ZENICHLOR SIRUP 60 ML

ZENICHLOR SIRUP 60 ML

Kategori
:
Indikasi Umum
:
Pilihan utama untuk pengobatan tifus, paratifus. Infeksi berat yang disebabkan oleh : Salmonella Sp. H. Influenza (terutama injeksi meningual). Ricketsia. Lymphogranuloma psithachosis. Gram negatif yang menyebabkan bakteremia meningitis.
Deskripsi
:
Zenichlor merupakan obat jenis antibiotik berbentuk sirup yang menjadi pilihan utama untuk mengobati dan mengatasi penyakit tifus, paratifus, dan infeksi berat yang disebabkan karena bakteri Salmonella Sp. H. Influenza, terutama untuk injeksi meningual. Juga digunakan untuk mengatasi Ricketsia, Lymphogranuloma psithacosis, dan bakteri gram negatif yang menyebabkan terjadinya bakteremia meningitis. Obat ini diproduksi oleh Zenith Pharma. Hindari penggunaan pada pasien yang sedang hamil, menyusui, dan mengalami hipersensitif terhadap chloramphenicol.
Dosis
:
Dewasa, anak- anak dan bayi berumur diatas 2 minggu : 50 mg/kg bobot badan sehari dalam 3- 4 dosis bagi. Bayi berumur dibawah 2 minggu : 25 mg/kg bobot badan sehari dalam dosis bagi.
Aturan Pakai
:
-
Efek Samping
:
-
Komposisi
:
Per 5 mL: Chloramphenicol palmitate 125 mg
Kemasan
:
Botol 60 ml X 1
Segmentasi
:
Red
Perhatian
:
Tidak dianjurkan penggunaan untuk wanita hamil dan menyusui karena keamanannya belum dapat dipastikan. Pemakaian jangka panjang perlu dilakukan pemeriksaan hematologi secara berkala. Hanya digunakan untuk infeksi yang sudah jelas penyebabnya, kecuali bila ada kemungkinan infeksi berat. Perlu dilakukan pengawasan terhadap kemungkinan timbulnya super infeksi dengan bakteri dan jamur. Hati-hati penggunaan pada penderita gangguan fungsi ginjal dan hati, bayi yang lahir prematur dan bayi baru lahir (2 minggu pertama). Tidak untuk pencegahan infeksi, pengobatan influenza, batuk dan pilek.
Interaksi Obat
:
Chloramphenicol menghambat biotransformasi senyawa lain yang dimetabolisme oleh enzim mikrosoma hati seperti dikumarol, fenitoin, tolbutamid dan turunan fulfonilurea lainnya.
Manufaktur
:
Zenith Pharma
Kontra Indikasi
:
Penderita yang hipersensitif terhadap chloramphenicol. Penderita gangguan faal hati yang berat. Penderita gangguan ginjal yang berat