28 March 2018

Rekomendasi Makanan untuk para Wanita

Rekomendasi Makanan untuk para Wanita

Halodoc, Jakarta –  Konsumsi makanan sehat itu penting untuk menjaga kesehatan, baik bagi kaum Adam maupun kaum Hawa. Namun tanpa disadari, ada beberapa makanan yang bisa berdampak baik untuk kesehatan wanita. Beberapa makanan tertentu kaya akan nutrisi yang berguna untuk melindungi tubuh dan menjaga kinerja organ tubuh agar tetap optimal. Sehingga mengonsumsi makanan tersebut dapat mencegah kanker payudara, menjaga kesehatan tulang, kehamilan, dan lain-lain. Lantas, apa saja makanan untuk kesehatan wanita? (Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit)

1. Anggur

Bukan hanya warnanya yang banyak, melainkan juga manfaatnya untuk kesehatan. Anggur mengandung banyak nutrisi yang bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Misalkan kandungan flavanoid dan kalium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi, kandungan polifenol yang berfungsi untuk melawan radikal bebas penyebab penyakit jantung dan kanker, kandungan antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan memori otak, serta kandungan asam lemak esensial linolenat yang berfungsi untuk melindungi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sensitivitas kulit.

2. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang mengandung Lychopene, senyawa yang berfungsi untuk mencegah dan memerangi penyebaran sel kanker. Ini dibuktikan dalam sebuah studi yang melaporkan bahwa Lychopene dapat menstimulasi sel pertahanan tubuh untuk melawan kanker, sehingga bisa mencegah kerusakan DNA dan menghambat penyebaran sel kanker. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Etnhnopharmacology juga membuktikan bahwa pepaya efektif sebagai gen anti kanker, seperti kanker rahim dan payudara.

3. Tomat

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard menyebutkan bahwa tomat dapat melindungi tubuh dari kanker mulut dan kanker payudara. Ini karena tomat mengandung antioksidan lycophene yang berfungsi sebagai gen anti kanker. Kandungan asam folat dan vitamin B pada tomat juga berfungsi untuk melawan depresi dan mencegah kelebihan homosistein (salah satu jenis asam amino) yang dapat mengganggu produksi neurotransmitter, yaitu zat kimia yang dapat memengaruhi suasana hati dan nafsu makan.

4. Yogurt

Selain rasanya yang enak, yoghurt juga baik untuk kesehatan wanita. Ini karena kandungan kalsium dalam yoghurt dapat mencegah osteoporosis, yaitu pengeroposan tulang yang mungkin dialami wanita saat menopause. Kandungan bakteri baik dalam yoghurt, yaitu bakteri Lactobacillus juga dapat membantu menjaga kestabilan kadar keasaman Miss V sehingga dapat mengurangi risiko infeksi jamur pada Miss V.

5. Kacang-kacangan

Sebuah studi yang menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kacang-kacangan memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik dibandingkan yang tidak. Ini karena kacang-kacangan mengandung banyak protein, serat, kalsium, magnesium, potasium, dan vitamin E. Kandungan tersebut dapat menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, dan denyut jantung yang bisa menurunkan risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung. Studi lain bahkan melaporkan bahwa wanita yang mengonsumsi lima porsi kacang-kacangan berisiko lebih rendah untuk mengidap diabetes. Jika kamu suka kacang-kacangan, kamu bisa mengonsumsi kacang edamame yang mampu membantu mengurangi hot flashes (gejala panas yang timbul menuju menopause).

Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, kamu juga perlu mencari tahu kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain setelah liburan, lho. Agar mudah, kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi Halodoc. Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play agar kesehatan kamu tetap terkontrol dengan baik. (Baca juga: 7 Jenis Makanan untuk Sehatkan Kulit dari Dalam)