20 June 2018

Pengaruh Tekanan Darah Normal pada Orang Dewasa

pengaruh tekanan darah, tekanan darah normal, tekanan darah tinggi

Halodoc, Jakarta – Tekanan darah merupakan kemampuan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Pastinya, dibutuhkan tekanan darah yang normal agar tubuh mampu melakukan segala aktivitas dengan maksimal. Kamu tentu beranggapan bahwa tubuh dikatakan memiliki tekanan darah normal jika menunjukkan angka 120/80 mmHg. Benarkah demikian?

Ternyata, American Heart Association (AHA) menyatakan bahwa tekanan darah disebut normal apabila hasil pengukurannya menunjukkan angka 90 hingga 120 untuk sistolik dan 60 hingga 80 untuk diastoliknya. Ukuran ini adalah standar untuk orang dewasa, dan pastinya akan berbeda dengan anak-anak, ibu hamil, dan lansia.

Pastinya, angka tekanan darah pada tubuh kamu akan mengalami perubahan. Ini bergantung pada aktivitas yang kamu jalani, pola hidup, makanan dan minuman yang kamu konsumsi, serta kondisi emosional. Perubahan angka ini bisa tinggi atau rendah. Kamu perlu waspada, karena baik hipertensi maupun hipotensi bukan menjadi kondisi yang baik.

Pengaruh Tekanan Darah Normal

Lalu, apa pengaruh tekanan darah normal terhadap kondisi kesehatan tubuh? Dampak yang akan paling terasa adalah tubuh yang selalu senantiasa sehat dan bugar serta terhindar dari berbagai penyakit kronis, mulai dari diabetes, stroke, hingga jantung. Kamu perlu tahu, bahwa tekanan darah tinggi juga menjadi pemicu utama tubuh rentan terhadap penyakit-penyakit tersebut.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Kurang Darah dan Darah Rendah

Tak hanya kesehatan jantung, ada banyak organ tubuh lainnya yang turut terjaga kesehatannya apabila kamu memiliki tekanan darah normal. Salah satunya adalah ginjal yang berperan dalam proses penyerapan dan pembuangan zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Pengaruh tekanan darah yang satu ini akan terlihat jika kamu mengalami hipertensi atau hipotensi dengan gejala yang sering muncul yaitu pusing dan mual. Memiliki tekanan darah normal juga tidak akan membuat tubuh kamu mudah lelah. Kamu pun bisa beraktivitas secara maksimal.  

Tips Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Normal

Nah, supaya tekanan darah kamu tetap normal dan bebas dari penyakit hipertensi maupun hipotensi, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

Rutin Berolahraga

Cara pertama ini adalah yang wajib kamu lakukan. tak hanya menjaga pola makan dan gaya hidup, kamu juga perlu berolahraga agar tubuh bisa selalu sehat dan selalu berenergi. Cukup lakukan olahraga ringan seperti bersepeda, lari, atau berjalan kaki secara rutin setiap pagi selama 30 menit hingga satu jam atau pada akhir pekan.

Baca juga: Pertolongan Pertama Saat Tekanan Darah Melonjak

Berhenti Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Merokok dan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan tidak pernah baik untuk kesehatan tubuh, terutama jantung dan pembuluh darah. Jadi, kalau kamu ingin tekanan darah pada tubuh tetap berada pada kisaran normal, berhentilah merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Menjaga Berat Badan dan Mengelola Stres

Selanjutnya adalah jaga berat badan dengan membatasi asupan makanan. Hindari makanan berlemak, berminyak, dan hidangan siap saji. Dengan begitu, berat badan tubuh kamu akan terjaga dan terhindar dari bahaya penyakit diabetes dan obesitas. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengontrol emosi. Hindari stres, karena stres bisa memicu meningkatnya nafsu makan.

 

Itu tadi ulasan singkat mengenai pengaruh tekanan darah pada tubuh dan bagaimana caranya supaya kamu bisa menjaga tekanan darah tetap normal. Selalu cek tekanan darah kamu secara rutin, dan segera tanyakan pada dokter apabila kamu merasa mengalami gejala-gejala yang tidak biasa pada tubuh kamu.

Tak perlu keluar rumah, kamu bisa melakukan cek tekanan darah atau pun cek lab lengkap dengan aplikasi Halodoc. Aplikasi ini juga bisa kamu pakai untuk tanya dokter dan membeli obat. Yuk, download aplikasi Halodoc di ponsel kamu sekarang juga!