11 June 2019

4 Pantangan saat Hamil Trimester Kedua

4 Pantangan saat Hamil Trimester Kedua

Halodoc, Jakarta – Bagi ibu hamil menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Memenuhi asupan nutrisi serta gizi yang dibutuhkan bayi dalam kandungan juga menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk perkembangan bayi dalam kandungan.

Baca juga: 4 Asupan Nutrisi Penting Saat Kehamilan Trimester Kedua

Apalagi jika ibu sudah memasuki usia kehamilan trimester kedua. Kehamilan yang sudah memasuki usia trimester kedua merupakan periode dimana janin sudah mulai kuat dan pertumbuhannya sangat signifikan. Mulai dari pertumbuhan fisik bayi hingga pertumbuhan organ dalam bayi.

Biasanya, saat memasuki trimester kedua, bayi dalam kandungan akan bergerak lebih aktif jika dibandingkan dengan trimester pertama. Pada usia trimester kedua biasanya bayi dalam kandungan sudah mulai menggerakan kepala dan mulutnya.

Jantung bayi dalam kandungan juga sudah mulai berdetak lebih cepat dibandingkan usia kehamilan trimester pertama. Jantung juga sudah mulai memompa sekitar 24 liter darah setiap harinya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester kedua, yaitu:

1. Hindari Penggunaan Pakaian yang Terlalu Ketat

Memasuki usia trimester kedua, pertumbuhan bayi sedang optimal pada masa ini. Pertumbuhan fisik bayi dalam kandungan semakin terlihat. Kondisi ini membuat perut ibu semakin membesar. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang terlalu ketat membuat tekanan pada ibu sehingga ibu rentan mengalami sesak napas. Tidak hanya itu, dengan pakaian yang terlalu ketat ibu juga mengalami kondisi tidak nyaman karena pergerakan yang semakin terbatas.

Sebaiknya gunakan pakaian yang sedikit longgar atau menggunakan baju yang memang dikhususkan untuk ibu hamil. Gunakan pakaian longgar agar ibu dan bayi dalam kandungan juga merasa nyaman.

2. Merokok

Sebaiknya hindari kebiasaan merokok ketika sedang hamil. Tidak hanya ketika ibu memasuki trimester kedua. Sebaiknya selama menjalani masa kehamilan ibu hindari kebiasaan merokok atau paparan asap rokok secara langsung. Karbon monoksida dan zat beracun lainnya memengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Ibu hamil yang sering terpapar asap rokok berisiko lahir dengan kondisi prematur atau berat badan rendah.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

3. Jarang Konsumsi Makanan Sehat

Pada kondisi pertumbuhan bayi yang sangat optimal, sebaiknya ibu hamil wajib konsumsi makanan maupun minuman yang memiliki kandungan nutrisi serta gizi tinggi. Konsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi dan kalsium untuk membantu pertumbuhan bayi.

Selain itu, jangan lupa untuk banyak mengonsumsi air putih agar ibu hamil terhindar dari masalah pencernaan. Tidak hanya untuk ibu, kebutuhan air dibutuhkan oleh janin khususnya untuk produksi air ketuban yang memengaruhi kondisi tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

4. Jarang Berolahraga

Memasuki masa kehamilan bukan berarti ibu boleh bermalas-malasan. Ketika memasuki usia trimester kedua, jangan lupa untuk tetap melakukan olahraga dan banyak bergerak. Banyak manfaat yang dirasakan jika rajin berolahraga ketika ibu memasuki usia kehamilan trimester kedua.

Olahraga dapat meningkatkan energi tubuh ibu hamil. Dengan begitu, ibu terhindar dari rasa lemas dan lelah. Olahraga juga membantu melancarkan persalinan pada ibu hamil. Banyak pilihan olahraga yang bisa ibu hamil lakukan seperti yoga, senam hamil atau berenang.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kesehatan ibu dan janin saat memasuki usia kehamilan trimester kedua. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 7 Perubahan pada Ibu Hamil Saat Memasuki Trimester Kedua