24 May 2018

Pentingnya Penggunaan Eye Cream Cegah Penuaan Dini

Pentingnya Penggunaan Eye Cream Cegah Penuaan Dini

Halodoc, Jakarta – Jika kamu selama ini terlalu fokus merawat kesehatan wajah dan tubuh kamu, sebaiknya kamu juga mulai fokus pada kesehatan sekitar mata, khususnya masalah mata panda. Kurangnya waktu tidur hingga masalah polusi udara bisa menjadi penyebab kamu memiliki mata panda atau bahkan kantung mata. Mata panda atau kantung mata juga bisa timbul akibat usia yang semakin bertambah, ketika jaringan dan otot yang menopang mata mulai melemah.

Lalu, bagaimana jika mata panda atau kantung mata timbul di saat usia masih produktif? Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah rutin menggunakan eye cream pada area sekitar mata. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari mata panda atau kantung mata. Selain itu, eye cream juga dapat mencegah diri kamu dari penuaan dini. Berikut ini adalah manfaat eye cream yang sebaiknya kamu ketahui:

Penggunaan Eye Cream Mengurangi Masalah Area Mata

Menurut Patricia Farris, seorang ahli dermatologi dari Tulane University School of Medicine, kulit di sekitar mata memang merupakan bagian paling rapuh di bagian wajah. Selain itu, bagian bawah mata lebih rentan terhadap kekeringan serta tanda-tanda kelelahan dan penuaan. Untuk mencegah masalah penuaan dini atau mata panda, kamu bisa untuk memulai merawat area mata dengan penggunaan eye cream secukupnya.

Berbeda masalah, tentu berbeda pula penanganannya. Jika kamu memiliki masalah mata panda, kamu bisa menggunakan eye cream yang mengandung vitamin C dan K untuk mengurangi masalah mata panda kamu. Untuk mengurangi kerutan halus di usia yang masih muda, kamu bisa menggunakan eye cream yang memiliki kandungan kolagen pada kulit, seperti retinol.

Cara Penggunaan eye Cream

Tidak hanya penggunaan eye cream yang dapat menghilangkan masalah pada area mata, tetapi cara penggunaannya pun akan memengaruhi cara kerja eye cream tersebut. Sebaiknya, gunakan eye cream secukupnya pada bagian mata yang mengalami masalah penuaan dini atau pun kerutan. Setelah itu, kamu bisa lakukan pijatan lembut pada area mata yang mengalami masalah. Lalu, biarkan meresap selama beberapa menit.

Kesalahan pada Penggunaan Eye Cream

Saat kamu menggunakan eye cream perhatikan juga cara menggunakannya. Jangan sampai salah, sehingga mengurangi manfaat eye cream yang sudah kamu gunakan di area mata kamu.

1. Meratakan Eye Cream dengan Cara Digosok

Bukannya membuat masalah area mata kamu menghilang, justru kamu akan menambah masalah baru pada area mata. Menggosok sekitar bawah mata nyatanya bisa membuat mata kamu semakin kendur dan terlihat kerutan tipis pada bagian area mata. Cara terbaik mengaplikasikan eye cream adalah dengan menepuk-nepuk bagian bawah mata.

2. Hanya Menggunakan Eye Cream pada Malam Hari

Sebaiknya eye cream tidak hanya digunakan pada malam hari, tetapi juga pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Di negara tropis seperti di Indonesia, intensitas matahari tergolong tinggi, sehingga penggunaan eye cream pada pagi hari bisa mengurangi area mata kamu terpapar langsung sinar matahari. Lapisan mata memiliki lapisan lebih tipis daripada bagian tubuh lainnya, sehingga memerlukan perawatan lebih agar area mata menjadi lebih terawat.

(Baca juga: 5 Cara Atasi Mata Lelah karena Astenopia)

Jika kamu sering mengalami masalah kesehatan pada area bawah mata, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa melakukan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter kami. Download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.