nanti. Tidak hanya untuk mempersiapkan asupan ASI, daun katuk juga bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Kandungan yang Terdapat dalam Daun Katuk

Nyatanya daun katuk memiliki kandungan vitamin C lebih besar daripada buah jeruk. Tidak hanya itu, kalium yang terdapat pada daun katuk juga 3 kali lebih besar jika dibandingkan dengan kandungan kalium pada buah pisang. Daun katuk memiliki kandungan protein yang cukup baik untuk pertumbuhan jaringan, plasenta, dan juga otak bayi dalam kandungan. Selain itu, daun katuk juga memiliki kandungan zat besi dan vitamin E yang cukup baik untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Manfaat Daun Katuk bagi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Tidak hanya untuk kesehatan bayi dalam kandungan saja, nyatanya daun katuk juga memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan ibu. Selain untuk memproduksi ASI, berikut adalah manfaat lain yang bisa dirasakan jika ibu mengonsumsi daun katuk saat masa kehamilan maupun setelah persalinan:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dan betakarotin yang terkandung dalam daun katuk nyatanya dapat membantu ibu menjaga kesehatan mata selama masa kehamilan maupun setelah proses persalinan.

2. Menjaga Metabolisme Tubuh

Pada saat masa kehamilan, menjaga metabolisme tubuh adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Biasanya pada masa kehamilan, metabolisme ibu akan sedikit terganggu. Dengan mengonsumsi daun katuk, metabolisme tubuh ibu akan tetap terjaga karena daun katuk memiliki vitamin B yang tinggi.

3. Mencegah Penyakit Influenza pada Ibu Hamil maupun Menyusui

Tentu saat masa kehamilan atau setelah masa persalinan, menjaga kesehatan tubuh adalah hal utama bagi para ibu. Biasanya dalam masa-masa seperti ini, ibu sangat menghindari beberapa penyakit tertentu. Salah satunya adalah flu. Nah, dengan rajin mengonsumsi daun katuk nyatanya ibu bisa terhindar dari penyakit flu. Daun katuk mengandung efedrin yang bisa menjauhkan ibu dari virus influenza.

4. Membuang Racun dalam Tubuh

Daun katuk memiliki fungsi sebagai detoksifikasi. Kandungan klorofil yang cukup tinggi dalam daun katuk nyatanya dapat membantu ibu untuk membuat jaringan tubuh bersih dari racun. Hal ini sangat baik untuk ibu yang sedang hamil maupun ibu yang sedang dalam proses menyusui.

5. Memenuhi Kebutuhan Oksigen dalam Tubuh

Daun katuk memiliki zat besi yang cukup tinggi. Salah satu manfaat zat besi yang terkandung dalam daun katuk untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh secara merata. Dengan begitu, bayi dalam kandungan akan terhindar dari masalah kekurangan oksigen.

Banyak sayuran dan makanan sehat lainnya yang bisa ibu konsumsi pada saat masa kehamilan maupun menyusui. Dengan mengonsumsi makanan sehat, tentu kesehatan bayi dalam kandungan maupun produksi akan semakin baik. Jika ibu memiliki beberapa pertanyaan mengenai kesehatan kehamilan atau selama menyusui, ibu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: