Perlu Tahu, Inilah Macam-Macam Kegunaan Mesin USG

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Perlu Tahu, Inilah Macam-Macam Kegunaan Mesin USG

Halodoc, Jakarta - Ultrasonografi atau dikenal dengan USG adalah sebuah pemeriksaan dalam bidang penunjang diagnostik. Kegunaan mesin USG bisa didapatkan dengan cara memanfaatkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambaran dari dalam tubuh. Hal tersebut tanpa menggunakan radiasi, tidak menimbulkan rasa sakit, dan tidak menimbulkan efek samping pada orang yang mendapat USG.

Pada pemeriksaan USG, gelombang suara yang digunakan hanya menggunakan frekuensi 1-10 MHz. Ultrasonik adalah sebuah gelombang suara yang frekuensinya lebih tinggi dibanding kemampuan pendengaran manusia. Suara yang dapat didengar oleh manusia berkisar pada frekuensi antara 20-20.000 Hz. Pada pemeriksaan USG, gelombang suara digunakan untuk mendeteksi penyakit yang berada dalam tubuh manusia.

Baca Juga: Beda USG 3D dan 4G yang Perlu Ibu Hamil Ketahui

Terdapat beberapa jenis pemeriksaan USG yang berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi. Awalnya, pemeriksaan ultrasonografi hanya menghasilkan citra hitam putih dan tidak bergerak. Saat ini, pemeriksaan USG berkembang menjadi dimensi gambar (3D) hingga yang bergerak (4D).

Kegunaan Mesin USG

USG atau ultrasonografi mempunyai banyak kegunaan dalam pengobatan. Mulai dari untuk mengkonfirmasi kehamilan, hingga perkiraan tanggal kelahiran. Selain itu, kegunaan mesin usg adalah untuk mendiagnosis kondisi tertentu, serta membantu dokter untuk menentukan prosedur medis yang tepat. Beberapa kegunaan mesin USG yang bisa didapatkan adalah:

  1. Kehamilan

Kegunaan mesin USG yang bisa didapatkan adalah untuk mengetahui kondisi kehamilan seseorang. Alat tersebut digunakan untuk menentukan tanggal lahir, menentukan apakah bayi kembar atau tidak, dan mencegah terjadinya kehamilan ektopik. Selain itu, alat USG juga dapat membantu untuk mendeteksi potensi masalah pada janin, termasuk cacat lahir, masalah plasenta, posisi bayi yang sungsang, dan sebagainya. Pun, USG dapat mengetahui jenis kelamin pada bayi yang dikandung.

Baca Juga: Janin Masih Kecil, Ibu Perlu Tahu Teknik USG Transvaginal

  1. Diagnostik

Kegunaan mesin USG lainnya adalah untuk mendiagnosis bermacam-macam kondisi yang dapat memengaruhi organ dan jaringan lunak tubuh. Termasuk jantung, pembuluh darah, hati, kantung empedu, limpa, pankreas, ginjal, tiroid, testis, dan lain-lain. Walau begitu, USG mempunyai beberapa batasan diagnostik, yaitu gelombang suara tidak dapat ditransmisikan melalui tulang padat atau bagian tubuh yang berguna untuk menahan udara atau gas, seperti usus.

  1. Membantu Prosedur Medis

Salah satu kegunaan mesin USG lainnya adalah membantu prosedur medis. Alat ini dapat membantu prosedur medis, seperti biopsi jarum yang harus dilakukan dokter untuk menghilangkan jaringan dari area yang tepat pada tubuh untuk uji laboratorium.

Baca Juga: USG 2D, 3D, dan 4D, Apa Bedanya?

  1. Terapi

Terapi juga dapat menjadi kegunaan mesin USG lainnya. Gelombang suara yang dihasilkan oleh alat tersebut dapat berguna untuk mendeteksi dan mengobati cedera pada jaringan lunak.

Keunggulan USG

Ultrasonografi atau USG mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Umumnya tidak menimbulkan rasa sakit ketika dilakukan dan tidak memerlukan jarum, suntikan, dan sayatan.

  • Seseorang yang mendapat USG tidak terpapar radiasi ion, cara ini lebih aman dibanding sinar-X dan CT scan.

  • Tidak menimbulkan efek samping apabila digunakan sesuai prosedur yang ada.

  • USG dapat menangkap gambar jaringan lunak yang tidak terlihat jelas oleh sinar-X.

  • Ultrasonik mudah untuk ditemukan dan lebih murah dibanding metode lain.

Itulah macam-macam kegunaan mesin USG yang dapat dilakukan. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal alat USG atau ultrasonografi, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa beli obat di Halodoc. Praktis tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantarkan sampai tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!