22 June 2018

Penyebab dan Cara Mengatasi Varises Saat Hamil

cara mengatasi varises, cara atasi varises, varises saat hamil

Halodoc, Jakarta – Munculnya varises di area sekitar lutut adalah salah satu masalah yang paling sering dialami oleh wanita, tak terkecuali ibu hamil. Varises sendiri merupakan melebar dan membengkaknya pembuluh darah vena yang terjadi karena penumpukan darah. Biasanya, bentuk varises yang sering muncul adalah seperti tali berpilin atau simpul.

Varises banyak terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria akibat dari tekanan ketika kamu berjalan atau berdiri. Gejala yang biasanya timbul adalah terjadinya pembengkakan kaki bagian bawah sehingga menyebabkan kaki terasa tidak nyaman ketika kamu berjalan. Selain itu, terjadi perubahan warna kulit yang disertai dengan kram otot kaki dan kulit kering.

Penyebab Varises pada Ibu Hamil

Pada kondisi normal, munculnya varises disebabkan karena banyak hal, seperti misalnya terlalu lama berdiri, obesitas, dan faktor usia. Namun, varises yang muncul pada ibu hamil dipicu oleh beberapa faktor berikut ini:

 

  • Pengaruh dari Hormon Progesteron

 

Saat sedang hamil, tubuh akan mengeluarkan hormon progesteron dalam jumlah besar. Akibatnya, terjadi pelebaran pada dinding pembuluh darah vena. Pelebaran inilah yang pada akhirnya menyebabkan ibu hamil rentan mengalami varises pada area sekitar lutut, pantat, dan area kewanitaan.

Baca juga: Demi Kaki Mulus, Ikuti 6 Cara Cegah Varises

 

  • Meningkatnya Jumlah Darah di Dalam Tubuh

 

Tidak hanya hormon progesteron, volume darah yang mengalir di dalam tubuh pun akan meningkat saat sedang hamil. Kondisi ini tentu memberatkan kerja pembuluh darah, yang pada akhirnya akan berdampak pada aliran darah dari kaki menuju ke panggul. Akibatnya, terjadi peningkatan tekanan pada pembuluh darah vena pada area tersebut yang menyebabkan munculnya varises.

 

  • Bertumbuhnya Janin di Dalam Rahim

 

Ukuran rahim tentu akan semakin membesar seiring dengan janin yang juga semakin bertumbuh. Pembesaran rahim ini menyebabkan pembuluh darah vena tertekan, terutama yang berada di sebelah kanan dan menyebabkan terjadinya varises di area sekitar kaki ibu hamil.

Penting untuk diketahui bahwa risiko munculnya varises pada ibu hamil akan semakin meningkat jika ibu ternyata memiliki riwayat penyakit ini dalam keluarga. Tidak hanya itu, peningkatan risiko ini juga sama besarnya bagi ibu yang sedang mengandung anak kembar, ibu hamil dengan risiko obesitas, dan ibu hamil dengan kondisi kehamilan yang semakin tua.

Cara Mengatasi Varises pada Ibu Hamil

Munculnya varises memang tidak dapat dihindari, terutama pada ibu hamil. Meski begitu, ada beberapa cara mengatasi varises yang bisa dilakukan, di antaranya:

 

  • Selalu Menjaga Berat Badan

 

Beban kerja pembuluh darah akan semakin berat jika ibu hamil tidak bisa menjaga berat badannya saat sedang mengandung. Memamg, ibu hamil juga harus memberikan nutrisi pada janin yang ada di dalam perut, sehingga tidak jarang terjadi pertambahan berat badan yang signifikan. Namun, bukan berarti berat badan ini tidak bisa dikontrol, ya, karena obesitas menjadi pemicu utama munculnya varises pada ibu hamil.

Baca juga: 7 Tips Menghilangkan Stretch Mark Setelah Kehamilan

 

  • Jangan Menggunakan Alas Kaki Berhak Tinggi

 

Saat hamil, kaki akan bekerja keras untuk menopang tubuh ibu. Oleh karena itu, ibu yang sedang hamil tidak disarankan untuk menggunakan alas kaki dengan hak tinggi. Bahkan, sebaiknya ibu yang sedang mengandung menggunakan alas kaki tanpa hak atau flat untuk menjaga aliran darah pada kaki, terutama di area betis.

 

  • Ubah Posisi Sesering Mungkin

 

Cara mengatasi varises selanjutnya adalah dengan sering mengganti posisi. Tak hanya terlalu lama berdiri, varises juga bisa muncul karena ibu hamil duduk terlalu lama. Ubahlah posisi sesering mungkin, Jika sudah duduk terlalu lama, sebaiknya ibu berjalan-jalan selama beberapa saat. Namun, sebaiknya ibu tidak duduk dengan posisi menyilang, ya.

 

  • Rutin Berolahraga

 

Hamil bukan menjadi alasan untuk ibu tidak berolahraga. Justru, dengan berolahraga, sirkulasi darah di dalam tubuh ibu akan menjadi lebih lancar, sehingga varises pun dapat dihindari. Tidak perlu olahraga berat, ibu cukup berjalan kaki, mengikuti senam hamil, atau berenang.

 

Itu tadi ulasan singkat mengenai penyebab dan cara mengatasi varises saat hamil yang perlu diketahui. Jika ibu memiliki pertanyaan seputar varises, ibu bisa bertanya langsung pada dokter ahli kandungan menggunakan aplikasi Halodoc. Aplikasi ini juga bisa ibu gunakan untuk melakukan cek lab tanpa perlu keluar rumah, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc di ponsel ibu sekarang juga!