• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Masih Punya Cuti Lebaran? Coba Lakukan Hal Ini

Masih Punya Cuti Lebaran? Coba Lakukan Hal Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Libur lebaran pada tahun 2018 disebut sebagai yang terpanjang dalam sejarah. Pasalnya pemerintah memutuskan untuk menetapkan hari libur alias cuti bersama selama sepuluh hari yaitu mulai tanggal 11 hingga 20 Juni 2018. Namun beberapa perusahaan biasanya memiliki kebijakan sendiri dalam mengatur masa liburan karyawan.

Baca juga: Libur Lebaran Ditambah, Berat Badan Jangan Ditambah

Kesempatan libur panjang tersebut tentu harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Entah untuk bersilaturahmi dengan keluarga, atau melakukan hal-hal lainnya. Kamu masih punya sisa liburan dan bingung harus melakukan apa? Lakukan hal-hal berikut ini saja!

 

  • Berolahraga

 

Mengisi waktu luang juga bisa dilakukan dengan cara yang menyehatkan, lho. Salah satunya adalah berolahraga. Kamu bisa mencoba untuk melakukan beberapa jenis olahraga yang bisa memberi manfaat baik bagi tubuh.

Ada banyak olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu libur. Misalnya lari pagi di taman, bersepeda, berenang, pergi ke pusat kebugaran alias gym, atau sekadar berjalan santai di sore hari. Sesuaikan pilihan olahraga dengan kebutuhan tubuh. Nyatanya berolahraga juga bisa menjaga kebugaran sehingga kamu akan siap untuk kembali masuk kerja dan beraktivitas.

Baca juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

 

  • Pemeriksaan Kkesehatan

 

Selain berolahraga, kamu juga bisa memanfaatkan waktu libur untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit. Jika biasanya kamu tidak memiliki cukup banyak waktu, maka pada sisa libur lebaran ini adalah waktu terbaik untuk menjadwalkan check-up ke rumah sakit.

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya penyakit berbahaya. Sebab, pemeriksaan dan pencegahan dini adalah hal yang sangat penting dalam mengurangi risiko penyakit.

  1. Berbelanja

Manfaatkan waktu libur bersama keluarga untuk berbelanja makanan sehat. Kamu bisa menjadikannya sebagai sediaan di rumah jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Berbelanja di hari libur juga akan lebih santai sehingga kamu tidak akan terburu-buru.

Berbelanja dengan santai nyatanya bisa membuat seseorang lebih maksimal dalam memilih jenis makanan yang terbaik. Hal itu juga berlaku untuk kebutuhan lainnya. Waktu yang panjang saat berbelanja akan memungkinkan kamu untuk membaca label atau kandungan gizi pada makanan kemasan yang ingin dibeli. Tentu hal itu sangat penting untuk memastikan makanan tersebut memiliki nutrisi yang cukup baik dan aman untuk disimpan di rumah.

 

  • Belajar Memasak Makanan Sehat

 

Jika biasanya kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari menu makanan sehat untuk keluarga, maka sisa liburan adalah waktu yang tepat. Cobalah untuk mengembangkan kemampuan memasak kamu terutama pada jenis makanan sehat.

Kamu bisa mempelajarinya dari buku resep makanan atau bertanya pada orang-orang yang dipercaya. Membiasakan diri untuk memasak makanan yang sehat tentu bisa memberi dampak yang luar biasa pada pola makan keluarga, dan pada akhirnya hal ini akan bermanfaat bagi kesehatan pula.

  1. Membaca Buku

Jika kamu terlalu lelah untuk pergi keluar rumah atau melakukan hal lain, membaca buku adalah solusinya. Daripada bingung, cobalah untuk memilih buku dari penulis favorit dan nikmati. Membaca buku juga sudah terbukti dapat memberi banyak manfaat baik, terutama pada otak.

Baca juga: 6 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak

Butuh obat saat sedang liburan di rumah? Pakai aplikasi Halodoc saja! Dengan layanan antar, lebih mudah untuk membeli obat dan produk kesehatan lain hanya dengan satu aplikasi. Pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Ayo, download segera di App Store dan Google Play!