Langsing Meski Hamil 8 Bulan, Ini Rahasia Sandra Dewi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
langsing-meski-hamil-8-bulan-ini-rahasia-sandra-dewi-halodoc

Halodoc, Jakarta – Kabar bahagia datang dari artis tanah air, Sandra Dewi. Saat ini, wanita kelahiran Pangkal Pinang itu tengah mengandung anak kedua dan usia kehamilannya sudah memasuki bulan ke-8. Namun, tidak seperti wanita hamil pada umumnya yang mengalami kenaikan berat badan yang signifikan, Sandra Dewi justru tidak nampak seperti ibu hamil alias tidak menggemuk. 

Hal ini tentu saja membuat para netizen menjadi iri dengan istri dari Harvey Moeis ini. Kira-kira apa sih rahasianya Sandra Dewi agar bisa tetap langsing meski hamil 8 bulan? Yuk, cari tahu di sini.

Kamu mungkin bingung mengapa ada wanita yang langsung menggemuk, padahal baru awal-awal masa kehamilan. Namun, ada juga beberapa wanita yang tetap langsing saat hamil, bahkan tidak terlihat seperti orang hamil. Sebenarnya, hal itu sedikit banyak dipengaruhi oleh faktor genetik. 

Beberapa wanita “dianugerahi” dengan faktor genetik yang bagus, sehingga cenderung tidak mengalami kenaikkan berat badan yang berarti saat hamil. Apalagi bila sebelum hamil, wanita tersebut memang memiliki badan yang kurus atau susah gemuk. Nah, Sandra Dewi termasuk salah satu wanita yang memiliki genetik yang bagus, sehingga berat badannya tidak terlalu mengalami perubahan saat hamil.

Namun, kamu sebenarnya bisa kok tetap langsing saat hamil seperti Sandra Dewi. Berikut ini tips menjaga berat badan agar tetap ideal selama masa kehamilan:

1. Batasi Makan-Makanan Manis

Tidak sedikit ibu hamil yang ngidam makanan manis selama kehamilan, seperti es krim, martabak, cokelat dan lain-lain. Makanan manis memang nikmat dan bisa memperbaiki suasana hati, tapi makanan manis juga bisa membuat ibu mengalami kenaikkan berat badan secara drastis. 

Selain itu, ibu hamil yang sering mengonsumsi makanan manis dalam jumlah banyak juga berisiko terkena diabetes gestasional. Karena itu, batasi lah mengonsumsi makanan manis. Bila ibu ingin makan sesuatu yang manis, sebaiknya konsumsilah buah-buahan yang mengandung gula alami.

2. Makan Secara Teratur dan Seimbang

Memasuki trimester kedua, kebanyakan ibu hamil biasanya sudah tidak mengalami mual dan muntah, sehingga nafsu makan akan cenderung bertambah. Meski demikian, ibu sebaiknya tetap menjaga pola makan tiga kali sehari secara teratur dengan porsi sesuai kebutuhan di waktu yang sama setiap harinya. 

Penuhilah asupan gizi yang diperlukan saat hamil dengan mengonsumsi berbagai macam makanan sehat. Masukkan jenis makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral yang bisa didapat dari buah-buahan dan sayur ke dalam menu makan ibu setiap hari. Habiskan porsi makanan yang sudah sepantasnya ibu konsumsi agar ibu tidak tergoda untuk ngemil secara berlebihan di waktu lain. 

Ibu hamil tetap boleh ngemil, bahkan dianjurkan karena ibu tidak boleh berada dalam kondisi kelaparan, tapi sebaiknya jangan ngemil berlebihan. Ingatlah bahwa camilan adalah pelengkap total kalori yang dibutuhkan tubuh ibu.

Baca juga: 4 Camilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Tidak Berpuasa

3. Ubah Kebiasaan Menjadi Lebih Sehat Saat Hamil

Bila sebelum hamil, ibu jarang berolahraga, tidak suka makan buah atau sayur, malas minum air putih dan lebih senang minum minuman manis atau hobi begadang, semua kebiasaan tersebut harus dihilangkan saat hamil. Pasalnya, kebiasaan yang tidak baik tersebut sangat berpengaruh terhadap pertambahan berat badan ibu hamil dan kesehatan janin. 

Jadi, mulailah ubah kebiasaan menjadi lebih sehat saat hamil, seperti berolahraga secara rutin, minum air putih yang cukup, perbanyak konsumsi sayur dan buah, dan kurangi minuman manis. Cara ini tidak hanya efektif untuk menjaga berat badan ibu hamil tetap ideal, tapi juga menjaga ibu dan janin tetap sehat.

Baca juga: 5 Olahraga yang Paling Disarankan untuk Ibu Hamil

4. Bijak Memaknai “Makan untuk 2 Orang”

“Hamil berarti makan untuk dua orang” seringkali dijadikan alasan bagi kebanyakan ibu hamil untuk makan sebanyak-banyak. Jangan! Meski di dalam perut ibu ada makhluk hidup lain, bukan berarti ibu harus makan makanan sebanyak dua porsi orang dewasa. 

Cara ini berpotensi besar menyebabkan ibu mengalami kenaikkan berat badan yang drastis. Maksud sebenarnya dari makan untuk dua orang adalah agar ibu makan dengan memerhatikan kebutuhan nutrisi untuk dua orang. Bukan porsi makannya yang ditambah menjadi dua kali lipat.

Baca juga: Top 5 Gizi yang Dibutuhkan Ibu Saat Hamil

Nah, itulah tips-tips agar bisa tetap langsing saat hamil seperti Sandra Dewi. Bila ibu hamil sakit dan butuh saran kesehatan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.