Perkembangan Janin Usia 7 Minggu

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Perkembangan Janin Usia 7 Minggu

Halodoc, Jakarta – Memasuki usia kehamilan 7 minggu, ukuran janin masih sangat mungil, kira-kira sebesar buah ceri. Tapi ternyata, perkembangan yang dialaminya ada banyak sekali lho. Salah satunya terjadi pada bagian otak.

Otak janin berkembang dengan kecepatan luar biasa di minggu ini dan menghasilkan sel-sel baru setiap menitnya. Janin juga sedang mengalami pembentukan gigi, langit-langit mulut, dan sendi. Yuk, intip perkembangan janin di usia 7 minggu di sini.

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 8 Minggu

Bayi ibu kini sudah bertambah besar sebanyak dua kali lipat dari minggu lalu. Panjang tubuhnya bisa mencapai 1,27 sentimeter. Jari-jari tangannya pun mulai terbentuk meski masih berlapiskan dengan selaput. Begitu juga dengan kedua kaki mungilnya, masih ada selaput-selaput yang menghubungkan antara satu jari dengan jari lainnya.

Tapi, ibu enggak perlu khawatir. Seiring berjalannya waktu, janin akan semakin berkembang dan selaput-selaput tersebut akan terlepas, sehingga jari-jari kecilnya yang lucu akan terbentuk dengan sempurna.

Ibu mungkin juga sudah tidak sabar untuk melihat wajah sang bayi saat melakukan pemeriksaan USG. Tapi, sabar dulu ya bu. Momen tersebut masih lama datangnya, karena saat ini wajah bayi sedang dalam proses pembentukan. Kontur mata, hidung, mulut, telinga dan beberapa fitur lainnya pada wajah bayi akan mulai terbentuk di minggu ketujuh ini. Sedangkan kulitnya masih sangat tipis dan transparan, sehingga pembuluh-pembuluh darahnya terlihat.

Baca juga: Ibu Hamil, Ketahui Kapan Biasanya Janin Mulai Bergerak

Di usia 7 minggu, bayi ibu sedang berjuang untuk beradaptasi dengan kehidupan di dalam rahim. Dalam minggu ini, ari-ari yang menghubungkan ibu dengan bayi selama kehamilan sudah terbentuk. Ari-ari inilah yang akan menyediakan oksigen dan nutrisi serta pembuangan kotoran untuk bayi.

Enggak hanya sampai di situ saja, jantung dan hati janin juga berkembang menjadi semakin kompleks dan sepasang ginjal permanennya sedang berkembang. Pada minggu ini, sumsum tulang janin belum terbentuk, sehingga organ hati lah yang akan memproduksi sel darah merah dalam jumlah besar.

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 8 Minggu

Perubahan dalam Tubuh Ibu pada Usia 7 Minggu Kehamilan

Kehamilan secara perlahan-lahan akan mengubah leher rahim (serviks) ibu. Dalam minggu ini, rahim ibu akan terus membesar dan sumbat ketuban akan terbentuk. Sumbat ini berfungsi untuk melindungi rahim ibu dan mengendalikan buka tutupnya rahim. Sumbat ini akan terus ada sampai serviks terbuka saat ibu bersiap untuk melahirkan.

Gejala Kehamilan di Usia 7 Minggu

Seiring perkembangan janin di usia 7 minggu ini, ada beberapa gejala kehamilan yang akan ibu alami:

  • Ukuran rahim yang membesar dua kali lipat akan membuat ibu jadi sering merasa ingin buang air kecil.

  • Ibu hamil juga bisa mengalami jerawatan pada wajah dikarenakan terjadinya perubahan hormon. Selain itu, bagi ibu yang memiliki jenis kulit kering, mungkin kulit akan menjadi berminyak selama masa kehamilan atau malah sebaliknya.

  • Varises mungkin akan muncul di daerah kaki akibat aliran darah yang meningkat.

  • Ibu masih akan mengalami rasa mual di minggu ketujuh ini.

  • Kemungkinan juga ibu akan mulai mengalami ngidam.

Baca juga: Ini Alasan Ibu Hamil Alami Ngidam

Perawatan Kehamilan di Usia 7 Minggu

Agar perkembangan janin bisa berlangsung dengan optimal dan ibu bisa melewati minggu ketujuh ini dengan baik, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Mulailah mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Ibu dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 gram sehari. Selain dari makanan, ibu juga bisa mendapatkan asam folat dari suplemen maupun susu kehamilan.

  • Bila ibu ingin berolahraga, pastikan jenis olahraganya aman untuk dilakukan selama masa kehamilan. Ibu juga bisa bertanya ke dokter kandungan untuk mengetahui jenis olahraga yang tepat untuk ibu hamil.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil

  • Sekarang adalah saatnya bagi ibu untuk mengenakan pakaian yang sedikit longgar. Karena perut ibu akan membesar, sehingga pakaian yang biasanya ibu pakai akan mulai terasa sempit dan tidak nyaman bagi ibu.

Untuk membeli suplemen yang ibu hamil butuhkan, ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc, lho. Kamu enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal pesan lewat aplikasi Halodoc, dan pesananmu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 8 Minggu