27 June 2018

Manfaat Mandi Pagi Hari untuk Kesehatan Kulit

manfaat mandi pagi, kesehatan kulit, manfaat mandi dengan air dingin

Halodoc, Jakarta – Mandi pagi hari memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Selain membuat tubuh kembali segar, mandi pagi hari juga membuat sistem imun tubuh kamu meningkat, lho. Nah, tidak hanya manfaat pada kesehatan kamu saja yang bisa kamu rasakan, jika kamu rajin mandi pada pagi hari tentu kamu juga akan merasakan manfaatnya untuk kesehatan kulit kamu. Apalagi jika kamu mandi menggunakan air dingin di pagi hari.

Baca juga: Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Mandi Pagi

 

  • Menutup Pori-pori Kulit

 

Kamu bisa mencoba untuk mandi dengan air dingin pada pagi hari. Hal ini akan membuat pori-pori kulit kamu menutup, sehingga pori-pori kulit kamu tidak akan tersumbat oleh kotoran dan akan menjauhkan kamu dari jerawat atau kulit kusam.

 

  • Melindungi Minyak Alami Kulit

 

Mandi dengan air hangat tentu akan menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh kulit kamu. Dengan begitu, kulit kamu akan terasa sangat kering. Biasakan pada saat mandi pagi hari menggunakan air dingin agar minyak alami yang diproduksi oleh kulit kamu tidak hilang. Sel-sel kulit kering dan keriput menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Jadi tidak ada salahnya kamu mandi pada pagi hari menggunakan air dingin agar kulit kamu terawat dan tetap awet muda.

 

  • Menghilangkan Mata Panda

 

Kamu memiliki lingkaran hitam di bawah mata atau biasa dikenal dengan istilah mata panda? Tenang, dengan rajin mandi pada pagi hari dan menggunakan air dingin, kamu bisa menghilangkan lingkaran hitam atau mata panda yang ada di sekitar mata kamu. Pasalnya, mandi pagi akan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh ditambah kamu mandi dengan air dingin, sehingga lingkaran hitam atau mata panda akan berkurang. Selain itu, kulit kamu akan lebih terasa sehat dan kencang saat kamu mandi pagi dengan air dingin.

 

  • Mengurangi Bengkak Sekitar Wajah Khususnya Bagian Mata

 

Saat bangun tidur, pernahkah kamu merasa wajahmu sedikit bengkak dibandingkan waktu-waktu lainnya? Nah, mandi air dingin pada pagi hari ternyata bisa membantu kamu untuk mengurangi bengkak pada wajah saat kamu baru bangun tidur.

 

  • Membuat Kulit Terlihat Lebih Cerah dan Awet Muda

 

Mandi pagi hari tentu sangat menyegarkan tubuh. Setelah semalaman tubuh beristirahat, mandi di pagi hari adalah salah satu kegiatan yang cukup menyehatkan untuk tubuh. Selain membersihkan tubuh, mandi pada pagi hari dengan menggunakan air dingin tentu bisa membuat sirkulasi darah di dalam tubuh kamu lebih lancar, sehingga akan membuat kamu merasa memiliki tubuh yang sehat dan segar. Aliran darah yang lancar inilah yang membuat kulit tidak kering dan membuat kulit lebih kenyal. Jika kamu rajin mandi dengan air dingin pada pagi hari, tentu akan membuat kulit kamu semakin berkualitas dari hari ke hari.

Baca juga: 4 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari Bagi Tubuh

Karena banyak manfaat yang bisa kamu rasakan setelah kamu mandi pagi, sebaiknya mulai sekarang rajin untuk bangun pagi dan langsung mandi. Tidak hanya pada pagi hari, sebaiknya kamu harus rajin mandi minimal 2 kali sehari untuk membersihkan tubuh kamu setelah beraktivitas agar terhindar dari penyakit kulit. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kulit kamu, kamu bisa tanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store dan Google Play!