07 June 2018

Menu Buka Puasa untuk Pengidap Diabetes

Menu Buka Puasa untuk Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta – Selama menjalankan ibadah puasa, tubuh akan mengalami kekurangan energi, sehingga kamu akan merasa lemas selama siang menuju sore hari. Kondisi lemas tersebut terjadi lantaran energi yang tubuh kita hasilkan berkurang karena kita terbatas dalam mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

Hal ini justru menguntungkan bagi mereka yang mengidap diabetes. Pasalnya, dengan menjalani ibadah puasa, kadar gula dalam darah menjadi lebih terkontrol. Sehingga, aktivitas ini cukup menyehatkan bagi mereka.

Mengatur menu buka puasa bagi pengidap diabetes sendiri bukanlah perkara mudah. Sebab, kita harus mengatur asupan yang masuk agar nutrisi terpenuhi dan kadar gula darah tetap normal. Hal yang paling penting ialah kamu harus pintar mengatur banyaknya gula yang masuk dalam tubuh. Sebab, apabila terlalu banyak, akan memperparah diabetes. Sementara, jika kurang pun penderita diabetes akan mengalami hiperglikemia yang menimbulkan efek lemas dan lesu.

(Baca juga: Inilah Tanda-Tanda Kalau Kamu Kelebihan Gula Darah)

Meski harus tetap dikonsultasikan dengan dokter mengenai menu buka puasa bagi pengidap diabetes agar tidak terjadi kekeliruan, berikut ini juga terdapat menu yang bisa dicoba:

  1. Kurma

Berbuka puasa dengan kurma ternyata juga berkhasiat untuk para pengidap diabetes. Hal ini disebabkan karena kandungan gula yang terkandung dalam kurma masih alami, sehingga aman untuk tubuh dan tidak menyebabkan pelonjakan kadar gula dalam darah. Konsumsilah beberapa butir saat berbuka disertai dengan teh hangat tanpa gula.

  1. Air Kelapa

Air kelapa juga merupakan menu yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.  Dalam 240 gram kelapa muda terdapat sekitar 46 kalori, 6 gram gula, 2 gram protein, 9 gram karbohidrat, dan 0 gram lemak. Hal tersebutlah yang membuat air kelapa merupakan cairan yang menyehatkan. Namun, tetap usahakan agar memilih air kelapa yang berasal langsung dari kelapa dan bukan air kelapa kemasan. Pasalnya, air kelapa tersebut biasanya sudah tercampur dengan gula tambahan.

  1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam adalah menu berbuka yang sangat cocok disandingkan dengan minuman hangat seperti teh. Cokelat hitam ini akan mampu menurunkan kadar gula darah, sebab makanan ini mengandung flavonoid yang akan mengikat glukosa. Flavonoid sendiri pun bersifat antioksidan, sehingga akan melindungi tubuhmu dari radikal bebas.

  1. Jus Mangga

Mengonsumsi jus buah mangga tanpa gula adalah menu buka puasa yang sehat untuk para pengidap diabetes. Mangga mengandung serat yang tinggi, sehingga menimbulkan efek kenyang dan menghindarkanmu dari rasa lemas. Kadar indeks glikemiknya pun juga rendah, sehingga tidak berpengaruh pada peningkatan kadar gula darah.

  1. Ikan Laut

Mengonsumsi ikan laut yang diselingi dengan sayur dan buah akan membuat pengidap diabetes senantiasa sehat dalam menjalankan ibadah puasa. Pasalnya, omega 3 dan lemak jenuh yang terkandung dalam ikan laut tidak akan mengakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah.

  1. Brokoli

Sebagai pelengkap sajian ikan laut, kamu dapat memilih brokoli sebagai pelengkapnya. Kamu dapat mengukus atau merebusnya dengan menambahkan bumbu yang kamu suka. Dengan mengonsumsi brokoli, berarti kamu yang mengidap diabetes telah melakukan tindakan tepat dalam menurunkan kadar gula darah. Sebab, brokoli mengandung magnesium yang baik untuk menurunkan kadar gula darah.

(Baca juga: 4 Buah Terbaik Untuk Diabetes)

Untuk mengetahui menu buka puasa bagi pengidap diabetes lainnya, kamu bisa berbicara dengan dokter di aplikasi Halodoc. Kamu dapat menghubungi dokter tepercaya  melalui menu Contact Doctor dengan pilihan Chat, Voice, dan Video Call. Tunggu apalagi,  ayo download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Play Store!