Pengidap Skizofrenia Alami Kepribadian Ganda, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Pengidap Skizofrenia Alami Kepribadian Ganda, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Kamu mungkin sudah sering mendengar penyakit mental skizofrenia. Skizofrenia adalah gangguan jiwa yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk membedakan antara dunia nyata dan khayalan. Saat mengalaminya, pengidap skizofrenia melihat dan mendengar sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Tidak sedikit pula orang yang mengira bahwa pengidap skizofrenia memiliki dua kepribadian akibat berperilaku yang tidak wajar. 

Lantas, benarkah pengidap skizofrenia otomatis juga mengalami kepribadian ganda? Simak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Inilah 4 Jenis Skizofrenia yang Perlu Diketahui

Benarkah Pengidap Skizofrenia Memiliki Kepribadian Ganda?

Skizofrenia umumnya menyebabkan pengidap sulit untuk berpikir jernih, sulit mengingat, dan sulit memahami sesuatu. Penelitian yang dilakukan oleh National Alliance on Mental Illness (NAMI) menunjukkan 64 persen pengidap skizofrenia merasa bahwa mereka memiliki dua kepribadian atau lebih. Tetapi pada kenyataannya, hal ini tidak sepenuhnya benar.

Skizofrenia adalah penyakit yang memengaruhi reseptor sensoris (indra) pada otak dan tidak memengaruhi kepribadian seseorang. Reseptor sensoris bekerja agar seseorang dapat melihat, menyentuh, dan mendengar dengan baik. Reseptor ini menerima informasi dari indra seperti penglihatan, pendengaran, dan perabaan. Kemudian, informasi tersebut dikirimkan ke otak dalam bentuk sinyal.  

Namun, pada pengidap skizofrenia, mereka mengalami kesalahan penerimaan sinyal di otak. Akibatnya, pengidap mengalami halusinasi dan memicu dirinya untuk bertindak atau melakukan sesuatu. Perubahan perilaku yang terjadi bukan menandakan bahwa pengidap skizofrenia memiliki kepribadian ganda, melainkan respons tubuh terhadap munculnya halusinasi. Kalau kamu punya pertanyaan terkait kepribadian ganda atau skizofrenia, hubungi dokter Halodoc. Melalui aplikasi kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja dengan mudah.

Baca Juga: Kepribadian Ganda, Satu Tubuh tapi Punya Ingatan Berbeda

Perbedaan Skizofrenia dan Kepribadian Ganda 

Berbeda dengan kepribadian ganda, penyakit skizofrenia memengaruhi kemampuan berpikir, perilaku, dan emosi seseorang. Gejala skizofrenia bisa ringan dan juga berat, tergantung keparahan kondisi dan pengobatan yang diterima. Beberapa gejala umum dari skizofrenia, meliputi:

  • Halusinasi;

  • Delusi;

  • Sulit mengekspresikan diri dan menunjukkan emosi;

  • Tidak mampu berpikir dengan baik dan jernih;

  • Terganggunya kemampuan motorik, seperti postur tubuh yang aneh atau melakukan gerakan yang berlebihan;

Di antara semua gejala yang muncul, tidak ada tanda bahwa seseorang bisa mengalami perubahan kepribadian. Kepribadian ganda adalah kondisi yang lebih mengarah pada gangguan disosiatif. Gangguan disosiatif ditandai dengan munculnya dua atau lebih kepribadian yang secara bergantian  mendominasi perilaku seseorang. Kondisi ini rentan terjadi pada individu yang memiliki trauma masa lalu yang parah. Meski kepribadian ganda bukan salah satu gejala dari penyakit skizofrenia, tetapi kondisi otak yang bermasalah bisa semakin parah.

Skizofrenia bisa menyebabkan penyakit mental lainnya seperti depresi, gangguan kecemasan, gangguan obsesif kompulsif (OCD), bahkan gangguan disosiatif bila dibiarkan berlarut-larut tanpa pengobatan.

Baca Juga: Ini 3 Cara Mengobati Skizofrenia

Semua gejala skizofrenia dapat dikelola dengan minum obat dan mengikuti terapi. Selain itu, dukungan dari keluarga dan orang di sekitar juga diperlukan untuk mendukung penyembuhan pengidap skizofrenia.

Referensi : 
Live Science. Diakses pada 2019. Do People With Schizophrenia Really Have Multiple Personalities?.
Everyday Health. Diakses pada 2019. Does Schizophrenia Mean Split Personality?