• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rahasia Hubungan Langgeng, Lakukan 4 Hal Ini

Rahasia Hubungan Langgeng, Lakukan 4 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat kamu menemukan seseorang yang telah merasa nyaman, pasti kamu ingin selalu berada di sampingnya. Ketika sudah ingin melangkah lebih serius, pernikahan adalah jawabannya. Saat sudah mengucap janji sehidup-semati, pasti kamu akan terus berusaha untuk mempunyai hubungan langgeng.

Memang tidak mudah untuk menjaga komitmen seumur hidup. Butuh peran aktif dari kedua belah pihak untuk tetap menjaga janji pernikahan agar tetap pada jalurnya. Maka dari itu, kamu harus tahu rahasia mempunyai hubungan langgeng. Berikut beberapa rahasianya!

Baca juga: Agar Menikah Tetap Langgeng, Jangan Tanyakan 5 Hal Ini pada Pasangan

Rahasia untuk Mempunyai Hubungan Langgeng

Banyak orang yang masih bertanya apa rahasia untuk mempunyai hubungan langgeng. Semua pasangan yang telah berkomitmen bukan berarti jalannya selalu mulus. Selalu ada masalah yang akan dihadapi bersama, semua tergantung cara menyikapinya dan penyelesaian yang akan dilakukan.

Kamu dan pasangan harus benar-benar sudah dewasa untuk menyikapi suatu masalah agar dapat menjaga hubungan agar langgeng. Selain itu, kamu juga dapat melakukan beberapa hal agar dirinya terus mencintai kamu layaknya awal bertemu. Berikut adalah beberapa rahasia dari hubungan langgeng:

  1. Perlakukan Pasangan dengan Baik

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga hubungan tetap langgeng adalah dengan memperlakukan pasangan dengan baik. Jangan pernah kamu fokus pada hal yang tidak disukai atau kekurangan dari pasangan. Cobalah untuk lebih menilai sesuatu yang baik dari dirinya dan mengapresiasinya.

Pasangan yang memiliki hubungan sukses pasti memperlakukan diri sendiri dan pasangannya dengan baik. Hal tersebut seperti kata-kata yang baik, tindakan yang baik, hingga perhatian yang selalu tercurah. Selain itu, cobalah untuk menyelesaikan semua masalah dengan kepala dingin.

Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal hubungan, tanyakan saja pada psikolog di Halodoc. Caranya terbilang mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi ini.

Baca juga: Hanya Butuh Ini Agar Hubungan Bersama Pasangan Sehat & Langgeng

  1. Mengelola Perasaan atau Emosi Diri Sendiri

Cara lainnya kamu dapat menjaga hubungan tetap langgeng adalah dengan mengelola perasaan atau emosi dengan baik. Ketika pasangan kamu sedang marah atau jengkel, cobalah untuk melihat diri kamu sendiri. Tanyakan apakah ada hal yang menyebabkannya. Mungkin saja kamu melakukan suatu kesalahan, sehingga pasanganmu merasa terluka.

Maka dari itu, sangat baik untuk mengelola perasaan diri sendiri dan terus berdiskusi dengan pasangan kamu terhadap penyelesaiannya. Komunikasi antar pasangan sangat penting ketika masalah sedang terjadi, sehingga kelangsungan hubungan tetap terjaga dengan baik.

  1. Mengatur Waktu untuk Keluarga

Kamu harus benar-benar dapat mengatur waktu yang cukup untuk keluarga agar mempunyai hubungan yang langgeng. Caranya, kamu dapat memastikan waktu yang cukup untuk berbicara, belajar, menyelesaikan masalah, dan hal lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk meluangkan waktu bermain dengan anak.

Kamu juga harus mengerti apa yang pasangan kamu inginkan. Jika partner kamu cenderung memilih semuanya dalam keadaan rapi, kamu yang harus mengubah kebiasaan dengan tetap menjaga segala hal tetap pada tempatnya. Dengan begitu, pasangan kamu pun juga lebih menghargai jerih payahmu.

Baca juga: Mengalah Jadi Rahasia Hubungan Asmara Langgeng, Kok Bisa?

  1. Belajar Mengatur Pengelolaan Uang

Pasangan dapat menjaga agar hubungannya langgeng dengan cara memastikan uang yang ada terkelola dengan baik. Dengan pengelolaan yang baik, kamu mempunyai uang yang cukup untuk hidup sehari-hari dan di masa depan. Selain itu, keputusan untuk keduanya bekerja atau salah satu saja juga harus benar-benar dibicarakan.

Hubungan kamu dapat benar-benar langgeng apabila keduanya tahu tentang prioritas, sehingga tidak menimbulkan perasaan stres bagi salah satu orang. Kamu harus benar-benar menyusun anggaran dengan baik dan keduanya benar-benar menaatinya agar tidak terjadi kekurangan dana di kemudian hari.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 5 Things People In Extremely Successful Relationships Do Differently